Masalah Pendidikan di indonesia

Walaupun aku bukanlah tipikal pelajar yang teladan dengan nilai – nilai A, tapi aku sendiri sangat prihatin dengan etika dan kualitas pelajar sekarang ini.

Pelajar – pelajar sekarang (sebagian besar diantaranya) memiliki sikap tidak tahu malu didepan guru dan juga pergaulan yang terlalu bebas. Bebas…? Iya….contoh kasarnya seperti disfungsi HP berkamera. Ngerti kan parahnya…. Apa lagi…? Dilema cinta monyet…Bukan musiman lagi orang – orang mencari cinta baik di sekolah ataupun tempat lain. Setiap hari memikirkan hal tersebut…imbas, pelajaran jadi prioritas kesekian, apalagi agama.

Ada lagi…? Iya ada. Duduklah yang tenang..

DUGEM. Anak gaul mana ada yang ngga tau…, setiap malam dihabiskan untuk kehebohan dunia gemerlap, dihabiskan untuk fly. Kalau sial, tertangkap polisi membawa narkoba, di-DO dari sekolah, dst…dst…

Fasilitas Warnet yang sangat terbuka dan dilindungi privacy-nya membuat pelajar bisa saja membuka situs – situs yang mengundang…..Kalau pribadi orang tersebut sudah kuat tidak apa – apa, namun bagaimana sebaliknya. Intensitas penggunaan warnet bisa menggila, sampai tengah malam (Hanya berlaku untuk Warnet 24 jam), hanya untuk mengurus satu site, misalnya Friendster atau apalah.

Tapi kenapa masih saja ada yang melakukan kegiatan sampai tengah malam…? Stress jadi penyebab….? Bisa….gara – gara PR yang terlalu banyak…? Apalagi…

Yang sakit….yang sakit…

Kenek bus pasti bilang begitu kepada semua orang. Wajar…? wajar….Perilaku anak muda sekarang banyak yang perlu mendapat pengobatan…. ^_^;

Mengapa bisa begitu…? Apa lagi kalau bukan karena longgarnya perhatian orang tua, lemahnya kualitas kontrol wali kelas kepada anak – anaknya….Secara langsung akan mengurangi mutu dan kualitas pelajar itu sendiri.

Bingung.

Saya sendiri punya beberapa solusi yang cukup unik, mungkin. Beberapa di antaranya sudah saya post sebagai komentar di Blog milik Menteri Desain Indonesia (Kesannya nyasar….)

• Pembatasan penggunaan Internet khusus pelajar

• Pemberlakuan jam malam (jadi tidak ada yang melakukan dugem diatas jam 20.00, secara tidak langsung meningkatkan tingkat kedisiplinan karena mereka akan terbiasa untuk bangun lebih pagi.)

• Kurikulum Pembelajaran seharusnya TETAP KURIKULUM 1994 saja (Karena Malaysia sukses memakai Kurikulum tersebut)

• Pendekatan Guru kepada Murid, dan juga pembaharuan metode pengajaran (sang guru harus mengetahui karakteristik si Murid, dan memilih cara penyampaian pelajaran yang tepat untuknya.)

• Jam masuk sekolah dimajukan 2 jam dan jam pulang diundur 2 jam (Jadi masuk pkl. 09.00 dan pulangnya dilebihkan 2 jam. Seperti sekolah di luar negeri, sang siswa tidak akan stress karena diharuskan bangun pagi)

• Pelarangan akses ke diskotik ataupun Bar bagi seseorang yang berusia 21 tahun kebawah. KTP diperiksa (Sehingga hanya orang – orang dewasa yang bisa masuk, sedangkan pelajar/mahasiswa tidak bisa. Percaya atau tidak, orang di kelasku yang berusia 16 tahun sudah merasakan suasana diskotik. Maka itu, pelarangannya harulah ketat.)

• Guru harus bisa menjadi orang tua kedua di sekolah (Bukan dengan memberi uang jajan ke setiap murid, bukan….). Guru harus berlaku layaknya orang tua. Sehingga dia bisa mengetahui perilaku siswa dan bisa menjuruskannya ke ‘jalan yang benar’.

Yah, mungkin hanya segitu yang bisa saya katakan.

About these ads

83 Tanggapan

  1. *Pelarangan akses ke diskotik ataupun Bar bagi seseorang yang berusia 21 tahun kebawah*
    teman saya umur 15 ..karena kenal dengan penjaga club ato bahkan si pemiliknya sendiri dengan mudah bisa mengakses club trus ajep2 deh

    *Guru harus bisa menjadi orang tua kedua di sekolah*
    Klo yang gini susah nieh ..heheh banyaknya kasus guru yang menyiksa murid bisa jadi gambaran kondisi guru2 kita sperti apa.. di Endonesa ini gaji guru itu kecil.. jangankan memperhatikan muridnya..urusan dapur aj susah :P

    *Pembatasan penggunaan Internet khusus pelajar*
    Saya kurang tau yah klo kondisi intrnet yang di pasang di sekolah2 itu sperti apa..tapi memang perlu banget ‘penyaringan’ sieh..

    *jam masuk sekolah di undur *
    setujuuu…
    pengalaman dulu jaman smu klo masuk sekolah susah banget bangun pagi heheh.. klo mnurut saya ini membantu murid2 yang aktif di sekolah..kan biasanya yang ekskul gitu sering pulang malem ..

    =3

    • aku stuju ,,,,
      sama smua itu ,coal nya,,,kan anak2 trsbut yang mengalami nya,,,
      jdi kta hrus mengerti mreka,,di saat rmaja ini seorang anak akan mencari jati diri nya,,,,,,,,,

    • menurut saya, semua itu kembali pada diri kita sendiri. kalau kita hanya ingin mencari kesalahan orang lain memang tidak akan ada habisnya.
      murid2/siswa yang gagal atau punya kelemahan dalam pendidikannya itu wajar. alasannya hal itu terjadi karena pribadi siswa itu sendiri yang acuh tak acuh pada pelajaran di sekolahnya. seandainya dia mau disiplin dan tau diri tentunya dia tidak akan yang namanya melakukan dugem, main-main, malas belajar, atau membuka situs-situs yang senonoh di warnet.
      mereka juga kurang pd/ yakin pada kemampuan yang dimilikinya. mereka menganggap pintar atau tidak pintar itu taqdir. SALAH!!! mengapa..???? pikiran kita kalau kita yakin akan mampu membuat segalanya menjadi positif.
      terus tentang guru. saya sebisa mungkin berusaha untuk tidak merendahkan yang namanya guru, KENAPA??? karena bagaimanapun dia adalah orang yang mengajari dan menjadi media bagi saya dari yang tidak tahu menjadi tahu. kalau soal bayaran guru sedikit terus dia tidak mau maksimal dalam memperhatikn muridnya itu SALAH!!! meskipun juga ada guru yang demikian.
      guru yang professional tidak akan yang namanya membahas BAYARAN. KENAPA??? karena tidak dibahas juga waktunya bayaran juga bayaran khan,,,,…
      jadi kembali pada pembahasan. semua itu kembali pada diri sendiri. mau tertib, mau maen, mau aaaapa aj tergantung pada pribadi masing-masing.

  2. *Pelarangan akses ke diskotik ataupun Bar bagi seseorang yang berusia 21 tahun kebawah*
    teman saya umur 15 ..karena kenal dengan penjaga club ato bahkan si pemiliknya sendiri dengan mudah bisa mengakses club trus ajep2 deh

    Nah…

    Menurut saya, lebih baik apabila yang memeriksa KTP adalah pihak – pihak dari kepolisian, yang bisa dipercaya. :D

    *Pembatasan penggunaan Internet khusus pelajar*
    Saya kurang tau yah klo kondisi intrnet yang di pasang di sekolah2 itu sperti apa..tapi memang perlu banget ‘penyaringan’ sieh..

    Kalau ini, bisa sedikit mudah. Internet Browser jaman sekarang bisa mem-blok situs – situs yang sekiranya dilarang untuk akses bagi pelajar. Jadi, ada kerja sama antara siswa dengan ‘empunya’ untuk sharing situs – situs seperti ‘itu’, agar di kemudian harinya tidak bisa diakses.

    *jam masuk sekolah di undur *
    setujuuu…
    pengalaman dulu jaman smu klo masuk sekolah susah banget bangun pagi heheh.. klo mnurut saya ini membantu murid2 yang aktif di sekolah..kan biasanya yang ekskul gitu sering pulang malem ..

    Sekolah di luar negeri menetapkan jam masuk sekolah antara pkl. 09:00, kenapa di Indonesia tidak, ya…?

  3. [...] Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa ada saja masalah pendidikan di indonesia. [...]

  4. Tebak apa yang terjadi selanjutnya…?

    Apa…?

    Hmm…?

    Yak., berdemo ramai-ramai ke departemen pendidikan? Kenapa? Lha, tidak lulus UAN…? :P

  5. Padahal sudah belajar mati – matian selama 12 tahun, status Mahasiswa ditentukan oleh 6 jam UAN, kalau sial dengan SPMB.

    Jadi apa sebenarnya arti sekolah, ya…? :D

  6. Kapan pendidikan Indonesia bisa menyamai negara besar ya?

  7. [...] Alasan – alasan di atas adalah sekelumit masalah yang ada, lagi – lagi berhubungan dengan Masalah Pendidikan di Indonesia. [...]

  8. batas umur pelajar ini smpe mana?
    harus jelas juga dong…kalo mahasiswa tingkat akhir apa masih di kasih jam malam juga? ohhh kejamnya dunia….*pdhl g ngaruh juga..bs di gorok bokap klo dugem soalnya*

  9. @ p4ndu_454kura

    Kapan – kapan…. :mrgreen:

    @ 9racehime

    Saya tanya, dugem sendiri buat apa…? :mrgreen:

    Soalnya kalau alasannya hanya untuk menghilangkan stress, agak aneh kalau dilakukan maloam – malam…. :lol:

  10. ttng kurikulum 1994 kita yang sukses d pakai d Malaysia

    wahhh……….. ga asal aj berganti sperti ini. latar belakang kesuksesan suatu negara menjalankan kurikulum-kan banyak faktornya…………..

    kta pernah pakai kurikulum sistem berbasis kopetensi tp gagal…….. di negri kangguru saja sudah tidak terpakai…………. kita cari lagi yang terbaru neh! sistem berbasis sekolah……. apa setiap sekolah dapat menjalankan sesutu dengan seharusnya……… ga seenaknya kan,,,,,,,,,,,,,, main ambil keputusan????????????

    maunya seh lulusan berkualitas tp klo setiap kli menteri pendidikan berganti kurikulum jga berganti………….
    (klo gtu saya jg mau ah suatu saat jd mentri pendidikan) amien…………

    apa kurikulum hanya milik satu pribadi saja…………..anehhhhhhhhh……..

  11. Sebenarnya hanya karakteristik orang Indonesia saja : Ketika sudah enak di satu tempat, ya enak seterusnya.

    Nah, kalau kurikulum terus berganti, kapan enaknya…??

  12. “Jam masuk sekolah dimajukan jadi jam 9.00″
    tidak setuju, krn udara pagi jam 7 itu sehat dan masih belum parah polusinya, serta sinar matahari sebelum jam 9.00 itu sehat.

    “Pemberlakuan jam malam jam 20.00″
    Tidak Setuju, krn masih ada pelajar tertentu yg sekolah sambil kerja malam / Les malam.

    “Pelarangan akses ke diskotik ataupun Bar bagi seseorang yang berusia 21 tahun kebawah.”
    Setuju, tapi dalam hal ini yg disanksi pemilik diskotik atau bar-nya kalau kedapatan pengunjungnya dibawah umur.

  13. @ CY: bukannya malah jam 9 pagi itu sinar matahari paling bagus?

  14. @ CY

    “Jam masuk sekolah dimajukan jadi jam 9.00″
    tidak setuju, krn udara pagi jam 7 itu sehat dan masih belum parah polusinya, serta sinar matahari sebelum jam 9.00 itu sehat.

    Faktanya, udara pada waktu pagi (07.00) itu masih mengandung banyak CO2 yang ‘mengendap’ di daratan. Udara yang benar – benar sehat hanya didapat pada sore hari.

    Itu yang saya ketahui. :mrgreen:

    “Pemberlakuan jam malam jam 20.00″
    Tidak Setuju, krn masih ada pelajar tertentu yg sekolah sambil kerja malam / Les malam.

    Yang pasti, biasanya tidak ada pelajar yang bekerja lebih dari jam 21.00 sehingga bisa juga dinaikkan jam malamnya. :)

    Peace.

  15. [...] Tiliklah korban Kurikulum Tidak Siap Pakai ini. Mungkin dikarenakan guru yang tidak siap mengajar, atau mungkin kelakuan saya yang tidak siap diajar (dengan cara begini), membuat saya ‘terdampar’ di sini….Sudahlah, jangan mengumpat. [...]

  16. batas umur pelajar ini smpe mana?
    harus jelas juga dong…kalo mahasiswa tingkat akhir apa masih di kasih jam malam juga? ohhh kejamnya dunia….*9racehime
    iya…jangankan mahasiswa tingkat akhir…mahasiswa teknik tingkat awal seperti saya aja…jam malem jam 10 ntu gak cukup..bukan buat dugem,,tapi buat ngerjain tugas-tugas kul dan organisasi…

  17. Sampai SMU.

    Mahasiswa sepertinya bukan termasuk pelajar lagi, statusnya sudah menjadi Mahasiswa. :D

  18. Kapankah indonesia akan mengangkat pendidikan sebagai unsur utama?

  19. BISAKAH pendidikan di indonesia bisa maju? dengan sistim pendidikan sekarang??????

    • bsa dung,,,,,,,,
      tu kn trgantung pada kepribadian nya,,,
      apa bila diya ingin suksz,,,
      dya tida akn mengikuti hal2 yang mrusak diri nya,,,,,

  20. Gimana Caranya mengurangi masalah pendidikan??????????????
    and bagaimana menyadarkan orang2 yang bisa menambah masalah pendi2kan di idonesia?????????
    jawab yaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  21. Saya baru tahu ada entri ini disini. :shock:
    Bagus!

  22. saya sekolah diInternasional school dan biasanya pelajaran selalu full dan pulang sore.Terkadang saya juga bosan.Bagaimana supaya saya tidak menjadi bosan measki saya harus pulang sore??

  23. @ wynda

    Saya selalu bersama hobi yang saya senangi disaat sore. Setidaknya itu akan membunuh rasa bosan ketika harus pulang ke rumah. :D

  24. masalah pendidikan tidak hanya terkait dengan yang dituliskan di atas saja..

    Saya mengamati permasalahan pendidikan di indonesia terkait juga dalam bidang politik, sosial masyarakat, ekonomi dan keamanan (Hukum).

    Guru tidak hanya mengajar kepada murid tp menjadi orang tua juga??
    Gurunya sendiri tidak diajarkan bagaimana disiplin keilmuan dan masih korupsi, mau jadi apa sang anak didik nya??

    Siapa yang membuat sang murid mengetahui dunia malam sebelum mereka melakukannya??
    yaaa… dari sinetron, acara2 yg dibawakan oleh televisi.. belum lagi kalo dia punya seorang kakak yang doyan dugem..

    Pembatasan jam malam??
    saya rasa tidak perlu sepenuhnya dterapkan, asalkan jam malam itu digunakan untuk kegiatan yang positif… mis : mengamati bintang di malam hari, dll

    sekali lagi, pendidikan formal itu hanyalah sebagian kecil dr sebuah pendidikan yang dijalani manusia.. Pendidikan informal yang lebih didapatkan oleh seorang manusia..
    Seperti kata Mark Twain, “Saya tidak pernah membiarkan sekolah mengganggu pendidikan saya.”

  25. [...] Sebenarnya apa tujuan kita sekolah? Mencari ilmu dan belajar supaya pintar? Oh, itu pasti, jawaban yang paling standar. Tapi saya rasa jawaban itu hanya kedok belaka. Cuma alasan yang dibuat-buat saja supaya kita ada alasan untuk masuk sekolah, supaya ada alasan supaya didirikan sekolah. [...]

  26. apa keuntungan sekolah kalau yang kita lihat orang2 pintar menjadi tikus yg buas?

  27. sebenarnya sekolah itu penting, tapi sering sekali sekolah dijadikan ajang untuk adu gengsi semata. baik murid maupun gurunya.

  28. mmm…. “berantakannya” negeriku tercinta ini semakin membuat kacau keadaan lingkungan sosial. kata babeku… kenapa mata Pelajaran BUDI PEKERTI

  29. kemana MATAPELAJARAN BUDI PEKERTI berada saat ini?

  30. aku cuma liat tetangga2ku, kadang aku juga bingung katanya sih kepingin anaknya sukses tapi anaknya salah dibela2belain sampenyalahain gurunya, padahal guru si itu anak mati2an ngedidik walo gaji 100.000/bulan. akhirnya ya terserah dech mau jadi apalah, yang penting guru berangkat…
    Belum lagi pengaruh tontonan dan pergaulan, dimana sih letak pendidikan tayangan TV pada jam2 anak umur sekolah di depan TV… SINETRON Bro yang isinya pacaran mulu ama guru hanya jadi pelengkap. intinya ya tau sendiri. anehnya orang tua2 sekarang pada ampe nangis tuh ama sinetron.. wallohu a’lam, tapi masih ada waktu utk berbuat lebih baek…

  31. untuk mewujudkan pendidikan di indonesia,apa dan siapasaja yang perlu dlibatkan dalammerumuskan pendidikan yang dicita-ditakan?

  32. bagaimana peran guru dalam dunia dugem di indonesia raya

  33. *sori numpang komen :P *

    @jhony surya dinata:
    Guru saya ada lho. :D

    @elang:
    PPKn? :mrgreen:
    PPKn yang salah pengajarannya dengan menghafalkan textbook.

    @alpan:
    Kalau ini menanggapi trackback tulisan saya, sekedar memberitahu, tulisan saya itu satir. :D

    *ke-ge-er-an*

    Permisi… :)

  34. Yuk mari kita masing2 koreksi diri lagi.
    Jangan merasa kita sudah lebih baik dari orang laen.
    Jangan mau kalah dengan kurikulum! Kalo kita nyalahin kurikulm terus gak maju2 soalnya pemerintah indonesia sudah tuli, percuma loe ngomong! Pemerintahan isinya cuma manusia2 yang terlena dunia! Kurikulum cuma mainan pemerintah, yang terpenting cuma 1! KEEP FIGHTING!!!

  35. masalah pendidikan merupakan masalah yang kompleks, untuk itu perlu adanya kesedaran, kepedulian dan tanggung jawab dari semua pihak.bukan begitu…?!

  36. di ajari ilmu agama ta…….. biar ada yang ngendali”in?

  37. ya……….. perlu pengawasan super ketat. baik dari pihak warnet, pihak yang berwewenang dan pihak sekolah

  38. pendidikan itu selalu nyambung dg nmx ekonomi,politik,sos masy,dan k’amnn…….
    jk smua na balance mk pendidikan indonesia akn mjdi yg lbh mju dr ngra” laen………
    nurut gw c………….

  39. emang bner.. skarang ini, pelajar sekolah kebanyakan mentingin soal hati dan soulmatenya, jadi nggak fokus lagi ttg skul.
    klu soal perasaan emang rada2 sulit.sapa sih yang gak butuh perhatian khusus dari sesorang yang kita sukai,,,hu hu..klu ada yang bilang gak butuh, itu namanya munafik…tapiiii…. jangan sampe kita dibodohinya…lagian klu remaja biasanya kan masih cimon2nan gitu, gak da yang bener2 serius, jadi sebaiknya gak usah deh..klu hanya bikin kita jadi keganggu belajarnya . yang bagus itu , klu soulmate kita itu bisa bikin kita jadi tambah semangat belajar, kayak aku ini…hiks…hiks..^_^

  40. • Pembatasan penggunaan Internet khusus pelajar
    saya sangat setuju dengan hal ini, karena pelajar kondisi jiwanya masih belum stabil, takutnya nanti bisa menganggu kegiatan belajarnya, meskipun kalau menurut saya internet itu wajib bagi pelajar. banyak kejadian yang tidak diharapkan, misalnya pemerkosaan yang diakibatkan melihat situs-situs yang ga bener.
    • Kurikulum Pembelajaran seharusnya TETAP
    KURIKULUM 1994
    tidk stuju, karena kalau kuriklulum itu harus bisa menyesuakan dengan keadaan zaman sekarang ini. kurikulum 1994 itu, membatasi kreatifitas seorang anak. selanjutnya kurikulum itu harus sesuai dengan kondisi suatu daerah. kalau toh malaysia bisa sukses dengan kurikulum tersebut, mungkin malysia cocok dengan kurikulum itu.
    • Jam masuk sekolah dimajukan 2 jam dan jam pulang diundur 2 jam
    itu pembodohan dan kan membuat seorang siswa lebih malas,. kalau misalnya itu terjadi saya jamin kebanyakan siswa akan tidur sampai jam stngah sembilan sehingga semangat untuk belajar tidak akan lebih besar jika seorang anak bangun pada jam 5 misalnya.

  41. sy rasa bagus juga kalau di buat bar kusus pelajar .ya…………………. dibukanya dari sore sampai jam 20.00 aja.n yang paling penting gak pake alkohol

  42. * Pemberlakuan jam malam pada dasarnya bergantung dari sistem pendidikan dirumah
    * Pembatasan penggunaan internet memang sangatlah diperlukan krn untuk meminimmalkan virus2/ racun yang merusak otak. tapi apakah warnet2 mau melakukannya?
    * Tidak hanya Guru yang yang harus berperan tetapi orang tua juga merupakan salah satu faktor terpenting, Sebaiknya Para orang tua harus lebih respect terhadap sikap/perubahan anak2nya dirumah, tapi dalam hal ini bukan menjadi orang tua yang otoriter.
    * Kurikulum saat ini membinggungkan sedikit2 ganti. Indikator pencapaian belum tercapai sudah diganti! kasihan muridnya yang dijadikan kelinci percobaan. Menurut saya yang perlu dikhawatirkan adalah bagaimana kualitas n kuantitas seorang Guru.

  43. pak presiden saya rasa kalau pak presiden dan staf naya mau memadai pendidikan di indonesia sekalian di beri kurusus di setiap bagian pulau indonesia dengan di lakukan kursus indonesia kelak akan maju dan tidak ada negara lain menjajah negara kita

    dan saya tau saya masih kecil tapi saya berpikir dan memahami isi negara lewat imajinasi saya

    kalau mau menghubungi saya ke sini 061 7956877

  44. berdasarkan dengan apa yang saya alami dan juga apa yang saya rasakan disekitar saya,saya cukup tahu mengenai permasalahan beberapa murid berkenaan dengan upaya meraih prestasi di sekolahnya….pernah saya temui seorang anak mengeluh kenapa standart nilai menjadi patokan anak tersebut pandai atau tidak karena kebanyakan dalamsetiap ulangan dimana nilai ulangan tersebut menjadi acuan dalam raport tidak bisa mengerjakan dengan baik padahal malamnya dia telah belajar dan marasa sudah bisa tapi nilainya tetap saja jelek menurut saya itu dikarenakan anaka tersebut tidak bisa menguasai mentalnya saat ulangan…anak tersebut berkata bukankah dalam bersekolah yang dicari hanya ilmu pengetahuan bukan nilai semata???dalam hal ini saya juga bingung bagaimana memberikan pengertian padanya….tolong blaz di email ku.

  45. LO
    jam masuk sekolah dimajukan 2 jam dan jam pulang diundur 2 jam, bisa-bisa anak indonesia menjadisuatu kebiasaan bangun siang………….lagi…..

    lo seandainya gytu entar untuk penghentian dugem jadi sia-sia……..lagi

  46. Eh gimana tentang anak-anak dipelosok desa/kampung yang masih enggan untuk bersekolah dan kurangnya perhatian dari pemerintah setempat?apa itu tidak diperhatikan?

  47. mslh jm pljrn yg dimulai jm 9 sy ga s7.mskpun udara yang fresh pny pengaruh besar, otak n pkiran yg fresh jg pengruhmy lbh besar.pling ga, jm 7an kn pkran qt msh fresh bwt nrma pljran..
    y ga?

  48. TENTANA SEMUA MASALAH PENDIDIKAN KITA HARUS DIAWALI DARI KITA SENDIRI. DAN KITA ITU HARUS DEKETLAH DENAGN AGAMA KARNA KAMU” TAU KAN DENAGN KITA MEMPERDEKAI DIRI KEPADA ALLAH SWT KITA DAPAT MENJAUHI DARI PERBUATAN APA YANG DILARANGNYA.

  49. masalah pendidikan di Indonesia bukanlah hal yang baru, melainkan sudah menjadi bahan pembicaraan sejak dulu. Rendahnya taraf pendidikan di Indonesia menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terpuruk, sebaiknya bagi Bapak Menteri Pendidikan harus lebih memperhatikan sektor pendidikan di Indonesia, khususnya daerah2 pedalaman, seperti daerah Dairi.

  50. masalah pendidikan senebenarnya dapat diatasi asalkan semua pihak tanpa terkecuali sadar..apa yang harusnya dia lakukan.mulai dari pemerintah,guru,muridnya .dll

  51. KURIKULUM HARUS DITINGKATKAN KARENA SISTEM BELAJAR MENGAJAR DI INDONESIA MASIH KURANG MAJU,KITA SUDAH MEMILIKI SISTEM KTSP,JADI HARUS DIYINGKATKAN DAIR GURU-GURU YANG MENGAJAR DENGAN MEYODE INI

  52. SISTEM KTSP DI DUNIA PENDIDIKAN HARUS DITINGKATKAN DARI SEKARANG,KARENA MASIH BANYAK MURID YNG TIDAK MENGERTI SISTEM KTSP.MEREKA MASIH AWAN UNTUK MENGGUNAKAN SISTEM INI

  53. Bener juga Men……………..
    tapi kurikulumnya tetap ktsp
    ditambah lagi harus dinaikkannya gaji guru
    biar guru – guru tetap fokus mengajar
    bukan sibuk cari sampingan

  54. kasian ….

    kog kita2 jd tikus percobaan…

  55. pendidikan sekarang??? capek deh…! salam kenal….

    • mancaabz!! kaalo dipiker2 orang pinter tu kalahnya sama orang kaya. yang jadi pejabat aja NYOGOK, SERANGAN SUBUH= bayar DUIT cuyy.. jadi gimana bisa maju?? yang mimpin aja blo’on mua.. pada gak PD nyalon jadinya sebar2 rejeki gitu dahh!! jadi PNS nyogok, jadi DPR nyuap, jadi presiden pake tim sukses yang notabene nyogok rakyat!! jadi pantes kalo yang di senayan pada korupsi, BALIK MODAL NYALON sih !!!! kalo kaya gini APA KATA GUEe..ee..DUNIA????

  56. kayak’na g perlu di adain UN. soalnya dalam 3 jam semua cita-cita kita bisa hancur, bila lupa nulis nama

  57. PAK,INI SAYA IKA WULAN 3 AK 2 INI TUGAS 2 SAYA BLS

  58. PAK,INI SAYA IKA WULAN 3 AK 2 INI TUGAS 2 SAYA TGL 31 DES.2008

  59. saya setuju sekali dengan pendapatmu,mengenai kebijakan-kebijakan yang seaharusnya ditetapkan oleh pemerintah kita,dan orangtua dan lebih berperanan lagi terhadap anak didiknya karena siapa lagi yang bertanggung jawab menuntun mereka,mereka butuh bimbingan dan [erhatian khusus.dikemanakan nanti bangsa kita ini kalau penerusnya terombang-ambing oleh badai kehidupan.

  60. Memangnya sekolah pennttingng ya??????????
    pendidikan kan bisa didapet dari mana aja, gak perlu pusing2 baca buku pelajaran 12 tahun tapi yang didapet malah susah,pusing,butek,bete,boring, dan belom tentu ntar kita bisa sukses kerja. Orang yang lulusan universitas aja banyak yang nganggurrr..

  61. masalah penting tidak penting pendidikan dan sekolah itu berbeda satu dengan yang lain. Itu tergantung pengalaman dan cara pendang mereka. Bagi orang yang hidup di tempat yang banyak menyediakan lapangan kerja dan penghidupan, tidak pernah merasa dijajah dan hidupnya aman-aman saja, pendidikan dan modal dari orang tua sudah cukup. Sekolah memang berbeda dengan kerja. Di sekolah kita berusaha menerangi hidup kita dengan pengetahuan lewat buku, internet, dan sumber2 lain. Kalau kerja itu tempat di mana hidup kita yang sudah diterangi pengetahuan diuji. Nyatanya dengan orang-orang terdidik, banyak bangsa di dunia termasuk Indonesia, bisa mengadakan perlawanan terhadap dunia yang tidak adil. Get up stand up for your raights.

  62. dugem itu kerjaan setn,, jadi gampangny jngan kerjain.. gt aja kok repot.. ktnya juga sbg remaja yang ketololan bilang gaul itu begtu……………

  63. Kalo di tanya kapan pendidikan Indonesia bisa maju …?

    Kapan2 bru.

    Kapan si pihak yang berjabat mau denger aspirasi kita
    Kapan Sistem pendidikan Indonesia bisa sesuai dengan semua pihak
    Kapan para guru bisa konsen buat muridnya
    Kapan si Guru bisa misahin antara urusan RT sama Skull
    Kapan si siswa bisa patuh manut sama peraturan
    Kapan si siswa bisa disiplinken diri sendiri tanpa ngurusin orang lain duluan

  64. disamping itu..
    kita yang mendapat pendidikan seharusnya mengabdi untuk pendidikan indonesia

  65. sebenarnya yang salah itu siapa? karena yang saya tahu bahwa kesalahnan terbesar dalam pendidikan adalah orang yang menjalankan pendidikannya,,,, bukan orang yang memberikan jalan pendidikan

  66. masalah pendidikan kompleks dan rumit namun bukan berarti tidak dapat dicarikan solusi yang lebih tepat. karena masalahnya terletak pada bagaimana guru dan siwa berinteraksi dalam pembelajaran

  67. “masalah pendidikan tidak hanya terkait dengan yang dituliskan di atas saja..

    Saya mengamati permasalahan pendidikan di indonesia terkait juga dalam bidang politik, sosial masyarakat, ekonomi dan keamanan (Hukum).”

    saya sependapat dengan gredinov, klo pendidikan tidak semata-mata yang disebutkan diatas. pendidikan merupakan persoalan yang sangat kompleks, namun yang terpenting, adalah bagaimana menumbuhkan kesenangan,semangat dan motivasi untuk belajar. ini yang sangat sulit direalisasikan, dan hanya segelintir sekolah yang sudah bisa menerapkan hal ini.setau saya salah satunya SD di surakarta.

    coba bayangkan materi pelajaran sekolah skrg ini, saya ambil sample anak SD. skrg ini anak SD sudah harus diberatkan dengan 4 pelajaran bahasa asing. anak SD sudah harus belajar matematika yang seharusnya lebih cocok diberikan pada waktu SMP dan tuntutan lainnya dari masing2 pelajaran. tuntutan ini yang akhirnya orang tua memberlakukan les tambahan untuk anaknya supaya bisa mengimbangi pelajaran disekolah. waktu untuk bermain pun berkurang. bagaimana perkembangan kreativitas anak?kalo mikir hal itu,klo gurunya hanya memikirkan materi yang telah dikurikulumkan sebisa mungkin selesai tepat waktu, tanpa memikirkan perkembangan anak didiknya. yang dapat nilai jelek hanya dinasihati tapi tidak ditindak lanjuti (nenek-nenek juga bisa). orang tua juga was-was klo nanti anaknya gak lulus. dampaknya anak kecapekan, stress, akhirnya jenuh, malas sekolah (keponakan saya pernah bilang kyk gtu). so, banyak permasalahan yang harus diselesaikan oleh depdiknas,pemerintah serta kita sebagai bangsa indonesia yang ingin melihat pendidikan kita maju.

    klo berbicara siapa yang salah,, jawabannya pasti berbeda dari sudut pandang yang berbeda pula

    tapi untuk melebur itu semua, jawabannya tidak ada..

    tinggal kita yang tahu permasalahan ini untuk memperbaikinya dengan memberikan solusi yang terbaik, syukur2 depdiknas mau membuka pintu selebar-lebarnya untuk menerima masukkan,saran sistem pendidikan indonesia dari orang-orang yang prihatin dengan pendidikan indonesia

    amiin…

  68. .TTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEERRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEERRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHH……………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  69. Makanya kalo ngasih PR jangan banyak-banyak tuh muridny jadi stres kan ! lari deh dia ke diskotik

  70. yagh….jd semuax jg balikx sam QT2 sbg seoarg plajar. apa mampu mengatasi ini semua dgn baik or not. but smua itu jg btuh pemikiran yg bijak….togh…semua ini qt yg jalanin n ini semua for us

  71. sangat kompleks pendidikan di indonesia

  72. <<== calon guru yang siap mencerdaskan anak bangsa

  73. aku setuju pemaparanmu namun bukti yang tampilkan belum begitu real. selain bukti yang real perlu juga ada sumber yang kuat.

  74. I believe it was Proust who proclaimed that the proper journey of discovery consists not in finding new
    landscapes, but in having new eyes. Thank you for providing me with a
    new sight.

  75. Some posts cause you to chuckle, some posts make you sad, this one made
    me think, which is better than any other reaction.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: