Anda mau jadi Blogger yang Bagaimana ?

Pastinya ini sedang menjadi tahun – tahun yang menarik untuk blogging, bukan untuk curhat, biasanya untuk mengemukakan pendapat. Mengapa ? Jaman dulu saat Orde Baru, yang namanya berpendapat khususnya mengenai kepala Negara, pasti berujung kematian di tangan penembak misterius. Belum lagi soal pembungkaman pers, dan tembak menembak antar ras. Rumet. Bersyukurlah karena sekarang sudah menjadi tahun kemerdekaan untuk mengeluarkan suara (sesuai etika, harusnya).

Dan media yang cukup nyaman untuk berpendapat adalah blog-o-sphere ini. Meski banyak pula yang memakainya untuk ‘acara’ lain, seperti untuk kampanye. Atau Media Dakwah. Kita kesampingkan dulu hal ini, karena siapa juga yang ingin mengurus keburukan orang.😕

Mungkin sudah sejuta lebih blog yang ada di dunia WordPress ini, belum lagi yang ada di Blogspot, Skyrock, My Opera, dan lainnya. Hal ini membuat banyak blogger lahir ke dunia. Banyak wajah – wajah baru dalam dunia blogging akhir – akhir ini, lalu saya berpikir apabila beberapa hal yang saya ingin sampaikan untuk masuk ke dalam topik kali ini.

Ya, pertama – tama satu pertanyaan saya yang simpel ketika anda mendaftar di blog :

“Anda mau jadi apa ?”

Ya, bukan berarti anda lantas menjawab, “JADI PILOT !”, atau “JADI DOKTER !”, bukan itu maksud saya, itu sih pertanyaan anak kecil, kampret.

Pertanyaan ini lebih merujuk kepada satu pertanyaan yang lebih umum dan mudah untuk mengerti, “Apakah yang anda akan lakukan di sini ?“, atau semacamnya.

Saya coba jabarkan jawaban yang memungkinkan untuk mempermudah :

I. Menulis

Ya, menulis. Jelas. Namanya saja Dunia Blog. Yang saya maksudkan adalah, apa yang akan anda tulis ? Apakah anda akan menulis tentang hoax ? Atau mungkin anda tertarik untuk menulis semacam humor pintar ? Atau sampai yang paling umum yaitu buku harian ? Semua tujuan sebenarnya ada di tangan anda, hanya yang menentukan hasil adalah apa yang anda ambil untuk menjadi jalan kedepannya.

Mungkin apabila anda berbakat dalam storytelling, atau mungkin ingatan dan kreatifitas anda cukup kuat untuk menceritakan kembali kejadian yang menurut anda lucu, maka tak ada salahnya untuk membuat blog berbasis life-journal.

Apabila anda, ternyata, cukup mempunyai hasrat untuk menegakkan kebenaran menurut versi anda (Seperti tujuannya saya), atau mungkin anda berpikir bahwa masih banyak kebenaran – kebenaran yang ternyata bukan termasuk kedalam realita kebenaran yang sebenarnya, maka boleh jadi anda tertarik untuk membuat blog sekaliber wadehel.

Kembali, semua keputusan ada di tangan anda.

II. Promosi, Kampanye

Seperti Shapeworks, apabila anda mempunyai suatu produksi yang ingin anda promosikan, mungkin anda tertarik untuk memakai media blog. Cukup interaktif, mengingat ini adalah pijakan awal andai anda tidak mempunyai modal untuk membuat hosting sendiri.

Tidak ada yang menyalahkan kok. Hanya saja ada 2 pilihan untuk berpromosi kedepannya; Apakah anda akan gencar mempromosikan barang tersebut lewat komentar dan artikel anda (Seperti layaknya SPAM), atau lebih merasa bahwa komentar yang menyangkut artikel jauh lebih etis didalam pikiran anda ? Hahaha…satu tips kalau ingin SPAM saja, lebih baik lakukan di Guest Room atau semacam Ruangan OOT lainnya. Niscaya komentar tersebut tidak akan di-blok oleh “Empunya rumah”.😀

III. Sharing Ilmu

Tujuan yang sama bergunanya dengan yang diatas. Apabila anda mempunyai suatu ilmu yang sekiranya akan membantu orang lain kedepannya, maka tujuan mulia anda sangat pas untuk diwujudkan. Seperti blog ini dulu, sayang sudah di-suspend, ataupun tentang IT. Walaupun begitu, tidak harus hal yang berat – berat saja. Adapun sharing hal – hal ringan (Seperti Lirik lagu) bisa anda lakukan. Yang penting orang tercerahkan, bukan ?

IV. Asal

Ya, bukan asal dalam arti kata menaruh semua hal menjadi satu dalam sebuah blog (Meski terkadang ungkapan itu ada benarnya juga), tapi yang maksudkan adalah : Tidak benar – benar memiliki niat dalam membuat blog. Seperti membuat blog karena disuruh teman, atau membuat blog karena ada arus mainstream.

Apalagi kalau dasar anda membuat blog adalah karena pandangan skeptis anda terhadap sesuatu, anda membenci sesuatu, lalu melampiaskan hal tersebut lewat blog. Seperti membuat semacam gerakan anti sesuatu. Dan serangkaian kegiatan – kegiatan tidak berguna yang ditujukan kepada yang anda benci. Saya tidak berkata bahwa saya membencinya, saya tidak membencinya, tetapi bukan saya yang akan membencinya.

Apakah anda juga termasuk salah satunya ?

V. Kesimpulan

Apapun keputusan anda, jangan menjadikannya sebagai patokan. Apabila anda ingin menjadi terkenal, maka anda tidak harus menuruti apa yang saya tulis, kembali. Anda bisa mengikuti jalan anda sendiri, karena style seseorang tidak ditentukan oleh artikel ini.

Terima kasih telah membaca.😀

——————————

F.N. : Dapat ide tulisan ini dari punyanya ferthob.😀

trademark-cr.png

57 Tanggapan

  1. hehehe…. Petromak!!!!….

    (mengamankan posisi….)

  2. Hehehe…. tujuan saya blogging masih gak jelas…. Dan saya akan berusaha menjaganya seperti itu… (Sejak kapan pula Count of Madness pernah jelas??)

  3. hahahahahha…ga tau jg sih. mungkin opini2 miyu dan ‘me-u’s days’.

    @marshall: selalu jelas kok -___-

  4. hmmm … tujuan nge-blog ya …

    yg pasti sih, saya nge-blog menggunakan falsafah … B.A.K.A … Blog Aing Kumaha Aing …😆

  5. Tujuan blog?

    Jurnal harian!!:mrgreen:

  6. Saya mau jadi semuanya deh kalau bisa😀

  7. mau jadi blogger yang ganteng…

  8. Mau jadi blogger yang unik dan kreatip, dech.

  9. @ Count of Madness

    Saya mengerti tujuanmu yang tidak jelas itu..:mrgreen:

    @ mYu di warnet, Ravelt

    Hoo…Buku Harian.

    Tidak salah lagi.😀

    @ Luna Moonfang

    Campuran dong ?😕

    Lalu untuk apa blog ‘Candanya Joerig’ itu ?:mrgreen:

    @ Neo Forty-Nine

    Semoga berhasil.😀

    Btw, saya juga pernah bertekad untuk memasukkan semuanya ke dalam satu blog, sepertinya….

    @ Calon Seleb

    Ikut – ikutan Joe ?

  10. @ Majalah ” Dewa Dewi “

    Dengan cara bagaimana ?:mrgreen:

  11. Ingin menjadi blogger yang bagaimana?
    Mina ingin menjadi blogger yang bisa menulis dengan ciri khas Mina sendiri, dengan ide unik dan bisa dinikmati semua orang. Dan isi tulisan itu -tentu saja -mengandung ‘pesan’ tertentu bagi orang yang membaca. Inginnya sih mengandung pesan kebaikan. Supaya apa yang ditulis Mina tidak sia-sia, tetapi bisa memberikan hal yang baik bagi pembaca. Walaupun sedikit sekali.

  12. Blog itu tempat pelampiasan (kalau saya pribadi)

    jadi seperti apa bentuk tulisannya, apa tujuannya, dan lain-lain tergantung apa yang lagi ada di kepala…🙂

  13. kalau saya sebenarnya mau yang merdeka, tapi jaman sekarang susah kalau mau merdeka, bisa bisa kena pecat atau intimidasi, harus pakai nama samaran dulu baru bsia merdeka mengemukan pendapat. mau bicara kotor saja harus ditahan-tahan, padahal emang itu bendanya, malah dixari kata halusnya…

  14. Ah, rupanya ide kita sama.:mrgreen:
    Saat ini saya juga lagi menulis tentang seluk beluk blogging dan pelakunya.

  15. Saya juga bingung nih, mau ngeblog yang seperti apa? Kalau mengikuti hasrat “nulis ya nulis aja” kok jadinya malah sampah😛

    Hmmmmff..

  16. jadi diri sendiri ajah..
    kalo hari ini rasanya ingin mengomentari pemerintah yang nggak becus, yah di tulis..
    kalo hari ini pengen publish lirik lagu fav, yah di publish..
    kalo hari ini pengen marah2 atau caci maki ini itu, yah monggo ajah..
    ..
    pokoknya, nulis apa ajah deh.. asal bisa nulis..
    soalnya pengen ajah, tulisan sejelek apapun, dikritisi orang lain..
    meski hanya di dunia mbak maya ini..🙂

    regards,

  17. yang jelas satu, saya juga belum jelas maunya gua apa

  18. jadi blogger apa adanya

  19. Hmm… mirip-mirip tulisannya mas anas ya.🙂

    Sempat 2 kali ganti blog, blog yang pertama kelihatannya cenderung untuk pengalaman pribadi aja, tapi sekarang sudah banting setir untuk mengekspresikan pengalaman pribadinya untuk jadi bahan tulisan.:mrgreen:
    Tapi kadang-kadang bisa tutorial atau pengalaman pribadi yang sok formal.

    Intinya sih suka-suka, kadang nulis yang bisa dibaca, kadang asal tulis.😛

  20. sebagai diary saja. sekalian nambah teman.

  21. oiya, apa boleh saya kutip isi postingan ini? menarik sekali… tentu dengan menyantumkan link kesini🙂

    thanks…

  22. Tujuan punya blog kalo buat saya adalah untuk sharing informasi. tapi memang, dari postingan yang ada malah jadinya ajang curhat pribadi dan mentertawakan diri sendiri. Dan kalau ada yang merasa dapet sesuatu dari tulisan itu saya juga senang. Tapi kalo ada merasa yang saya tulis itu sampah, buat saya juga gak masalah😀

  23. saya yang nomor 5, yaitu kesimpulan. kekekekekk:mrgreen:

  24. Untuk Belajar,,, Belajar,,, dan Belajar…

    Kalo buat jadi terkenal sih saya gak perlu buat blog segala. Saya hanya ingin menulis apa yang saya tahu dan membaca apa yang orang lain tahu..

    Saya kurang tertarik dengan diari. Sebab kurang memberikan manfaat bagi kita. Kecuali diari-nya profesor atau orang pintar dan sukses mungkin,,,

  25. Saya Mo jadi Kesimpulan :D:D:D

  26. nggak tahu deh, maunya jadi lawyer yang juga blogger dan juga jadi blogger yang juga lawyer🙂

  27. Bloger Yang Kehadirannya Selalu Dinanti2kan Pembaca😕

  28. saya ingin jadi yang ke V

  29. waduh… blog saya masuk apaan ya ???
    yg jelas, 100% bukan hoax. 😉

  30. @ mina mina

    Sekali – kali satir dong.:mrgreen:

    @ fertobhades

    Pelampiasan itu sementara mas..:mrgreen:

    @ Freddy Hernawan

    Masih lebih baik daripada jaman Orde Baru bung. Mau ngomong sudah ditembak duluan.

    @ Guh

    “Nulis bagus capek dikritik,
    Nulis asal capek nunggu kritik.”

    @ rickisaputra

    Adapun yang biasa menulis dengan cara begitu mengikuti arus mayoritas. Jadi kalau ada berita yang hot, langsung usung tema yang sama.😕

    Contoh lho.😀

    @ Fendy Siamala

    Tentukan sekarang.:mrgreen:

    @ peyek

    Semua blogger juga apa adanya…

    @ Xaliber von Reginhild

    Kalau mengusut masalah tutorial sih, biasanya juga saya masukkan ke sini.😕

    @ tyka

    Boleh. Boleh.😀

    @ itikkecil

    Ujung – ujungnya pasti tergantung pendapat ya ?😀

    @ cK, Wahyunansyah, dobelden

    …..

    @ purmana

    Lho, kadang – kadang saya juga suka melihat diary orang di blog. Tetapi hanya yang mampu menghibur saja. Yang masuk ke curhat sih biasanya saya tendang.😀

    @ anggara, ryev4

    Silakan berpikir bagaimana cara anda mendapatkannya.😀

  31. @ telmark

    Berati anda tidak akan masuk list Hoax.:mrgreen:

  32. like i told u before, DeBe…

    but, kalo masi ditanya…saya mah, mau jadi istrinya blogger

    kekeke:mrgreen:

    keknya kategorinya kudu ditambah lagi,DeBe…tambahin : cari jodoh😆

  33. Memangnya ada blog yang dibuat untuk itu ya ?

    “Dicari : Jajaka berperawakan tinggi, umur 20 tahun-an, suka dengan perempuan yang….”

  34. kalo di situs baru sich udah punya planning niy situs mau di kemanakan arahnya en nasibnya

  35. Mungkin aku masuk kategori blogger pertama dan ketiga.🙂

  36. saya masuk kategori 1 – 5 8)

  37. @ nailah zhufairah

    Bagus. Daripada terseret – seret arus.😛

    @ p4ndu_Y4m4to, cK

    Mana buktinya ?:mrgreen:

  38. Lha, yang sharing ilmu itu bisa diliat dari artikel Suikoden yang seabreg itu.
    Kalo yang menulis…
    Hmm…




    Ya semua itu.😛
    Yang penting kan bukan asal ngeblog.:mrgreen:

  39. Lha, saya hanya minta bukti, kan ? Tunjukkan, habis perkara.:mrgreen:

  40. gak mau jadi blogger yang semau gue

  41. Lalu mau jadi apa dong…?😕

  42. Blogger senang2 aja deh gw

  43. Semoga tujuannya tercapai.😀

  44. Mau jadi blogger yang happy yang bisa bikin orang lain juga happy, boleh dong…🙂

  45. di copy-paste tuh sama :

    http://arisshi.wordpress.com/2007/08/03/brontok/

    tak laporin ah…

  46. Edan. jebul isi blog nya copy paste semua. Tak laporin..laporin. Sebel aku!

  47. Sori..baru bales isi blog nya.
    Kalo saya nulis tips misalnya kayak di:

    http://nuragus.wordpress.com/2007/08/03/mysql-backup-otomatis-dengan-mysqdump-dan-shutdown-script

    Terus saya koar-koar di milis, forum bahwa ada tips baru yang saya tulis, apakah itu termasuk spam? http://lorelle.wordpress.com bilang itu bukan spam, selama saya aktif di milis tersebut dan di milis tersebut tidak hanya ngiklan.

    Tapi bagaimana dengan komentar teman-teman?

    Makasih…

  48. @ sekarang

    Siapa bilang tidak boleh ?:mrgreen:

    @ nuragus

    Tenang, sudah saya laporkan.😀

  49. @ nuragus #3

    Kalau di milis, entah. Soalnya saya memang tidak terlalu mengikuti budaya milis, tapi saya kira itu dilarang dalam forum, kecuali kalau dipasang via signature atau yang lainnya, selama itu tidak menyangkut post.😀

  50. […] mereka, para blogger, betah berlama-lama di depan layar monitor, apa saja yang mereka lakukan, alasan kenapa mereka blogging, dan apa yang mereka dapat dari […]

  51. Kok

    http://arisshi.wordpress.com/2007/08/03/brontok/

    belum di suspend ama om Automattic yah…

  52. cuma pengen orang2 tau isi hati saya saja…termasuk ketika saya putus cinta😦

  53. Well, lam kenal deh.
    Aku mungkin termasuk penulis blog yang asal, dimana blogku tidak termasuk yang cukup berkarakter, aku lebih memasukkan apa yang ingin aku tuli begitu saja, bahkan nama blogku tidak secentil dengan postinganku.
    Tapi ya inilah aku, new comer dalam dunia perblogkan dan itulah blog.
    Terserah orang mau nulis apapun dalam blognya
    Aku rasa kategorisasimu kurang deh, jangan lupa setiap orang pastinya punya tinggak subjektifitasannya dalam suatu postingan, begitu pula dengan kriteria yang kamu kasih.🙂
    But apapun itu kriterianya maju terus blog Indonesia.

  54. […] blogger mempunyai tujuan nge-blog yang berbeda-beda. Wajar apabila seorang pemilik blog memilih anonim. Oleh karena itu, […]

  55. Saya belum tau ne…
    Mau jadi apa???

    😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: