Apakah Anda Layak untuk Bangga, Dengan Ilmu yang hanya Sedikit….?

Saya cukup tertarik dengan tulisan andri ini. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak suka diceramahi, tulisan tersebut tidaklah berguna untuk dilihat, namun bagi saya adalah ilmu. Maka dari itu saya tertarik untuk membahas sesuatu yang mungkin sudah mengakar di Indonesia ini. Apakah saya menyontek dari post tersebut…? Tidak, saya hanya mengangkat apa yang saya anggap benar. Mungkin agak sama (Mungkin), tapi kucoba untuk tidak.

~~~~~~

Tulisan yang memberi nilai lebih adalah sesuatu yang diidamkan para bloggers, apalagi kalau tulisan tersebut adalah tulisan yang cukup mengundang perhatian publik dan mendapat banyak komentar. Meski tak jarang post tersebut tak berisi atau tak bermakna sama sekali. Hoax. Ada juga post yang dibuat karena sesuatu yang ramai dibicarakan, entah tujuannya apa. Apakah benar – benar masalah tersebut, atau hanya merasa ‘simpati’ atau membutuhkan hit rating yang tinggi, sehingga anda membuat post pendek yang memuat hasil copy-paste sepanjang 20 baris. Terlihat banyak memang, tapi apakah itu hasil anda sendiri…?

OK, saya tidak menyalahkan anda atas hal tersebut. Dan saya lebih tertarik untuk kembali kepada kesuksesan yang telah anda buat dalam membuat post, sehingga anda menjadi terkenal. Tentulah anda membuat post tersebut dengan ilmu atau pengetahuan yang anda miliki. Mungkin juga contoh lain seperti anda yang baru saja menyelesaikan kode CSS yang teramat rumit sehingga anda sangat membusungkan dada anda. dan pada akhirnya, anda akan merasa yang paling hebat di muka bumi ini. “Inilah saya ! Lihatlah dunia ! Ini aku !”, lalu anda akan meremehkan orang lain yang tidak sejalur dengan anda, atau menganggap orang yang memiliki pengetahuan yang sama dengan anda, adalah musuh besar yang harus anda habisi, agar tidak ada yang menyaingi anda. Mungkin hal yang sama akan anda lakukan kepada orang yang lebih tua.

Lalu apakah dengan hal tersebut anda harus merasa bangga….?

Banggakah anda dengan ilmu anda yang tak berarti di mata Tuhan anda, atau eksistensi yang hanya berupa kebodohan dunia…?

Atau dengan hal yang paling kecil; sanggupkah anda mengalahkan orang yang lebih tua dan berpengalaman daripada anda….?

“Ibarat ilmu padi, makin bersisi makin merunduk.” Orang yang tua tentu saja jauh lebih berpengalaman daripada anda. Namun anda tahu apabila generasi dulu adalah generasi yang rendah hati. True style never shouts. Mereka lebih tidak banyak bicara dibanding generasi muda sekarang. Dan pasti mereka lebih suka mengalahkan anda dengan mulut tertutup. Karena pengalaman mengajarkan mereka untuk tetap berendah hati. Meskipun kita jauh lebih pintar daripada mereka, namun dari segi pengalaman, tentu kita kalah telak.

Kita memang patut untuk mencari ilmu sebanyak – banyaknya. Tapi kita tidak perlu sampai berbangga hati dengan apa yang kita capai. Karena di mata-Nya, ilmu kita tak ada artinya. Dan kita tidak diharamkan untuk belajar kepada yang lebih tua, justru dengan hal tersebut, komunikasi antara da generasi bisa lebih terjalin.

14 Tanggapan

  1. Bangga itu bisa memacu semangat orang lain, dan diri sendiri…

  2. Maksudnya bangga secara berlebihan, sampai meremehkan….😀

  3. Kayak…ada deh…(DB, inget wadehel wanna be?)

  4. “Di atas langit masih ada langit.”, yang sering diucapkan orang-orang.

    Tapi nyatanya? Mereka cuma bisa berucap, tapi kadang-kadang bisa berbagga diri juga dengan apa yang mereka lalukan dan menganggap orang lain tidak bisa seperti mereka.

    Contoh kecil saja, Sholat.
    Anggap saja kamu Shalat Malam. Setelah Shalat kamu berpikir, “Wah, hebat juga saya bisa Sholat Malam…”
    Menurut saya itu sebuah hal yang membanggakan diri sendiri di hadapan Sang Khalik.

  5. heh? wadehel wanabe? siapa tu?

    Btw, siapa sih yang bangga dengan copy paste?

    Trus trus, ini ceritanya sedang sebel sama siapa?

  6. @wadehel

    heh? wadehel wanabe? siapa tu?

    Ocehan anak muda sih. Jangan dipikirkan.😀

    Btw, siapa sih yang bangga dengan copy paste?

    Kalau komentar orang ditulis ulang ‘kan capek. Pada saat inilah saya bangga bisa copy dan paste.😀

    Trus trus, ini ceritanya sedang sebel sama siapa?

    Tidak ada sih. Sebenarnya hanya renungan bodoh saja.😀

  7. Ma malah pengen bisa bangga sama Ma sendiri,, *kurang pede nih,,*
    Kalo kita sadar ilmu masih dikit,, bakal lebih semangat belajar dan nyari tau,,🙂

  8. Karena ilmu yang dikuasai manusia memang pastinya sedikit… Tidak ada yang boleh bangga🙂

    Mari berlomba merendah…🙂

  9. Hehehe,, kalo bandingannya sama yang bukan manusia (maksudnya Allah apa bukan,,??),, jelas aja,,🙂

    Ma ikut lombanya!!!

  10. ilmu kalau dituliskan dengan tintanya adalah air laut, maka air laut pun akan mengering🙂

  11. @ Mr. Geddoe

    Aku ikut, deh.😀

    @ Rizma Adlia

    Hehehe…Tulisannya hanya untuk yang merasa terlalu bangga dengan dengan diri sendiri saja…

  12. Bukannya itu hobimu DB(ups, buka kartu…), terutama soal si **** atau… blog ini?

  13. hoi shiba

    cm satu kata yg bs gue blg:

    “Hanya org bodoh yg menyombongkan diri.”

  14. Tulisannya ngena banyak orang nieh😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: