Kenyataan dibalik Sinetron Indonesia

Pasti anda bukan orang pertama yang kesal dengan sinetron Indonesia. Anda benar, saya termasuk salah satunya.

Benarkah Indonesia sangat tidak kreatif dalam urusan ini…? Well, bagi anda yang sudah pernah ‘tabir tabu’ dari sutradara – sutradara tidak berbakat Indonesia (tak semuanya, malah ada yang sangat berbakat), kurasa anda tahu kalau mereka sering dikait – kaitkan dengan satu kata yaitu ‘plagiat’.

Aku mengetahui beberapa ‘trik’ yang mereka gunakan dalam memakai ide sinetron luar hingga bisa menjadi sekotor sinetron sekarang :

1. Mencari lagu – lagu yang sedang hits di Tanah Air. Kurasa pihak pembuat lagu tidak bisa disalahkan dalam hal ini.
2. Cari tema yang kira – kira cocok untuk sinetron tersebut. Dalam artian, mencari kisah yang cocok untuk hal tersebut.
3. Membuat sinetron tersebut, ending biasanya dipikirkan belakangan.

Terdengar simpel…? Tunggu dulu, dengan trik ini saja, ‘korban’ yang didapat sudah mencapai puluhan judul, beberapa diantaranya baru – baru ini dijumpai di beberapa acara swasta…

1. Benci Bilang Cinta (Goong / Princess Hours – korean drama)
2. Benci Jadi Cinta (My Girl – korean drama)
3. Impian Cinderella (Prince Who Turns Into Frogs – taiwan drama)
4. Cowok Impian (It Started With A Kiss – taiwan drama)
5. Putri Kembar (100% Senorita / Twins – taiwan drama)
6. Dua Hati Satu Cinta (Qin Shen Shen Yu Meng Meng / Kabut Cinta – taiwan drama)
7. Sumpeh Gue Sayang Loe (Smile Pasta – taiwan drama)
8. Kau Masih Kekasihku (At The Dolphin Bay – taiwan drama)
9. Pangeran Penggoda (Devil Beside You – taiwan drama)
10. Rahasia Pelangi (Love Apart A Moment – taiwan drama)
11. 2 Hati (Snow Angel – taiwan drama)
12. Berani Tampil Beda (Magicians of Love / Ai Qing Mo Fa Shi – taiwan drama) – apparently belon maen
13. Benar-benar cinta (Devil Beside You – taiwan drama)
14. Bukan Diriku (Anything For You – japanese drama)
15. Pengantin Remaja (My Little Bride – korean drama)
16. Bintang (HZGG – taiwan drama)
17. Pacarku Besar Sekali – ftv (My Name is Kim Sam Soon – korean drama)
18. Katakan Kau Mencintaiku (Sad Love Song – korean drama)
19. Cincin (Beautiful Days – korean drama)
20. Liontin (Glass Shoes – korean drama)
21. Wulan (Term of endearment)
22. Intan (Be Strong Geum Soon – korean drama)
23. I love you, Boss! (Bright Girl’s Success Story – korean drama)
24. Buku Harian Nayla (1 litre of tears/Ichi Rittoru no Hamida – japanese drama)
25. Janji Jaya (My Name is Kim Sam Soon – korean drama)
26. Cinta Remaja (My Sassy Girl Choon Hyang – korean drama)

Dan itu belum semuanya.

Menurut ‘pakar’ film di SMAN 3 yang terpercaya, kiblat perfilman Indonesia terlalu condong ke Barat. Dan sialnya, mereka tidak tahu malu kalau melihat ke Timur. Saat mereka mengadaptasi film Barat, mereka takut dan malu – malu. (Kenapa…? Mungkin takut berhadapan dengan Bush dan dikira mengajak perang), sedangkan Asia…? Berhenti berharap ! Persamaan ras tidak bisa mengubah sifat tidak tahu malu beberapa pihak persinetronan Indonesia.

Saya sendiri tidak membenci Indonesia (Benarkah ? Takut dideportasi, ya…? Bercanda.) Namun terkadang, ada beberapa orang yang sepertinya masih bertradisi plagiat. Sialnya, mereka orang – orang besar.

By the way, seperti inilah sejarah dunia persinetronan Indonesia, bagi anda yang tertarik. Boleh melihatnya….

~~~~~~~~~~

Mengapa persinetronan Indonesia bisa melejit seperti roket ? Dimulai awal tahun 1990. Saat itu yang digandrungi oleh semua pihak adalah film – film mistis, laga, dan sialnya, erotis. Erotis…? Ya, dulu masih legal beredar di Indonesia. Semua pihak mulai menyukai walaupun tidak memiliki makna cerita di dalamnya (Murahan, dalam arti lain).

Insan – insan perfilman Indonesia tentu saja khawatir dengan kondisi ini. Mencari cara agar hal ini tidak mengakibatkan efek negatif, maka berkembanglah opera sabun atau sinetron.

Diawali dengan kesuksesan Si Doel Anak Sekolahan, sinetron mulai memikat masyarakat, karena saat itu rata-rata di setiap rumah di kota memiliki TV.

Karena semakin sukses, maka industri film erotis di bioskop mulai redup dan hilang. Digantikan oleh sinetron di layar kaca. Awalnya sinetron Indonesia banyak yang bersifat mendidik dan original, Namun lama-kelamaan, karena sukses, para insan sinetron mulai lupa diri.. Mereka hanya mementingkan kantong saja..

Selang beberapa tahun, Indonesia mulai kehabisan ide akibat dari terlalu banyaknya ide cerita yang terpakai selama beberapa tahun terakhir. Semenjak itu, Indonesia mulai memakai tradisi plagiat yang dimulai dari peniruan cerita – cerita Sinetron luar negeri dalam skala besar.

Contoh sinetron plagiat lain (Termasuk adegannya) :

– Panji : Manusia Aluminium Millenium, apa lagi apabila bukan meniru Batman & Robin
– Garasi mengambil inspirasi dari Anime Beck
– Awal mula Saras menjadi 008😀, mengambil ide dari Catwoman

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Itulah komentaku. Ada pertanyaan….?

~Galm 1, di depan PC pada pukul delapan tepat

26 Tanggapan

  1. Halah..

    para empunya rumah produksi itu emang cuma kpengen duit sinetronnya laris aj ..rating tinggi.. tanpa peduli efeknya ke penonton..tanpa peduli klo jiplak..

    klo di liat2 sekarang 90% tayangan sinetron di tivi pasti hasil jiplak..ada aj sie statsiun tivi yang ga mo nayangin sinetron jiplakan..tapi diganti dengan sinetron original ga bermutu.. duh sori deh buat RP yang ngerasa…tapi kenyataannya ya sperti itu..

    *grumpy chie*

  2. YA BETULLLL SINETRON INDONESIA JIPLAKAN SEMUA, KAPAN KITABISA LEBIH KREATIF YA…
    http://harryfakri.blogsome.com

  3. Iya betul !

    URL blog, eh…?

  4. menurutku tak semua film indonesia itu bagus terbukti kurang nya animasi gambar seperti film luar. misal yang pernah saya lihat ada sebuah film yang menayangkan animasi dinosaurus yang bentuknya mirip sekali

  5. @ jack

    Hohoho….setidaknya Indonesia sudah berusaha untuk membuat film animasi, lho. Ada satu film animasi yang ditayangkan di salah satu acara TV Swasta, kalau tidak salah pkl 08.00. Bagus, cukup menarik menurut saya.😀

  6. huehehehhe… btw yang plagiat tu sutradara indo pa yang sono hahhaha…

    *biasa klo ma tmn kos klo pas pada nonton film korea or jpg yang jam 5 sore tu slalu nyletuk gini aku nya “ini pilm njiplak sinetron indo yang mana” huahahhaha….*

  7. Saya belum punya niat untuk mengurus kasus plagiat di luar negeri. :D:

    Kalau saya malah sebaliknya, ketika melihat iklan sinetron Indonesia yang baru, dalam pikiran akan selalu berbunyi, “Ini jiplakan sinetron luar yang mana ya..?”:mrgreen:

  8. wah… lagi butuh bgt komentarnya nich.. cos mau dibuat bahan skripsi nech…. ttg penjiplakan drma2 asia……..

  9. ….Dasar.😐

    Silakan saja sih.😀

  10. wah kyakna seru neh…………..

    neh tema buwat mkalah kuliah g aja ah……..

    yang pada jeplak mang ga 100% salah
    yang pada nonton juga ga 100% salah
    yang pada komentar juga 100% salah
    jadi ga ad yang 100% salah

    phetie mang paling bijaksana…..(cekekakkcekakakakaa………..)

    pembajakan ada di mana,, tp klo dah berhubungan dengn KEuntUngan…… wah itu mah g rasa loe semua ngerti……..krna hidup perlu duit.tp g rasa mereka yang ngebajak maruk banget sama duit.hehehehe

  11. Seharusnya yang dijiplak itu bangga, sudah ada suatu tanda penghargaan bagi barang buatan mereka….😀

  12. mnrt gw kt tu pst bsa mncptkan karya2 yg lbh baek lage,cz kt diberi otak, talenta, dan kemampuan untuk bisa lebih berkreatif lagi……..
    cuma kekurangan kita adalah tidak mau berusaha untuk terus menggali budaya yang ada.
    menurut saya, film indonesia akan lebih dihargai dan menarik jika menayangkan film2 yang ada unsur kebudayaan asli indonesia,mungkin itu akan lebih menarik…
    hal ini saya perkuat, karena semakin lama para generasi akan lupa budaya kita yang unik yang ada di indonesia,mereka menganggap budaya barat lebih menarik daripada budaya kita sendiri…..
    itu yang ingin saya ungkapkan….bagaimana???????
    karena rasa nasionalisme tidak selalu ditunjukkan dengan mengikuti upacara bendera setiap hari senin,tapi lebih bagaimana usaha kita untuk berusaha menjaga, nmelestarikan apa yang ada di indonesia,sehingga negara kita punya keunikan tersendiri…thankzzz

  13. Begitulah. Rasanya ironis sekali, ketika melihat di billboard – billboard berjejal film – film bertitel Inggris, kemampuan penggarapan film Indonesia masih pas – pasan.

  14. aku bangga dengan sinetron Indonesia bisa berkembang pesat di indonesia terutama artisnya banyak yang baru.

  15. Aku sangat tertarik dengan dunia akting terutama sinetron indonesia bagaimana caranya mau kontak dunia sinetron ,tolong bila pembaca setia sinetron ini kirim infonya thank you aku yang jauh di JERMAN.

  16. g’ kreatif banget!!!!!!!!!!!
    gak malu tu ma ceritanya asline yang super bagus
    Kalau di indonesia diulek-ulek buat ending sendiri
    dan g’ karu-karuan
    pesan : BANGUNLAH PERSINETRONAN INDONESIA
    JANGAN DITAYANG DI PRIMERY TIME
    JANGAN BODOHI KAUM TUA AMA SINETRON JIPLAKAN
    BANTU ANAK SEKOLAH BUAT BELAJAR

    OOOOOOO…………KKKKKKKKKKKKKKKKK……………EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE

  17. @ choirijatun

    Betul. Meski hanya beberapa nama dalam dunia persinetronan yang pantas untuk dihargai…😀

    @ BINTIKA MAYA

    Nyatanya, tidak semua sinteron itu jiplakan.😀

  18. tiap kali ada sinetron anyar nongol di tv swasta, satu yang gw pikir ‘ini njiplak asia drama yang mana ya?’

  19. Sinetron indonesia memang okey, pelakon semua nya cantik dan ganteng… cuma problemnya banyak kelemahan yang telah tertonjol, iaitu seperti kejadian kat hospital dan tempat polisi. Naikkan lah mertabat hospital dan polisi. Cth… drama kau masih kekasihku
    kenapa semudahnya Aulia yang hidup dikatakan meninggal…adakah ketika daftar di hospital, nama tidak direkod…jangan tonjolkan kelemahan hospital ketara bangat….

  20. hai…………………………….. can i join you all………………………..

  21. Tapi konkritnya sikap kita sebaiknya bagaimana ya ?
    soalnya saya juga sudah rada muak dengan sinetron kita tapi kok ya saya masih nonton kasih ……

    Apa ya yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki agar bisa memberikan kontribusi memperbaiki keadaan bangsa ini ?

  22. Baca juga nih :
    http://geowana.wordpress.com/2007/07/31/jangan-nonton-sinetron-indonesia-bahaya/

    Wah…. semakin banyak aja yang benci sinetron muraha. Ayo kita sebarluaskan hal positid ini kepada seluruh masyarakat indonesia !!!

    Mau tau bayaran Naysila Mirdad untuk 1 episode Cahaya ??? tak kurang dari 60 jeti bro !!!!!!!!!😯 😯

    Bayangkan seorang dosen perguruan tinggi yang pintar dan harus menuntut ilmu bertahun-tahun hingga S2 atau S3 saja gajinya tak lebih dari 3 juta…. Apaan ini ????

  23. hm..
    memprihatinkan yugh pmbajakan ide org..

    gliran buad movie layar lebar,, eh.. ngg bagus2 amat.. kalo ngg d angkat dr buku, pst critany jauhhhh beda bnget..

    pngutamaan keuntungan…

  24. plagiat…
    ya kita mungkin orang-orang krits yang memang bisanya cuma kritik…

    bilang orang sana plagiat.. bilang orang sini palgiat,…

    memang plagiat itu hal yang salah..
    tapi akan lebih baik kalo kita melakukan hal atau solusi konkrit buat masalah ini.. jangan cuma ngomong tok..
    contohnya.. bagaimana bisa menyaring artis muda berbakat sampe pelosok negri… kita aja tidak begitu suka ma yang namanya teater.. makanya artis2 itu cuma modal tampang…

    atau solusinya mungkin jangan kita tonton itu movie…
    beri tulisan dan kecaman ke pemerintah.. seharusnya ada lembaga yang mengurus layak tidak nya film itu ditanyangkan,. ada spesifikasi contoh pesan moral harus ada….

    masa ada film yang judulnya mengejar mas-mas…
    yek…

    buktikan dirimu bukan paliator…
    contohnya kalo tugas jangan nyontek…

    mungkin para pembuat film itu tukang nyontek pas di sekolahan jadinya kebawa terus pas udah kerja…

  25. sinetron indonesia bukan cm murahan tapi juga BASI deyh..!!
    aktingnya gg bgtu bgus pula.
    lyat deyh smua peran jahatnya.pasti smua matanya melotot,idung merecet pala goyang2.
    perasaan orng jahat gg gitu2 amat deyh. malah cnderung brsikap dingin.
    belum lg dampaknya ke anak2.
    di sinetorn indonesia rata2 memperlihatkan sisi jelek dr pada sisi baiknya.
    misal..
    org baik trlalu baik, mrk gg bisa mmbela diri.disuntrungin org mau ajj.
    peran antagonis sllu menampilkan adegan bentak2. sya ampe pusing lyt ponakn sya bentak2 org tua jg sm om-tantenya.
    lgian sinetron indonesia gg ada isinya.
    smua sm!!
    pacaran mulu.
    ponakan sya jrng bgt yng sk bca bku.
    mrk llbh seneng smsan dan pacaran.
    terlalu bnyk sisi negatifnya ya.
    lbh baik gg ush nnton sinetron.
    msi bnyk acra bagus di tipi.
    ayo maju prfileman indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: