Apalah arti sebuah perayaan hari kelahiran

Tak perduli apa yang dikatakan orang, saya bukanlah orang yang terlalu perhatian dengan Birthday. Sama seperti ketika saya tidak kaget ketika diberi segepok uang.

Saya hanya bertepuk tangan kecil, dan mengucapkan doa, itu saja. Mungkin juga saya sempat request kepada orang tua saya apabila, “Selama ini saya membutuhkan barang ini, apabila tidak keberatan…”, tetapi menurut saya, bukanlah sesuatu yang perlu apabila dengan berulang tahun, maka saya diwajibkan untuk traktiran bersama teman – teman (Selain karena saya yang tidak sekaya orang lain, saya belum siap untuk membuang – buang pengeluaran yang sulit ditebus)

1. Apalagi kalau dengan berulang tahun, kita harus menahan sakit di daerah muka karena ditampar habis – habisan oleh semua teman yang mengenal kita.

Maka dari itu saya ketakutan dan lebih suka menyembunyikan ‘nomor’ ulang tahun saya sebagai ‘anonim. Mengapa juga, karena ulang tahun maka resiko kita untuk tewas semakin tinggi ? Hanya gara – gara ‘digaplok’ oleh teman sebaya lantas otak kita dari kurang respon dan akhirnya disconnected ?

2. Apalagi kalau dengan berulang tahun, maka kita hanya terbuai oleh pesta dan hura – hura duniawi.

OK, saya bukannya sealim yang anda kira, tapi saya bukan orang yang bengal. Saya tidak suka dengan pesta macam begituan. Gila.

Saya teringat dengan suatu hipotesis yang saya buat kemarin. Terkadang saya adalah tuan yang suka menebak – nebak, diantaranya adalah saya sering menebak, “Mungkin beberapa detik lagi saya akan berpulang dari dunia dunia ini, dan saya berharap itu tidak terjadi.” Namun, ketika Tuhan mengabulkan permintaan saya, saya selalu lupa akan ucapan syukur kepada-Nya. Bagaimana tidak..? Saya malah sendiri senyum – senyum sendiri seraya berkata, beruntunglah hal ini tidak terjadi.

Mengapa saya mengatakan hal tersebut ? Dikarenakan bahwa kita selalu lupa ketika diberi oleh suatu nikmat-Nya yang besar, maka hari kelahiran adalah suatu hari dimana kita bisa ‘dipaksa’ untuk mengingat kembali apa yang sudah Tuhan kita berikan. Momen seperti itulah yang tersirat di balik hari kelahiran dan selayaknya kita temukan.

3.  Apalagi kalau dengan berulang tahun, maka kita dengan semena – mena meminta sesuatu yang kelewat mahal dan tidak diperlukan.

Heh, bukan berarti bahwa saya meminta hal begituan di awal paragraf tadi. Setidaknya, saya mencoba memberikan suatu kontribusi sehingga orang tua saya tidak terlalu berat di pengeluaran.

Saya selalu berandai apabila saya nanti bisa membeli apa yang saya inginkan dengan uang hasil peluh dan keringat saya, sehingga tidak harus menunggu momen seperti ini datang. OK, beruntung bahwa saya sudah diwariskan sebuah motor sehingga saya tidak perlu meminta balik. Bahwasannya saya sangat takut apabila orang tua saya tidak mampu membelikan kendaraan tersebut untuk saya.

(Hohohoho…saya bukanlah seorang ahli motor. Tapi banyak yang ‘beredar’ di sekolah saya. Dengan seenaknya mereka tambahkan sebuah tangki ‘Nitros Oxide’ di dalam motor mereka. kalau rusak, yang menderita ‘kan orang tua lagi ?)

4. Apalagi kalau dengan berulang tahun, maka kita lupa kalau umur kita itu berkurang, bukan bertambah.

Masih ingat ? Ulang tahun adalah gerbang yang cukup dekat dengan penuaan. Beberapa tahun lagi mungkin kita tidak sekuat seka-rang. Mungkin kita tidak sanggup lagi pergi ke disco sambil melihat orang yang striptease (Hayo ngaku, siapa yang pernah ?), mungkin kita tidak bisa berduaan lagi bersama pacar di tempat sepi. Dan banyak lagi. Saya sangat yakin, masa itu pasti akan datang, dan saya lebih yakin bahwa ulang tahun, atau hari kelahiran, adalah momen yang tepat untuk sebentar merenung untuk hal tersebut.

 ——–

OK, demikian hasil perenungan saya hari ini, hari menjelang hari kelahiran saya. Ya, kaget kalau saya berulang tahun ? Kalau tidak kaget, baguslah. Silakan tebak kapan hari ulang tahun, karena jelas – jelas itu tidaklah berguna; sudah saya jelaskan bulat – bulat di PRS. Misalnya ada yang mau menampar saya (seperti orang macam Teh Mina, Geddoe, Ma, atau Li) saya sarankan jangan ! tampar saja saya via komentar atau digital (seperti Ye-Em). Terima kasih.😀

 coretan-tangan.png

43 Tanggapan

  1. happy birthday to you…happy birthday dear Debeee…happy bithday to youuu… ntar kutraktir ya klo ketemu…. gaya amerika yg nraktir temennya heheheh

  2. hore birthday … selamat – selamat …😀

  3. Kebetulan… papi saya berulang tahun saat entry ini dirilis.

    Rilis sekarang? Bukannya anda berultah 10 Juni?
    *nggak merhatiin peringatan paling bawah*

  4. lho, kadang milad itu bisa memberikan suatu momen yang tepat untuk menyatakan rasa!! soalnya orang indonesia kan suka sungkan dalam menyatakan rasa.
    *OOT gini, yang diomongin kan masalah perayaannya, bukan eksistensi dari milad itu sendiri*

    eniwei, salam kenal.
    wassalamu ‘alaikum.

  5. *tampar-tampar*
    *tampar-tampar*
    *tampar-tampar*
    *tampar-tampar*
    *tampar-tampar*
    *tampar-tampar*
    😆

    Selamat ultah, semoga anda berumur panjang😛

  6. met ultah sensei, maaf telat😀

  7. eh, kok di fs ultahx ditulis tgl 10? O.o

  8. @ Semua

    Klik link ke PRS ya….nanti ketahuan ada yang salah dari komentarnya..:mrgreen:

  9. wakakaka…. mana sini motormu…. saya masukin tahu gejrot di tengki bensinnya biar puas….

    BTW, Met Ultah…… Gak biasa gw main tampar… paling gw semprot diet coke….hehehe

  10. Sudahlah. daripada begitu, cucikan saja motor saya.😀

  11. Selamat Ultah, Selamat Selamat Sekali Lagi Selamat

  12. Hi3 buat gw juga..merayakan ultah bukan suatu hal yang urgent ..karena sesuatu yang di -rayakan itu kan harusnya sesuatu yang menggembirakan..contohnya..baru dapet rejeki.. ato kelulusan..klo saya ulang tahun? bah..boro2 ngerasa seneng…inget aja enggak klo lagi ultah..jadi ngapain kudu ngerayain hal yang bisa di bilang gak begitu penting ..😀

    Btw hepi ulang taun gozaimasu ^ ^

  13. eh?
    Debbie..eh, De Be Ultah?😄
    wah, mau kuenya dong!!!!😄

  14. LOH kok kepotong? T_T
    padahal dah panjang2 nulis..aduh lupa lagi
    ya pokoknya met hari lahir sajalah ya…

  15. Iya,,!!!

    Ma waktu skolah di bandung juga kalo ultah ditampol kaya apaan tau,, sakitnya itu lho,,!!!!

    Trus ya,, waktu pernah ada kejadian temen Ma ultah, ada yang bawa telor ama terigu,, terus biasa,, diceplokin,, -Ma mikirnya kaya mo dibikin pempek aja tuh- terus tiba tiba ada ibu ibu lewat dan bilang,, -bahasa sunda di Indonesiakan-

    ‘nak, itu telor sama tepungnya kalo ga dipake buat ibu ajah,,’

    dan kami semua hening,, ngasi telor dan terigu ke ibu itu,, dan ga lagi pake makanan buat nyiksa yang ultah,,

    jadinya pake air comberan,,!!

    we never learn,,

    buat DeBe,, met ultah ya,, -ntar tanggal 10,,- ke 16 ya,,??
    Siip,,
    Dido’ain deh dapet yang terbaik buat DeBe,,🙂

  16. @ peyek

    Ma’kasih pak.🙂

    @ chielicious

    Kadang – kadang kalau saya kena tampar, ‘amnesia’ saya akan tanggal ulang tahun itu pulih.😀

    @ mina

    Duh, kepotong…😕 Andai bisa di-recover. Ya tidak apa – apa, kan..?

    Terima kasih.😀

    @ Ma!!!

    Andai ibu itu tidak lewat…:mrgreen:

    Iya, aku sekarang 16 tahun.

    Semoga dapat yang terbaik juga.🙂

  17. Hari ini mantan Raja ke-2 negri kita Ultah!!😀

  18. selamat Ultah DeBe!!!

    halah,, dua kali,,😛

  19. Jadi maksud anda..saya harus ditampar ? ..udah bosen tuh bang😛

  20. Belum tanggal 10 kan?

  21. @ Master Li

    #1
    Katanya sakit – sakitan, tapi masih masih fit tuh.

    #2
    Besok. Santai saja.😀

    @ chielicious

    Ya sudah. Jangan ditampar.

  22. Sekarang 10 Juni:mrgreen:

    *tampar-tampar*
    *tampar-tampar*
    *tampar-tampar*
    *tampar-tampar*
    *tampar-tampar*
    😆

  23. Btw, saya baru sadar kalau ultahmu sama sama adik saya😆

    *tampar lagi*😛

  24. TRAKTIR!!😀

  25. Yiieeeyy!!!

    16 ya?? selaamaat!!!

    Ma ga jahat kaya Geddoe kok,, tau sakitnya digampar gampar kaya begitu,,

    *ceplokin pake telor bebek yang udah busuk*😛

    Hmm,, jadi urutan umur yang aneh,,

    adek Ma seumur Geddoe ama Shan In, adeknya Geddoe seumur DeBe,, ckckck,, (tidak!! Ma jadi tuabanget kesannya!!!)

  26. Adik saya ultahnya sama, umurnya beda _ _’

  27. Gw kirim modelkit pesawat WW II yah!

  28. @ Geddoe de la Rocha

    #1
    *Kabur*
    *Kabur*
    *Kabur*
    *Kabur*
    *Kabur*

    #2
    *Sekali lagi kabur*:mrgreen:

    @ Master Li

    ….Belum gajian.😀

    @ Ma!!!

    Tak apa – apa. jadi unik, bukan….?🙂

    @ Tendou-Soji

    Ditunggu.:mrgreen:

  29. komen lagi ah…XD
    gpp kan?

    postingan ini sip lah, satuju!😄
    begini, jadi ingat waktu ulang tahun di asrama. ada sebuah “kebiasaan” untuk orang yang ultah, yaitu di siram air dingin jam 12 malam!!! tapi untuk orang ‘tertentu’ saja sih.

    saya pernah beberapa kali disiram juga T_T. di tipu habis2an sama temen. ada yang minta dianterin ke kamar mandi jam 12 malam (saya lupa klo malam itu saya ulang tahun). dan tiba2 saya disiram oleh temen2 yg ternyata udah berkomplot sembunyi di kamar mandi T_T

    terus, pernah juga diilangin sendal merah sampai nangis2 karena itu sandal kesayangan T_T. terus pernah dikasih kejutan poster kenshin super besar sampai nangis juga….

    banyak kenangannya, mengharukan walau kadang kesel juga. Soalnya slah saya juga sih, suka jadi inspirator untuk membuat ‘huru-hara’ bagi temen yg ultah😄. dan selalu berhasil😄 !!! jadinya kena balasan deh…

  30. Hehehehe….Ultah teteth berkesan sekali. Saya tidak pernah dirayakan seperti itu.

    Entah tidak meminta dirayakan atau memang tidak pernah dirayakan sama sekali.

  31. yah sebenarnya bukan perayaan sih.
    eh memangnya itu perayaan ya?🙂
    tapi ya,seneng juga….senang bisa membuat teman jadi senang (sekaligus kesal). dan senang bisa amat diperhatikan oleh mereka. itu tandanya mereka sayang sama saya..
    he, iya kan?

  32. Iya lah…

    Hohohoho, tiap tahun saya memang tidak pernah merayakan hal itu. Katanya, buang – buang uang.😀

  33. saya jg tidak lah. boro -boro dirayain dengan potong kue atau apalah, tidak mungkin. Iya, mubazir banget, hehe.
    cuman paling ya gtu aja, dikasih atau ngasih hadiah aja sama temen2. terus saling mendoakan bersama -sama agar bisa slalu lebih baik di masa depan.

    eh, de be suka dikasih hadiah ga?😄

  34. Tidak.😦

    Jarang dikasih hadiah, maka beginilah saya sekarang ; Lebih suka Relaita daripada Fiksi belaka.

  35. wah? jarang?
    mau di kasih hadiah ma teh mina?🙂

  36. *Tidak menjawab. Bingung*

  37. lha?
    ya, sudahlah. kan gak mungkin kasih hadiah secara ‘kebendaan’. gimana ngasihnya? susah nanti.

    gak minta doa aja?

    hehe, jadi ingat ade teteh yang bentar lagi ultah
    kya~ beliau bentarlagi ultah…24 Juni ke -19😄😄.
    kasi apa ya ? buku dah bosen…..
    bingung saya ini…co sukanya apa ya?

  38. Tak ada buku, maka berikanlah ‘mainan’ macam PSP dan… *PLAK !*

  39. Wah, kalo saya berulang tahun sih mintanya ga mahal-mahal amat. Paling-paling cuman minta pesawat pribadi dan hotel pribadi di Hawaii.
    *Dihajar ortu*

  40. *Berandai – andai diberi hadiah semacam Maria Ozawa*

  41. Mau hadiah Maria Ozawa?
    benda sejenis apa itu? judul buku? boneka? atau apa?
    beli di toko mana?mahal ga?

    **kliyeng..

  42. semoga saya dapat bertemu dengan orang yang saya cintai selama ini yaitu yeni saya sangat bahagia bila bisa bertemu dengannya dan dia sumber kebahagiaan saya saya mohon tuhan!

  43. Lho, saya bukan Tuhan…😕

Tinggalkan Balasan

