Peter ‘Answers’

 main-mage-peter-answers.jpg

I will give my answers to you !”

 

 

Peter, please answer the following question.
~ Peter Answers’ Petition Box

Jadi, kemarin saya sempat mengunjungi situs bernama “Peter Answers”.

Seperti yang diungkapkan di Kolom informasi, jawabannya akan dijawab oleh Saudara Peter sendiri. Dan ada pernyataan sebagaimana terbilang, “If the answer is not what you expected, at least you make catharsis and ask again.” Apabila pertanyaan kita agak ngawur, tidak ada spiritual sense, Saudara Peter tidak akan menjawab, malah akan memaki – maki anda dengan perkataan “Your question is lacks of spiritual sense !”. Dengan embel – embel “Virtual Tarot”, berbau astrologi dan sebagainya.

Mengapa saya ke sana ? Selain daripada artikel dari Petra, ternyata banyak daripada anak – anak sekolah saya mempercayai fenomena tersebut ! (Meski kebanyakan juga ada yang hanya sekedar kunjungan iseng) Tambah lagi, saya sedang dalam masa senang – senang, sehingga tidak ada salahnya meneliti satu atau dua fakta dari situs Peter Answers.

Maka, mari kita meneliti.

 

1. Hipotesa

Apabila ada bahasa – bahasa yang salah, mohon dimaklumi.

Sekarang, anggaplah saya seorang hacker (meski sebenarnya saya bukan. Namanya saja sudah “anggaplah”).

Commentator : “Berarti bahasa situ akan terdengar seperti bahasa pemrograman, dong ?
Ellinsworth : “Nggak. Soalnya saya bukan Hacker. Tambah, saya juga tidak menguasai bahasa C++.

Pertama, tentunya saya tidak akan mempercayai kalau Peter benar – benar menyihir komputer anda. Meski yang saya ketahui, dia itu paranormal, tukang gaib, dan lain – lain. Yang saya yakini apabila ada script yang bermain di belakang layar. Script di sini bukan seperti script drama untuk layar lebar, melainkan script yang bertugas menentukan kebiasaan (behaviour) dari suatu website. Jadi, kalau anda sedang mengunjungi situs yang dimaksud lalu tidak bisa mengetik kata selain “Peter, please answer the following question :”, itu bukan salah browsernya, apalagi kalau anda menuding si Peter telah menyihir keyboard anda. Salah, salah. (Ah, padahal saya berhasil mengetikkan kata “Bismillah” di sana. Ternyata nggak susah – susah amat, tuh ? :roll: )

Kedua, pastinya tidak mungkin bagi seorang Peter untuk menjawab banyak pertanyaan dari banyak orang. Penduduk di dunia ini mungkin ada beberapa belas Milyar, dan beberapa puluh persen diantaranya sudah melek internet. Apabila, taruhlah, 1/3 dari orang yang mengakses internet dengan isengnya mengunjungi situs Peter Answers, pastinya tidak mungkin dijawab satu – satu ?

Sekarang bagaiamana apabila skenarionya (Euh, Logika Aplikasinya) seperti ini: Terdapat sebuah Gudang Data yang menyimpan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan terkait. Sehingga apabila dihitung – hitung, kemungkinan jawaban yang sama akan didapat. Mungkin konsep seperti itu dianut juga oleh Peter Answers. (Hipotesa saya ini kurang lebih sama dengan hipotesa S’tomengenai Kuis Microsoft Server 2003 4 tahun lalu)

Hei, apa maksudmu dengan ‘jawaban dari pertanyaan – pertanyaan terkait’ ?”

Sebelum itu, kita tentunya mengerti, pertanyaan dari user haruslah berbahasa Inggris (Atau dari bahasa yang disediakan). Sehingga apabila kita menanyakan dengan Bahasa selain yang ada, akan memunculkan kemungkinan jawaban yang ngawur. Dengan membunuh kemungkinan penggunaan multibahasa, setidaknya pemberian jawaban dari Gudang Data akan lebih mudah. Seharusnya anda mengerti dari apa yang saya bicarakan.

 

2. Percobaan

Tentunya dengan niat yang baik saya memulai percobaan ini. Pertama, saya menyimpan dokumen HTML (beserta images dan script-nya). Kemudian, saya bukan Browser yang ada di HDD Komputer saya tanpa koneksi internet.

a. Eksistensi Bank Data [Hipotesa Kedua]

Sebagaimana anda ketahui apabila anda tidak bisa mengetikkan kata selain “Peter, please answer the following question:”. OK, kita kesampingkan dulu masalah tersebut. Saya mengetikkan petisi sebagaimana yang dimaksud dan mengisi pertanyaannya. Saat saya mengetik tanda ‘?’, tertulis instruksi “No Connection”.

Tentunya ada 2 kemungkinan. Pertama, si Peter harus berinteraksi dengan anda menggunakan internet agar jawabannya datang kepada kita. Mengingat hipotesa saya yang kedua tadi, maka tentunya saya akan kesampingkan kemungkinan ini. Yang lebih tepat adalah kemungkinan dua; Dimana jawaban tersebut harus diambil dari bank Data yang bersangkutan untuk dicari kemungkinan jawabannya. :roll:

Berarti Eksistensi bank Data itu jelas ada. OK, check.

b. Sihir dalam Keyboard ? [Hipotesa Pertama]

Tentunya anda akan merasakan kejanggalan begitu mengetahui bahwa anda tidak bisa mengetik secara normal di bagian Petition dan Question.

Semisal, fungsi Ctrl+C yang dihilangkan, Ataupun penggunaan tanda titik yang ternyata…Ya, anda tidak salah. Coba anda tekan tanda titik di bagian Petition, Apakah yang akan keluar ? “Peter, please answer the following question:”. Lucu ? Bagaimana kalau saya mengatakan bahwa itulah script yang dimaksud ?

Untuk meyakinkan saya apabila itu benar adanya, saya membuka file urchin00.js, yang saya temukan ketika saya menyimpan dokumen HTML. Mengapa file itu ? Karena saya tidak melihat ada script perubah huruf yang saya harapkan dalam file lain. Dalam file tersebut, saya menemukan :

……

var c=new Array(’A’,’B’,’C’,’D’,’E’,’F’,’G’,’H’,’J’,’K’,’L’,’M’,’N’,’P’,’R’,’S’,’T’,’U’,’V’,’W’,’X’,’Y’,’Z’,’1’,’2’,’3’,’4’,’5’,’6’,’7’,’8’,’9’); return c[r>>28&m]+c[r>>23&m]+c[r>>18&m]+c[r>>13&m]+”-“+c[r>>8&m]+c[r>>3&m]+c[((r&7)<<2)+(t>>30&3)]+c[t>>25&m]+c[t>>20&m]+”-“+c[t>>15&m]+c[t>>10&m]+c[t>>5&m]+c[t&m];

……

Mungkin bukan ini fungsi yang dimaksud, terutama bagi anda – anda yang sudah melihat jauh kedepan. Tetapi sampai tulisan ini dibuat, inilah script perubah hurufnya. ;)

Lagipula, apabila anda masih percaya bahwa ini adalah sihir, coba cek lagi. Saya juga menemukan ini.

//– Google Analytics Urchin Module

//– Copyright 2007 Google, All Rights Reserved.

Masa Sihir harus berkooperasi dengan Google yang besar itu ? :lol:

OK, check.

————————————————————————————

Mungkin sekarang anda masih bingung, apa maksud saya dengan semena – mena menghancurkan usaha orang (Mengingat di sana ada Google Adsense, jadi bisa dibilang usaha :roll: ). Sebenarnya maksud saya bukan begitu.

Jadi begini, kalau anak muda bilang, “Sekarang ‘kan jamannya informasi ! Ngapain percaya takhayul begituan !?” Maksud saya adalah, tidak perlu mengait – ngaitkan suatu keanehan dalam dunia internet dengan sihir, astrologi, dan sebagainya. Tanpa maksud mengurangi rasa hormat kepada pembuat situs “Peter Answers”, saya memberi wejangan bahwa jangan percaya pada penipu ! Ya, sebagaimana anda tahu bahwa saya juga pernah mengatakan bahwa tak ada yang tahu siapa anda di internet, kurang lebih maknanya sama.

Banyak penipu berseliweran di jagat internet ini, apabila anda masih percaya dengan tipuannya, saya kira tidak siap dengan posisi anda sebagai orang yang melek internet. Semua yang ada di internet ini sudah sepantasnya logis. Apabila suatu hari nanti anda menemukan situs – situs sekelas “Peter Answers”, janganlah langsung percaya. Biasanya itu adalah sebuah permainan script yang dibuat oleh kreator untuk menipu orang.

Sesi Hacking selesai. :P

 

78 Tanggapan

  1. Keduax!
    Postingan serupa sempat dibuat steax disini, nampaknya:
    http://steax.wordpress.com/2008/01/07/peter-answers-kehebohan/ :D

  2. After traditional superstition lost its popularity in modern times, it’s seems now the machine superstitions are dominating most of Indonesian mind? :?

  3. Klo saya tau ini dari ndorokakung waktu d BHI…

    Masa Sihir harus berkooperasi dengan Google yang besar itu ?

    Eh, masalah google urchin, ntu skrip buwat google analytics. Jadi gak ada hubungan sama korporasi gtu… :mrgreen:

    Itu semacam kode buwat tau statistik gtu. Di blog saya jga ada… ;)

  4. Tadi saya nyoba masang pertanyaan seperti ini:

    Did you know how god’s face is?

    Dan jawaban Sang Peter seperti ini:

    I don’t feel like answering this, skip to the next question.

    Nah, kan. Bahkan orang luar pun nggak tau wajah tuhan itu bagaimana. :mrgreen:

  5. Wah ada yang setopik dengan saya. :mrgreen:

    Saya sendiri telah menganalisa kemungkinan adanya databank di sana, atau bahkan kemungkinan multibank di beberapa tempat. Tapi saya simpulkan nggak mungkin, karena banyak detail pribadi.

    Saya kemudian berhasil menjebak si pengetik keyboard untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diketahui beberapa orang tapi bukan dia. Lama-kelamaan hipotesa berhasil saya persempit. :D

    Umm, scriptnya bukan yang urchin.. Scriptnya ada di sini: http://www.peteranswers.com/js/engine.js :) (File JS ada cukup banyak, misalnya file-file ajaxpro untuk AJAX yang digunakan. Cek aja pakai Firebug.)

  6. Aduh. Sepertinya komen saya kena aksimet. :( Kecuali memang pakai mod dulu sebelum post… Kalau sudah, komen ini tolong dihapus ya. :)

  7. Peter Answers…. :lol:

    *ngakak habis-habisan* :lol: :lol:

    Ah, seisi lab saya pernah heboh gara-gara ini. Beberapa bahkan sampai beranggapan bahwa ini campuran teknologi sama metafisika. :lol:

    BTW, dia nggak pake bank data dan kerjasama Google kok. Coba baca [post ini] buat penjelasannya. ;)

  8. Ho oh, yang ngetik jawabannya itu kan kita (atau orang yang sedang mau ngerjain kita). Murni web untuk bercanda, berbekal latihan ngetik (supa sinkron dengan ajaxnya si peter) plus akting innocent, jadi deh sulapannya :D Soal script ajaxnya kayanya bukan yg urchin deh, itu mah punya paman gugel, coba cari engine.js

  9. @ Semua

    Maaf. Soalnya saya waktu itu baru “first look”. Belum apa – apa saya sudah ngomong. :(

  10. eh aku nyoba nulis tanda titik tadi. Trus keluar tulisan ‘ peter bleh bleh bleh ‘ :shock:

    wiw

    dari dulu kayak ginian kan banyak. Cuma anehnya kok orang-orang pada percaya :|

  11. Hahahaha… Ternyata sensei baru tau tentang ini.

  12. Ah, sihir di internet bagi saya hanya ada dari Firefox, Google dan WordPress…

  13. saya jadi korban utama nih…..

    blog saya nangkring di rangking 1 google.co.id search buat Peter Answers :P

  14. saya sih nggak percaya yang begituan… :lol:

  15. saia uda nyoba…
    cuma isa senyum-senyum doank…
    tafi sumfah, yang mbikin kreatif ko’…

  16. Koneksi saya tidak cukup buat beranswer answeran, tapi. Terima kasih atas infonya. Suatu saat saya akan coba ke aswer answeran itu…

  17. panjang banget… :|
    yang jelas, saya setuju : jangan mudah percaya pada penipu!
    salah satunya DeBe ini :mrgreen:

    *kabooor*

  18. ah, memang sudah ada gudang datanya kaleee..

    jangan percaya pada apa yang anda lihat, tapi percayalah pada apa yang anda rasakan GiE said… :D

  19. Peter Answer, seperti gim flash Ask Guru yang ada di HDD saya nih kayaknya.. ;)

  20. Bambang… *logout*

    *sempat baca*

  21. Ahahahaha!

    Setelah beberapa menit coba-coba nanya tanpa hasil, akhirnya lihat how-to-use-nya.

    … Terus mempermainkan orang-orang yang aku anggap lumayan intelektual. Ternyata… percaya… >D

    *dihajar karena ngomong yang nggak berguna*

  22. perlu nyoba ndak ya?? :D

  23. Saya baru tahu kalau ada “Peter answer” setelah kamu kasih tahu di ruang Web…

    Tapi baru sekali lihat juga ketahuan kalau itu bukan sihir…

  24. Aneh banget…. :?

    Saya bertanya ke si Peter :

    “Who is the most handsome boy in the world ?”

    Jawaban si Peter :

    “Geowana” :mrgreen:

    *Berarti si Peter itu orang jujur ya :D

  25. trus kalo situs yang ini gimana deb? soalnya saya agak bingung, apa mereka paham blog berbahasa indo? trus ngukure cepet banget lagi…

  26. Hush… hush… hush…. jangan kasih tahu ke banyak orang….tar gw gak bisa nipu2 orang lagi :P

  27. ya emang boong kalee.. pasti tuh ‘peter’ gag bakal jawab pertanyaan2 yg ditulis.. kecuali ada temen loe yang tau kuncinya!!

  28. gini lho, ade saya ngga mungkin bohong sama saya *yg terkenal galak*.hehheh.
    jadi ketika kaka saya menulis pertanyaan di depan ade saya, Who is Cindar’s sister?. dijawab Dinda. bener.
    trus ditanya di mana cindar bersekolah *pake inggris*, djwb al-azhar.
    ‘how many students in Cindar’s classroom?” 40.

    apa mungkin dari bank data kaya yg situ bilang yah?

  29. udah nyoba..tapi malah jadi males tuh..

  30. gmn caranya maenin PETER ANSWER.soalnya gw ma tmnku dah coba ngak bisaaaaaaaaaaaaaa……………….!!!!!!!!!!!!!!

  31. koq sampe msn gw di add ma peter?
    serem gw

  32. Terima kasih atas tulisannya.
    Gw emang ga percaya, waktu gw dikerjain gw uji2 teman gw.
    Dan buat semakin yakin kalo emang cuma permainan, tp gw ga tahu caranya. Sekali search di google dapat tulisan lu. Ternyata kaya gitu.

    Thank`s yo! Sekarang gw pengen ngerjain teman gw d.
    Gpp kan, gw cm pengen iseng aja kok.

  33. I can’t tell, has everyone figured out the mystery of Peter Answers? With so many videos now on the internet explaining it nobody should not know the mystery any more.

  34. heeeem, gw sempet bingung, tapi yah gw anggap just a game, heran jg si, dia bisa jawab apa yg semua gw lakukan di saat itu jg, ( contoh – temen gw tanya, apa yg oli lakukan, trus peter jawab : ngeroko di depan lab,?) heran ga lo, ko dia tau, siapa yg kentut, dia bisa jwb jg, trus temen gw tanya apa yg terjadi di sini, peter jawab : jangan keras-keras nyetel musiknya!. lah ko dia tau, siapa yg datang dia jawab: satpam, siapa istrinya, dia jg tau,,,,,,,,,,,,,,,,,,,walah jadai parno, akhirnya kita sepakat matiakan komputernyaaaaaaaaaa dan lariiiiiiiiiiiii, serem jg yah

  35. peter peter.
    bisa gak gita balikan sama vian?

  36. peter peter.
    gita bisa gak balikan sma vian?

  37. peter, how about my carrier next? also when i merried?

  38. i want to join this blog,may be i can get enjoy and find something nice.

  39. peternya angin2an.. hehe

    tp tmn gw kok ada yg bisa ngobrol lancar sm dia? pake bahasa indonesia lagi? keren

    gw tanya celana dalem cw gw,, dy jawab…
    pelat nomer mobil gw, dy jg jwb..
    bener lg.. keren
    wkwk

  40. kenapa setiap saya bertanya seperti, siapa nama ayahku ? dia kok gak pernah jawab nama ayahku sih ? bukan cman pertnayaan itu aja . yg laen juga . kenapa ?

  41. begini caranya ngerjain temen pake peter answer :
    di bagian petition, ketik jawabannya diapit dengan tanda titik (.) apapun yang anda ketik, pasti munculnya tetep “Peter, please answer the following question”…
    sebagai contoh:

    ———————————————————————-
    pertanyaan : “Siapa nama ayahku?”
    jawaban yanga diinginkan : “Karsono.”
    ———————————————————————-
    Ketik di petition : “.Karsono.ease answer the following question:”
    Ketik pertanyaannya seperti biasa
    ———————————————————————-

    dijamin jawaban yang anda inginkan pasti muncul.
    jika kita nggak ngetik jawabannya, peter pasti njawab jawaban asal-asalan seperti : “i’ll answer it later, i don’t want to answer the question like that, dll”

    intinya, situs peter answer ini murni situs buat ngerjain orang. temen kalian yang bisa lancar ngobrol sama peter pasti udah tau trik ini…

    Coba deh…

  42. wele2…peter answer tuh beneran ga sih?

  43. Tuti, I hope you find what you are looking for elsewhere.

  44. I hope people that believe can find the secret so they don’t get hurt.

  45. tau gak ini yang nulis siapa?

  46. norak bgt ya lo smua!!haha

  47. hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  48. awalnya siy gw ke tipu beneran gara2 web peters ini.sempat gw ber fikir dan percaya kalau si peter ini beneran bisa jawab semua pertanyaan kita.
    tapi dalam pikiran ku muncul kecurigaan kepada si kibordis alias si tukang tipu yang ngetik pertanyaannya..
    Pertama, kok hanya kiborids nya aja yang bisa melakukannya, kalau yang lain gak bisa.
    Kedua, kenapa di petisinya gak bisa di copy paste biar lebih cepat gituw..
    Ketiga, coba deh kita analisa lagi, kenapa si kibordis selalu meminta pertanyaan nya dulu sebelum mengisi petisinya.
    akhirnya gw coba2 dan ternyata bisa.
    ternyata ini bukan magis tapi hanya situs hiburan yang mantap banget yang bisa membuat semua orang diruangan kerja ku ngakak, cemas, sama taku.
    top banget yang buat situs nya…
    youuuuu…..very mantap…

  49. gmna sih saya mw nanya-nanya nih

  50. sya mau nanya nih

  51. ternyata bo’ongan……

  52. emank peter boongan

    ada triknya supaya piter mo jawab pertanyaan qta dgn jawaban yg qta mau..

    gw smpt percaya bgt ma tmend gw

    tnyata pas gw ngeliatin dy ngetik apa….. ketauan de

    ^^;

  53. yeah tergantung dari sudut mana kita memandang..

    klo dari sudut teknologi jelas itu adalah software yang didukung oleh script2 yang super canggih.

    klo dari sudut dunia lain, jelas PAPA PETER (Suami MAMa LOREN) itu adalah peramal. karna semua pertanyaan kita dari apa yang kita lakukan dan orang-orang sekitar kita lakukan, PAPA PETER tau.. dan semuanya bener .. contoh ketika saya tanya Kendaraan saya, warna kendaraan saya, istri saya, mantan2 saya, nama bapak dan ibu saya.. dia tahuu semuanya ..

    jadi secanggih apapun bahasa script ,,, tetep itu adalah perpaduan antara dunia maya(internet) dan dunia lain(alam gaib) … ga percaya .. buktikan aja sendri ..

    • OON lu mau aja di-boongin sm teman loe!!!ha…ha..ha…perpaduan antara teknologi dan alam gaib ha…ha…ha….

  54. alah2 peter amswer!?!??!?!?! itu bohong! script aj tu mah.
    terserah loe orang pada mw percaya apa ga! yang penting gw g percaya soalnya itu memang modifikasi script aj c.

  55. Weleh..weleh… Trus kenapa pake nama Peter yah? Kok gak Potor??? Atau Pitir gitu???

  56. siapa pemenang pemilu 2009??

  57. percaya ga percaya,,tp ko dy bs tau hal2 pribadi yy

  58. all, itu rahasianya ada di box petitionnya. disitulah jawaban diketikkan. gunakan tanda “.” di petition box untuk ngisi jawaban dan akhiri dengan “.” pula. sisanya, lanjutkan kata2 petition sampai membentuk kata “peter, please answer the following question:”.
    trus ketik pertanyaannya di kotak question. so simple. there’s nothing magical about it. codingnya pun mudah. cuma pake array kalo di bahasa C++.
    i found it 20 minutes after found this funny web.
    genius, though.

  59. oiya, gag pke database database an.
    cuma info skali pakai, langsung buang. :D

  60. setuju ama faradilla … saya baru kemaren diberitahu Bos tentang adanya website ini, dia ampe penasaran dan berpikir bahwa ini adalah nyata … eh waktu gw liat ah ini kan cuma masalah script aja so simple …

  61. wah..banyak yang ketipu kasian.. yang nipu temennya tuh….
    itu cuma gara2 tanda (“.”), aku dah nyoba…. berhasil, bukan magic, bukan juga kerja sama pihak2 tertentu.. its just trik… kasian deh yang ketipu

  62. wah gila beener..?

    • begini ya peter saya di tuduh mengambil kalung tetangga saya yg jatuh d’dpn rumahnya?
      sedangkan kejadiannya saya nggak berada d’tmpt kejadiaan,
      kok saya malah d’tuduh

  63. peter saya mau bertanya welly dan tiur bagaimana masa depannya mereka……………!!! dan tebak nama bokap nya si eky siapa

  64. peter coba tebak saya main ke warnet dengan teman saya nama nya siapa……………………..!!

  65. w bingung sama peter answer dech…………….!

  66. siapa nama saya

  67. berapa orang di dalam ruangan ini

  68. begini ya petter aku di tuduh mengambil kalung tetangga saya yg jatuh di depan rumahnya?
    tapi waktu kejadian saya nggak ada d’tmpt itu?
    kok saya di tuduh

  69. saya mihon sama peter tlng bantu saya?biar saya bisa tau klu siapa yg ngambil kalungnya tetangga saya yg jatuh itu?

  70. siapa sihhhhh jodoh saya sekarang……..atau yang saya suka….?

  71. siapa yah orang yang mengambil playstation (ps) saya????

  72. siapa nama ayah saya??

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

