Jangan berharap membuat semua orang senang.

Kau coba menenangkan semuanya
Peluh keringat tak terhiraukan
Aku minta damai, kau minta perang
Kucoba melerai, kau bilang itu kampungan

Satu-dua senang, tiga-empat terpaku
Aku minta semua senang. Sulit, katamu
Mencoba membela kebenaran, fahamku
Kau katakan lantang, “Ini bukan duniamu.”

Kau bilang aku hanya bisa bicara ?
Kau bilang aku haus perhatian belaka ?
Sekali – kali tidak, kawan
Kucoba membuat senang semua orang

Seakan tak berdosa, kau melontarkan pertanyaan yang berbeda
“Memang engkau bisa membuat semua orang senang ?”
“Memang kau mampu mendiamkan dengan ucapan semata ?”
“Memang tak sulit menghancurkan kemurkaan orang ?”

Mampus aku, dihajar bulat – bulat.
Tak bergunakah aku ?
Pencari perhatiankah aku ?
Gilakah aku ?

~Java Street, Bandung, 2 Juni 2007

“Berniat kalian jadi pahlawan ? Mau apa ? Mencoba membuat semua orang senang ? Mau coba apa, kamu ? Bagaimana caranya ? Kau pikir dirimu mampu untuk membuat hal semustahil itu ?

Ingat – ingatlah, kawan. Sehebat – hebatnya orang menumpas kejahatan, diantara mereka masih ada penjahat yang tidak menyukai perbuatan tersebut. Kau gila, kataku. Aku berani bertaruh kau tak mampu ! Bahkan dengan pertengkaran kecil sekalipun. Antara muka dengan muka. Antara jiwa dan jiwa. Antara sel darah putih dengan bakteri jahat. Mampukah kamu ? Mampukah ? Mampukah ?

Beritahu aku bila kamu mampu, kawan. Dengan senang hati aku akan menginstrospeksi diri. Meminta doa agar hal tersebut terulang lagi.”

———————–

Terkait dengan kematian w a d e h e l, mungkin. Diantara segelintir orang yang mengetahui kebenaran yang ‘pahit / menyenangkan’ ini, ada pula yang terlihat senang dengan berita tersebut. Dan tentu saja ada yang sedih. Namun, bisakah kalian, para pembaca, membuat semuanya kembali ceria ? Ya, semua. Termasuk yang sudah senang sejak awal. Bisakah…?

coretan-tangan.png

24 Tanggapan

  1. m a n t a f *sambil ngelus-ngelus jenggot*

  2. bgs…tapi…

    ini sengaja atau apa? rhyme yang pas cuma ada di 2 stanza, rhyme tipe petrarchan (abab) tapi yg lain…

    AAH!!! jgn hiraukan miyu!!! miyu selalu gini kalau lihat puisi pdhl miyu sendiri payah!!!! T_T

    *ehem* anyways…

    ini puisi yg lumayan mendalam lho😀

  3. wah puisinya perlu dicerna dulu.. tulisannya kreatif!

  4. Gaya berpuisi Yus-sensei ditambah gaya bercerita A.A. Navis.🙂

  5. “pertanyaan” yg bagus … mampukah ?

  6. Eh keren euyy puisinya ini kamu yg buat DB? Euleeh calon anak hebat…berlatih terus yaa…

    btw..btw…bikin semua orang senang mah mustahil, udah capek malah banyak yang sirik…meding bikin kita senang saja…itu lebih mudah… abis itu tularkan kesenangan, klo ga mau ya sudah…it’s not ur problem anymore😉

  7. kata bagus “Pencari Perhatian”

    nggak dimana-mana sepertinya kita memang pengen diakui keberadaan kita!

  8. bukannya banyak juga yg pura2 menyenangkan orang lain padahal tidak mengerti apa2….

  9. @peyek dan passya

    He he he he he…..

  10. Namun, bisakah kalian, para pembaca, membuat semuanya kembali ceria ? Ya, semua. Termasuk yang sudah senang sejak awal. Bisakah…?

    Katanya Subaru sih nggak bisa…🙄

    Ps:

    Segala sesuatu bisa jadi menggembirakan tergantung dari sudut mana si pengamat memandang.:mrgreen:

  11. Walah, komen saya ketelen akismet. Tolong bebasin dong, thx. ^^;;

  12. nice poem.

    good question, mampukah kita?

    I think, no, we can’t. But we can try to make at least some of them happy.

    What matters is not the result, but how we achieve it.

  13. Duh pengen deh bisa bikin puisi -_-

  14. @ Semua

    Kemarin saya kerasukan salah satu arwah di bawah ini :

    1. omaigat
    2. pramur
    3. Geddoe
    4. Don Al-Duck (?)

    @ Uchiha Miyu

    Itu memang sengaja kok.😀

    @ Master Li

    Saya kira P.M. Toh.😀

    @ Bu Evy

    Iya aku yang buat.:mrgreen:

  15. puisinya keyeeeeeen..😄
    keyeeeeeeeeeeeeeen😄
    sekali lagi, keyeeeeeeeeen😄

    tapi kalao ada pertanyaan “bisakah kita membuat semua orang merasa senang?”. Jawabannya pasti tidak. karena kita manusia. pasti ada saja yang tak senang dengan kita.

    tapi meskipun begitu, berusaha dalam diri untuk selalu bisa menyenangkan orang lain, itu hal yang mulia. Saya juga ingin agar semua orang bisa senang dan baik -baik saja, walau belum bisa terlaksana. Yang terpenting kita berusaha saja, dan berbuat sebaik -baiknya. iya kan?

  16. Ma’kasih.🙂

    Mungkin itulah tujuan yang tak bisa dicapai dunia, teh.

  17. keren deh…:)

  18. Apanya yang keren…?

  19. Ada + ada –

    Kalo orang suka + dan lu +, orang yang suka – ga senang, begitu juga sebaliknya.

  20. ……..Membingungkan.

  21. Ralat:
    Ingat fungsi logika p-q-r-s dengan tabel kebenaran dan fungsi biimplikasi

  22. iya…. apanya yg keren yah??? aku juga lupa… koq sampe ngoment keren …🙂

Tinggalkan Balasan

