Hoax

Saya tahu, hal ini tidaklah mainstream. Tidak satir seperti barangnya Wadehel, tidak brainstorming seperti barangnya Geddoe. Jadi, kalau tak suka. Janganlah dibaca.

————-

 lalalala.jpg

“Hoax…lagi – lagi…”

Yap, situs – situs besar pun bukan berarti bebas masalah. Khususnya masalah teknis. Namun jangan salah sangka, saya tidak membahas itu. Mari kita lihat dari sisi ‘magis’-nya.:mrgreen:

Hoax. Atau biasa disebut sebagai berita palsu. Acapkali mengganggu ketentraman dunia internet, khususnya yang sedang laku – lakunya. Adapun tujuan dari Hoax ini kebanyakan tidak jelas. Kurang lebih definisinya sama dengan SPAM. Dimana SPAM datang untuk beriklan, Hoax datang untuk menyebarkan berita palsu. Tidak bergunakah ? Tujuan utamanya (mungkin) hanyalah sebagai sarana rekreasi mata belaka.


Lalu seperti apakah hoax itu ?

Data yang saya temukan dari Blognya Xaliber ditambah pengetahuan saya selama berkelana di situs – situs ataupun messenger kurang lebih seperti ini :

  1. FW : // Please Forward this // Tolong di-forward // Sebarkan berita ini atau… 
    Ciri khas pertama dari Hoax adalah Embel – embel di atas. Ingatlah bahwa tidak semua label di atas berpotensi Hoax. Namun, sekiranya anda bisa membaca label terakhir yang saya paparkan di atas. Anda tahu kalimat ini ?

    “IF YOU DO NOT PASS this letter to anyone we will delete your account.”

    Ciri khas hoax adalah memaksa penggunanya melakukan sesuatu yang sekiranya tidak berguna dan menyebarkannya sesuai perintah.

  2. Berusaha membuat pembacanya bersimpati
    Saya kira inilah salah satu kebodohan yang paling sejati dari hoax. Dimana biasanya pembaca akan mendapat sebuah kabar memprihatinkan tentang seseorang, misalnya :

    Hi, my name is Amy Bruce. I am 7 years old, and I have severe lung cancer from second hand smoke. I also have a large tumor in my brain, from…….The Make A Wish Foundation, has agreed to donate 7 cents for very time this message is sent onPlease, if you are a kind person, send this on. Please hit the FORWARD button “NOT” the REPLY button.

    Sekilas anda akan mengira bahwa pesan tersebut adalah benar. Hmm…? Mari kita bermain logika sedikit. Apakah Friendster (Kebetulan saya mendapat message ini dari Friendster) mempunyai asosiasi dengan ‘The Make A Wish Foun-dation’..? Apabila ya, bagaimanakah Friendster memberitahukan mereka ‘berapa banyak message yang terforward setiap harinya’, sedangkan keadaan tidak mendukung ? (Dimana user yang bejubel pasti membuat sulit FS ?)

  3. Dengan serangkaian angka ajaib dan iming – iming yang indah
    Meski kebanyakan hoax tipe ini hanyalah sekedar trivia(Misalnya, untuk mengetahui berapa banyak forward message yang akan dikirim balik ke akun anda), namun diantara hoax tersebut ada pula serangkaian ‘hadiah’ yang bisa didapat apabila anda mem-forward message tersebut. Misalnya, tersebutlah message seperti, “…Forward-lah message ini kepada 20 orang teman anda, maka anda akan bertemu dengan pujaan hati anda…”
  4. Message tersebut bermain menjadi Tuhan
  5. Ya, saya tidak main – main. Bahkan Hoax pun sudah mempermainkan hal yang seperti ini. Contohnya ?

    ” Wahai KAROL WOLTYIN, ketahuilah AKU TERANG DUNIA, BARANGSIAPA MENGIKUTI AKU, IA TIDAK BERJALAN DALAM KEGELAPAN MELAINKAN
    TERANG DUNIA. Demikianlah pesan Tuhan
    Yesus Kristus Sang Penebus melalui mimpi saya (Sri Paus) oleh karena itu bagi siapa saja
    yang telah membaca surat wasiat ini, hendaknya menyalin atau meneruskan paling sedikit kepada 20 orang, lalu menyebarkannya kepada sanak saudara,
    handai taulan yang beriman. Mudah-mudahan
    Tuhan akan memberikan rezeki atau
    keberuntungan yang tak terduga dalam 2
    minggu….
    Di Venezuela, seorang direksi RISYA MISAVARO pada tahun 1983 mendapatkan uang sebesar 1 juta dollar karena memenangkanundian sebab menyuruh sekretarisnya menyalin dan mengirimkan surat wasiat ini kepada sahabat- sahabatnya.

    Anda percaya hal ini…? Apabila iya, maka anda sudah barang tentu anda menuhankan Message dan Hoax-nya. Saya tidak main – main, peruntungan ataupun kematian sekalipun tidak akan berubah. Sekalipun message tersebut bernada mengancam, apakah anda selayaknya percaya…?

  6. Penting !

Ya, anda tahu kata ini. Paling ideal dan selalu menghiasi hampir setiap Hoax yang anda terima atau anda lihat. Mungkin sama seperti nomor 1, namun dalam hal ini, sang pembaca cenderung akan men-forward message tersebut tanpa bertanya dua kali. Hal ini dikarenakan kata tersebut sehingga hati nurani pembaca cenderung tergerak untuk melakukan hal bodoh tersebut.

Apa saja site / tempat yang paling sering kena kibul ?

  1. Friendster, MySpace, Live Connector, dan sekumpulan situs monoton lainnya.
  2. Tahu situs – situs di atas, bukan ? Situs yang kerap dikerubuni anak muda dewasa ini ternyata selalu memiliki ‘masalah’ dengan hoax. Yap, saya kira bukanlah masalah bagi sang pemilik situs tersebut, namun ‘masalah’ yang membuat para user menjadi jengah dan malas membuka inbox.
    Dilema yang terus menggentayangi, saya rasa.:mrgreen:

  3. Yahoo! Messenger
  4. Saya baru tahu kalau Hoax juga sudah merambah dunia persilatan chatting. Dimana Hoax pertama yang saya dapat sudah berbulan – bulan lamanya. Isinya kurang lebih sama dengan apa yang terdapat di Friendster.

Baiklah. Sulit mengatakannya, tapi, artikel sudah selesai. Mau saya teror…? Pulang, pulang ! *Ditimpuk massa*:mrgreen:


Tautan lainnya :

1. Fw:

2. Jangan percaya “Pesan Berantai/Berita Palsu”

coretan-tangan.png

25 Tanggapan

  1. Ma benci kalo udah pake ngancem kalo ga di-forward ntar siapa-nya bakal meninggal gitu,,

    bukannya percaya, tapi kalo ga diturutin, kesannya kejem banget,, BT,,

  2. Lalalala…makanya saya cap Hoax sebagai ‘benda magis Al-terkutuk’.

  3. Hoax memang menyebalkan…😐

  4. Biasalah. Yang membuatnya juga manusia…😦

  5. senangnyah dilink🙂 makasihh ahahahaii *kabur*

  6. Walah, itu kebetulan saja bertegur-sapa dengan artikelmu.

    *Berdalih*

  7. Ahem… Ahem…

    Shan-in nggak pernah nge-FW Hoax…
    Buat apa coba..? Nambah dosa aja ngibulin orang…😆

  8. Ah, terkena pingback:mrgreen:
    Jarang-jarang blog saya dilink :p

    Hoax memang menganggu😐
    Terutama kalau menerima lebih dari dua pesan yang sama dalam 1 hari karena pesan itu sangat populer -_-a

  9. untung ga pernah ikutan friendster atau kawan-kawannya … jadi ga pernah dapet hoax kaya gitu …😀

  10. huaaaaa!!! miyu mo ngepost yg sama tp keduluan sensei!!!

  11. Nah lo,, DeBe,, Miyu nangis,,

    yah,, Ma ga boleh ngeFWin lagi ah,, (tapi masih suka takut ama ancemannya,,)

  12. iya tuh. paling sebel kalo masih nerima forward hoax kayak gitu. biasanya sih saya bales ke yang ngirim dengan bilang “it’s a hoax. please stop sending this silly message”. dan akhirnya pesan dari saya diforward lagi ke temen-temennya. d’oh! kayak ga ada kerjaan aja = =!

  13. betul, hoax ini emang sering ada. kadang2, jenis yg lebih masuk dlm hoaxpun masuk kedalam email. (yg pake @yahoo.com biasanya lebih bnyk terkena). Ga` bisa tertangkis anti spam, sebab mereka kadang2 spt pengirim email biasa, atau mungkin juga dibuat secara manual. (??)

  14. tempat hoax ya recycle bin!

  15. @Ma: meskipun seram jgn percaya lah

    sensei, liat bagian miyu ya?

  16. yang herannya, beberapa anak muda dengan predikat sarjana masih saja terus2an mengirimi msg hoax ke inbox fs saya…
    jadi sangsi dengan gelar mereka…

  17. iya ngebetin bgt tuh kalo udh dpt message “hoex” *suara muntah*
    d inbox fs saya,,
    soalnya udh seneng2 dpt message,eh trnyt ga penting bgtu…
    aplg yg bw2 cursed..kesannya ky beneran..
    awal2 sih msh kepikiran..tp lama2 cuekin ajahh…
    btw, slm kenal yahh…🙂

  18. @ Shan-In Lee
    Jadi kalau sudah banyak dosa, tidak apa – apa..?
    *Dihajar. Puas, puas !* :mrgeen:

    @ Xaliber
    Padahal site – site yang terkenal macam Friendster bisa menggunakan benda seperti Akismet untuk menangkal benda seperti itu (Toh, masih sesaudara dengan SPAM, kan…?)
    Ah, tapi kalau tidak memiliki ciri – ciri yang signifikan (seperti mempunyai link yang banyak dalam satu message), Hoax tidak bisa ditangkis…😦
    @ jurig
    Mari kita bawa virus Hoax kedalam dunia blogging.:mrgreen:
    @ Uchiha Miyu
    Lalalalalaaa….:mrgreen:
    —–
    Sudah dilihat, ditambah komentar.
    @ Rizma Adlia
    Kalau buat Miyu nangis, hadiahnya apa…?
    *Dibakar*
    Lha, yang palsu saja ditanggap.😐
    @ cK
    Jadi mem-forward message sudah menjadi hobi tersendiri, ya…?
    @ telmark
    Hoax jarang dihajar SpamGuard / Akismet karena jarang memakai link. Makanya sulit.
    Saya juga pernah tertipu.
    @ peyek
    Salah. Shift+Delete, Pak.😀
    @ joesatch
    masuk kedalam gelar KTP itu….😀

  19. Ah I hate hate hate spammer..sumpah tiap kali buka YM ada aja yang ngirim2 mesej forward-an ..kampretinah lah..udah gw kasi tau juga tuh temen gw yang ngirim tuh spam..dia malah jawab “iya udah tau koq klo itu spam..tapi kan siapa tau bener”..hellooo..otaknya di pake gak sieh nie orang..mana ada cobak SPAM yang serius? agak ble’e mungkin tu orang~ klo pun emang gak percaya kan dosa tuh..bikin orang lain sebel nerima mesej2 bginian… heheh

    oia ada lagi yang ngirim2 mesej isinya renungan2 rohani dsb..sama aja bikin gw dongkol..tapi bingung mo negur di PM isinya apa heheh..soalnya isinya gak salah gitu~

  20. @ 9racehime

    Sifat Hoax itu….

    Malah sejak awal saya sudah mengacuhkannya.

    Salam kenal juga.🙂

    @ chielicious

    Kalau Message renungan biasanya apa adanya dan menunjukkan kebenaran. Malah jauh lebih berderajat daripada Hoax dan SPAM.

  21. Jangan lupa, media hoax terbesar… SMS…. yah di Indo sih…

  22. SMS…?

    Ketik REG Spasi…

    Oh, ini SPAM.

    Selamat, anda memenangkan mobil…

    Nah, ini sepertinya masuk hoax juga.

  23. Pernah tuh….

    Berhubung di PDA jadi no. pengirimnya keluar… jadi gw bales:

    Nipu lu Ber*k!!!!

  24. Penipu kok ditanggapi…?😐

  25. mas, ulasan hoaxnya bagus banget
    boleh ga saya forward ke milis saya, soalnya banyak anggotanya yang ga ngerti hoax
    akan saya sertakan juga link ke blog ini

    terima kasih banyak

Tinggalkan Balasan

