Untuk siapakah Blog itu…?

Mungkin karena kejadian copy-paste kemarin, banyak orang yang sadar betapa tidak etisnya asal comot sesuatu yang tidak besertakan sumber. Dengan alasan tersebut saya berniat untuk menambahkan beberapa informasi lagi, mengenai para blogger-wannabe yang hendak membuat blog.

Catatan : jangan terlalu diambil hati. Hanya sesuatu yang mungkin dapat anda jadikan renungan. Lagi, tidak ada unsur pemaksaan di sini.

Untuk siapa blog diperuntukkan…?

Blogger, tentunya.

Yak, sangat jelas. Dunia blog memang khusus diciptakan untuk para komunitas blogger di seluruh titik di dunia. Tapi, siapa – siapa saja yang mampu dan siap untuk menjadi blogger…?

1. Orang yang tahan dengan ejekan dan tawaan orang lain.

Mungkin syarat pertama. Misalnya anda membuat suatu artikel. Ah, jangan….Misalkan anda membuat jurnal harian di blog anda. Lalu ada seorang blogwalker yang menganggap sesuatu di dalam post tersebut lucu atau apalah, dan mengungkapkannya di dalam kolom komentar. Di sini, baik komentar tersebut kelewat bau dan tak bermutu ataupun tidak, anda dilatih untuk dapat mengendalikan diri anda. Apabila anda tidak mampu untuk melakukan hal tersebut, dikhawatirkan apabila anda akan kesulitan untuk menghadapi setiap tindak – tanduk para komentator yang melenceng dari tata krama dan etika. Apalagi kalau karakter anda adalah orang yang emosian, mudah marah, gampang meledak. Wah….bahaya.

2. Orang yang tahan dengan kritik dan hujatan

Siapa saja yang mengkritik, mungkin juga termasuk orang yang berstatus sebagai anonim sehingga bebas menghujat dan mencaci maki blog anda (Dan bodohnya : Mereka tidak tahu kalau IP mereka bisa dilihat.), bisakah anda tahan…? Bisa juga anda berpikir dengan cara giko. Tapi kalau itu kelewat sulit, anda kaji ulang komentar dia, siapa tahu diantara kata – kata yang ‘bau’ itu terselip satu kata yang membuat anda sadar bahwa blog anda masih sangat jauh dari kesempurnaan, dan membuat anda yakin untuk mengimprovisasikan blog anda untuk kedepannya.

Tapi janganlah berpikir apabila dengan menutup fitur komentar permasalahan anda akan selesai. Itu malah akan dicap sebagai tindakan pengecut oleh blogger lain. Apalagi, mereka – mereka itu bisa post tentang kekurangan dan kejelekan blog anda di dalam blog mereka sendiri. Tindakan menutup komentar seperti itu saya rasa adalah tindakan bunuh diri. Maka dari itu, persiapkan diri anda sebagai seseorang yang mampu menahan dan menerima setiap komentar dan kritikan pedas dari orang – orang.

Tentu akan menjadi sebuah keuntungan yang besar apabila anda dapat kritik dari orang lain, berarti orang tersebut adalah seorang pengagum blog anda, dan sangat berharap apabila anda dapat membuat blog anda jauh lebih baik dalam beberapa waktu kedepan. Anda bisa belajar banyak dari orang itu, berguru sekalian. Intinya ? Tidak perlu takut dengan kritik.

Kata wadehel :

Siapa tahu dia memang kelewat hebat, anda harus berterimakasih karena sudah menemukan satu lagi RSS yang wajib sedot. Anda bisa berguru padanya, belajar darinya. Tak semua murid bisa beruntung mendapat teguran personal dari sang Guru, lho. 

Yah, siapa tahu QUOTE ini bisa memberikan motivasi bagi anda.

3. Orang waras dan rendah hati

“Jadi maksudnya orang gila tidak boleh nge-blog…!?” Hohoho, sabar. Tentulah maksud saya tidak se-eksplisit itu. Pernahkah anda melihat blog yang tidak didasari dengan rasa ketidakwarasan…? Misalnya ini. Blog tidak dibuat untuk menghujat suatu pihak, sehingga jelas apabila blog tersebut haruslah dibangun oleh rasa tanggung jawab dan keberesan otak.

Ah, ya.  Blog bukanlah dibuat untuk mereka – mereka yang sombong / arogan / ego ketinggian.

Bagi anda yang mencoba untuk memamerkan kemampuan anda dan merendahkan blog – blog lain, saya kira tempat ini tidaklah cocok untuk anda. Ingatlah bahwa-sannya ada orang lain yang jauh lebih hebat daripada anda.

4. Orang yang tidak asal copy-paste

Blogger yang hebat adalah blogger yang meminta izin kepada blogger lain apabila mereka ingin mencantumkan beberapa patah kata dari blog tersebut (Minta izin ? Bisa lewat trackback balik, atau sekedar mencantumkan tautan di bawah post), saya tidak melarang aksi copy-paste, sekali lagi. Namun bukankah lebih baik apabila anda mau memberikan sepatah – dua patah kata yang menjelaskan bahwa anda mengambil tulisan ini dari tempat bernama bla-bla-bla, atau sebagainya. Akan lebih bagus lagi apabila anda mengolah kembali kata yang anda terima tersebut sehingga lebih menarik untuk dilihat, dan lebih berderajat ketimbang copy-paste murni. Tentulah dengan sumber yang sebaiknya dicantumkan.

5. Orang yang punya niat dan (sebaiknya) waktu untuk blogging 

Niat benar – benar sangat dibutuhkan di sini. Daripada anda membuat blog dengan suatu fakta apabila anda tidak bisa mengurusnya dengan baik, akan lebih baik apabila anda, sejak awal, tidak membuat blog tersebut. Lalu, waktu sekiranya harus menjadi prioritas pertama, atau kedua, bagi anda yang berniat blogging , apabila anda tidak memiliki waktu yang banyak, dikhawatirkan komentator yang menyarangkan komentarnya di post anda akan terbengkalai dan tidak terjawab sampai waktu yang lama.

——————

Ah, ya. Patokan di atas tidaklah harus dijadikan sebagai patokan yang primer. Siapa tahu anda adalah seorang yang pintar, hanya perlu pembenahan emosi, sehingga blog pun bisa menjadi media yang pas untuk anda. Nomor – nomor di atas tentulah bukan suatu pembatas bagi anda untuk men-jadi seorang blogger terkemuka. Selamat menulis !

F.N. : Ah, ya. Blog sebaiknya tidak diisi dengan kejadian – kejadian yang kelewat pribadi (Seperti masalah keluarga), ingat bahwa orang lain juga membaca blog anda. Apabila orang lain mengetahuinya, dikhawatirkan apabila aib tersebut akan menyebar di seantero dunia maya. (Serius)

——————

Tautan lainnya :

1. 2.1 Menulis Kata Melumat Takut 

coretan-tangan.png

45 Tanggapan

  1. Pleasee!!

    Pertamax!!

  2. Yah, siapa tahu QUOTE ini bisa memberikan motivasi bagi anda.3. Orang waras dan rendah hati

    “Jadi maksudnya orang gila tidak boleh nge-blog…!?” Hohoho, sabar. Tentulah maksud saya tidak se-eksplisit itu. Pernahkah anda melihat blog yang tidak didasari dengan rasa ketidakwarasan…? Misalnya ini. Blog tidak dibuat untuk menghujat suatu pihak, sehingga jelas apabila blog tersebut haruslah dibangun oleh rasa tanggung jawab dan keberesan otak.

    Ah, ya. Blog bukanlah dibuat untuk mereka – mereka yang sombong / arogan / ego ketinggian.

    Bagi anda yang mencoba untuk memamerkan kemampuan anda dan merendahkan blog – blog lain, saya kira tempat ini tidaklah cocok untuk anda. Ingatlah bahwa-sannya ada orang lain yang jauh lebih hebat daripada anda.

    Iyo?

    May….™

    Wah… memang sih… karena kalau ga sabaran bisa jadi korban kekejaman akismet….

  3. Oke! Ma akan berusaha biar bisa kaya gitu!

  4. @ Rizma Adlia

    Heh…?

    ——–

    Silakan mencoba.:mrgreen:

    @ Tendou-Soji

    Iyo?

    Bukan aku yang bilang ya….

  5. Banyak orang yang “jujur” dalam blogging dan blognya sepi…

  6. Blogwalking, dong. Sepi ‘kan faktornya bukan dari situ…

  7. cuma ambil topik doang…

    Lagipula pernah liat blog yang kalimatnya “trashbag”

  8. kalo ngasi keterangan dan link ke yang bersangkutan gpp kan:mrgreen:

  9. ‘Kan sudah dijelaskan di topik itu….😐

  10. F.N. : Ah, ya. Blog sebaiknya tidak diisi dengan kejadian – kejadian yang kelewat pribadi (Seperti masalah keluarga), ingat bahwa orang lain juga membaca blog anda. Apabila orang lain mengetahuinya, dikhawatirkan apabila aib tersebut akan menyebar di seantero dunia maya. (Serius)

    Blog-nya di-setting “private”, bro.🙂

  11. Kenapa tidak menulis di Buku Harian saja…?

    Alasan : Capek.

  12. siapa yang perduli blog sepi atau tidak….
    daripada kepikiran terus dan nanti jadi MPD.

  13. “Ah, ya. Blog bukanlah dibuat untuk mereka – mereka yang sombong / arogan / ego ketinggian.”

    wew…super narsis…

    “4. Orang yang tidak asal copy-paste

    Blogger yang hebat adalah blogger yang meminta izin kepada blogger lain apabila mereka ingin mencantumkan beberapa patah kata dari blog tersebut (Minta izin ? Bisa lewat trackback balik, atau sekedar mencantumkan tautan di bawah post), saya tidak melarang aksi copy-paste, sekali lagi. Namun bukankah lebih baik apabila anda mau memberikan sepatah – dua patah kata yang menjelaskan bahwa anda mengambil tulisan ini dari tempat bernama bla-bla-bla, atau sebagainya. Akan lebih bagus lagi apabila anda mengolah kembali kata yang anda terima tersebut sehingga lebih menarik untuk dilihat, dan lebih berderajat ketimbang copy-paste murni. Tentulah dengan sumber yang sebaiknya dicantumkan.”

    kalau misalnya ngepost tp ga tau udh di post lg oleh org lain gmn? kyk Miyu -____-;a

  14. so, how to survive?

  15. ada yang penah di marahi orang gara-gara komentar…? sayalah orangnya…! wah…. edun tenan..!

  16. Heheh tapi sayangnya masi banyak aja orang yang asal ngeblog .. harusnya emang ada aturan dan etika resmi dalam nge-blog yah..

  17. just another my perspective :
    blog salin tempel, salah kah?

    lam kenal!

  18. […] Maaf ya kalau selama ini saya sering ketinggian ego. Maaf banget. Sebisa mungkin perubahan ke kejelekan akan saya minimalisir […]

  19. 4. Orang yang tidak asal copy-paste

    Blogger yang hebat adalah blogger yang meminta izin kepada blogger lain apabila mereka ingin mencantumkan beberapa patah kata dari blog tersebut (Minta izin ? Bisa lewat trackback balik, atau sekedar mencantumkan tautan di bawah post), saya tidak melarang aksi copy-paste, sekali lagi.

    Hoho, kalau copy paste tanpa memberi tautan atau dijelaskan dengan bahasa sendiri nanti justru bingung sendiri kalau diajak diskusi🙂
    *jadi ingat presentasi kelas yang diambil langsung dari Wikipedia😆 Korban penyerangan pertanyaan bertubi-tubi*

  20. @ kunderemp an-narkaulipsiy

    Makanya ada fungsi ‘private’, Pak.🙂

    @ Uchiha Miyu

    Lha, itu ‘kan jelas beda dengan kupipes….😐

    @ peyek

    Stated above, maybe.😀

    @ walahwalah

    Perlukah pembenahan dalam berkomentar…?😀

    @ chielicious

    Sulit. Masalahnya blogging adalah kebebasan berpendapat, sehingga tidak bisa dikekang oleh peraturan.

    Kecuali aturan tak tertulis, mungkin. (Adat Istiadat)

    @ tukang ketik

    Hohohoho, another perspective. Well then…?:mrgreen:

    @ Xaliber

    Salah satu kekurangan copy-paste adalah tidak bisa memahami dengan benar isi artikel tersebut.

  21. I’d rather place the criteria above for a good guy, rather than a blogger.

    The blogosphere is a free place; everyone has the right to blog. Spammers don’t count.

    Whether you’re a grammy award-winning or a wandering street artist, a presidential candidate or a student, a revolutionist or just some spoiled brat, you have the right to blog. However you use that blog is up to you.

    I do agree though, that everyone must respect copyright.

    A uniform utopia of the same kind of people would be totally boring. A blogosphere like so would be too. So what if a blogger’s a spoiled brat. An melancholic emo fan. Or just some politician that wishes good image.

    You hate them or you like them, it’s up to you.

  22. Am I willing to force everybody who read this thingy…?

    If the blog-o-sphere is free, there’ll be lots of plagiarism, or the copyright abuser.

    A uniform utopia of the same kind of people would be totally boring.

    And blog are designed to attack the badass in the whole world. Not only the blog-o-sphere. So, for me, it’s a totally great idea. Do you know Wahaby ? Who are representated the geocentry theory…? They think that earth is the center of the all planet, include the sun. And you think that’s the one you like…? For me, it’s not. So, after the case, I made this article.

    And I think It’ll will be a tough work I should done, with my comrades.

  23. …. Turns to such a serious one it is…

    Am I willing to force everybody who read this thingy…?

    If the blog-o-sphere is free, there’ll be lots of plagiarism, or the copyright abuser.

    It’s free to read but:

    obachan ga te itta: You can immitate the other, as if it’s to identify yourself

    That’s what you call as identification in sociology…

    Plagiarism is something different… it’s a piracy…. and copy-paste is worse…

  24. WWah bukan buat saya donk…. (kan Count of Madness alias tidak waras)

  25. @ Tendou-Soji

    Theory….?

    @ Count of Madness
    Ya, pergi sana, pergi.:mrgreen:

  26. Ngeblog itu repot ya?😀

  27. wadaw..
    ndak sekalian dibikin undang undang syarat uji kelayakan blogger?
    hehe..

  28. gak penting….dan belum ada atuaran gebloh
    lebih penting bagaimana…belajar menulis …yang baik tidak asal tulis seperti punya simbah he he

  29. Pas nge-klik “ini” pada point 3 diatas jadi bingung yg kurang waras tuh saya apah yg punya blog yah?

  30. @ Herman Saksono

    Tergantung perspektifnya, Pak.😀

    @ -tikabanget-

    Pasti nantinya banyak yang protes, mbak.:mrgreen:

    @ gessh

    Bisa dijawab oleh anda sendiri.😆

  31. That brat seemed to interrupt isn’t it?

  32. oh ya… comment km baru aq baca tadi.. yg di skyrock! sorry ya…
    aq pulang waktu itu dijemput da sama ortu aq … jadi naek mobil de,,, knapa?

  33. oh y… comment km nru aq baca tadi.. maap y.. yg di skyrock tea!!
    oh,, waktu itu aq dijemput sama ortu aq,, jadi naek mobil de… knapa?

  34. Ah, bahasnya jangan disini. Lewat Guest Room.😀

  35. satu lagi syarat:

    orang yang tahan thd pertamax

    *giggles*

  36. F.N. : Ah, ya. Blog sebaiknya tidak diisi dengan kejadian – kejadian yang kelewat pribadi (Seperti masalah keluarga)

    definisi kelewat pribadi itu beda beda DeBe,, ada yang malah nama asli aja dianggep pribadi banget,,😛

    *ngelirik seseorang*

    ada lagi yang masalah keluarga jugaga terlalu pribadi,, (tapi tetep ada yang pribadinya,,)

    *langsung ngaca*

  37. *Siul – siul*

    Kalau terlalu jujur, masuk tindakan bunuh diri.😐

  38. sy menulis blog karena:

    1. suka nulis
    2. Ingn berbagi pengalaman dan belajar
    3. banyak temen
    4. saling menasihati
    5. panas ma temen
    6. dll

    jangan terlalu menulis yang pribadi?

    *obrak abrik arsip tulisan di blog sendiri

    ada ga ya?…

  39. waahh.. masalah pribadi sbaikny jangan dpublish ya?
    waduh, selama ini gw kl nulis kebanyakan justru dr pengalaman pribadi..
    dari yg muley stres, seneng, dongkol, lope²an jg dr situ inspirasiny gw ngeblog..
    apa perlu drubah yak..

  40. @ mina dan galz

    Hohoho, sebenarnya terserah kalian saja. Tapi kalau masalah pribadi kalian sampai digunjingkan, kan bahaya.🙂

  41. Blog untuk: yang minimal ngerti internet.

  42. Ciri – ciri yang mengerti internet itu seperti apa, Kang ?

  43. cash in advance loan cash advance loan no fax

    A lot free samsung x427 ringtones download hindi ringtones

  44. advance cash faxless loan

    Vicino casino sanremo online giochi video poker

  45. info polyphonic remember ringtones info polyphonic remember ringtones sagem info mobile polyphonic remember ringtones

    Although free nextel real ringtones free nokia mp3 ringtones

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: