Fatwa Syeikh Terkemuka: PSK dan Dugem Adalah Kegiatan Islami

Diantara sejumlah kegiatan positif yang dilakukan oleh banyak umat Islam, adalah kegiatan “maksiat” yang patut (setidaknya menjadi Sunnah Muakkad, yaitu sunnah yang dijalankan oleh Baginda Rasul Muhammad SAW) dijalankan oleh seluruh Islam. Dinamakan sebagai “PSK” yang selalu digemari oleh setiap insan – insan muslim di dunia, bagi mereka yang sanggup. Sebaiknya tidak dilakukan ketika mendekati bulan Ramadhan karena dipastikan akan makruh.

Lalu adapun sesumbar bukti menyatakan bahwa “Dugem”, itu selayaknya dijadikan sebagai momen Islami paling berharga yang bisa dilakukan setiap waktu pagi. Diutamakan ketika matahari terbit sepenggalah. Ketika itu seharusnya umat muslim melaksanakan kegiatan “Dugem” tersebut kerana sebagaimana Baginda Rasul pun melakukannya setiap pagi. Sehingga selalu dilaksanakan oleh banyak umat sebagai Sunah Muakkad.


Sebagaimana dikemukakan bahwasannya Dugem dan PSK adalah salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan oleh seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia. Lalu apakah manfaatnya ? Ataukah justru mendatangkan mudharat?Tidak, TIDAK SAMA SEKALI. Justru dengan kegiatan seperti ini diharapkan manusia-manusia ciptaan Allah subhanallahu wata’ala akan menjadi lebih kuat dan mampu bertahan hidup.

Bahwasannya kegiatan semacam PSK dapat mengendalikan hawa nafsu dan menambah kualitas pahala. Ditambah lagi dengan melakukannya semenjak subuh dan tidak dirujuk dengan tidur setelahnya, maka itu dapat membuat sang Muslim/Muslimah terbiasa untuk bangun pagi.

Sedangkan Dugem sendiri diibaratkan sebagai salah satu tambalan yang menutup dosa selama di dunia. Sebagaimana telah dijelaskan bahwa Dugem dilaksanakan setiap pagi, ketika matahari terbit sepenggalah atau mulai dari jam delapan pagi. Hal ini hampir sama bergunanya seperti halnya sholat lima waktu.

Namun pasalnya Umat Muslim di seluruh Indonesia belum mengetahui bagaimana sebuah kegiatan seperti PSK dan Dugem dapat menyatukan seluruh umat Islam kdi Indonesia, ataupun menjadikan seluruh Muslim/Muslimah menjadi jauh lebih bertaqwa. Maka dengan ini saya sampaikan bahwa saya memberi fatwa tentang kegiatan di atas, seharusnya anda lakukan mulai dari sekarang.

 

Wallohu a’lam.

————–

Sebuah fatwa yang dikemukakan oleh Syeikh Mihal Al-Inswarthu. Diambil dari sebuah perucapan sederhana antara sesama umat Muslim Indonesia yang mendukung Islam.

 


PSK:  Puasa Senin Kamis. Dimana Senin dan Kamis adalah hari dimana semua amalan baik akan dibawa oleh malaikat. Kabarnya makruh dilakukan menjelang bulan Ramadhan.
Dugem:  Dhuha Gemerlap. Sholat Dhuha yang dilakukan di Masjid. Baik dilakukan semenjak matahari terbit sepenggalah hingga matahari hampir mencapai dzuhur.

trademark-cr.png

56 Tanggapan

  1. yah…ga bole pertamax ya?
    *blum baca komen soale uda nafsu dluan pengen pertamax…*

  2. hmm…apakah ini mengikuti fenomena BCL yang ditelanjangi?

    huehuehue…bentar mas DeBe, saia baca postingannya dlo yah?

  3. huahuahua…
    hettrix kah saia?

    wah, dugem dan PSK gaya baru negh, bole dicoba…
    tapi kekna kalo dugem dan PSK yang ini mandan susa dijabanin de…

  4. Tahukah anda bahwa saya itu jahil ?:mrgreen:

  5. udah lama ga berbuat dengan PSK
    apalagi dhugem…
    makasih diingetin🙂

  6. Kirain mesum. Hehehe…

    (** Kabur **)

  7. PSK: Puasa Senin Kamis. Dimana Senin dan Kamis adalah hari dimana semua amalan baik akan dibawa oleh malaikat. Kabarnya makruh dilakukan menjelang bulan Ramadhan.
    Dugem: Dhuha Gemerlap. Sholat Dhuha yang dilakukan di Masjid. Baik dilakukan semenjak matahari terbit sepenggalah hingga matahari hampir mencapai dzuhur.

    Huehuehuehue…. ampir kelewatan baca poin yang itu.
    Nyaris berprasangka™ tadi…😆

  8. bagus juga…:D:

    tapi perasaan…

    Puasa Senin Kamis. Dilakukan pada hari Senin dan Kamis, pada hari dimana Allah SWT membuka buku amalan setiap manusia, dan alangkah baiknya bila saat Allah SWT membuka catatan amal kita, kita sedang berpuasa.

    Tapi saya tidak tahu loh, maklum pengetahuan saya sedikit.
    sebenarnya sih niatnya cuman pengen nyampah

  9. nice posting. saya lagi puasa nih:mrgreen: tapi puasa ganti hohoho😆

  10. Fatwa Syeikh Terkemuka: PSK dan Dugem Adalah Kegiatan Islami

    Sebuah fatwa yang dikemukakan oleh Syeikh Mihal Al-Inswarthu….

    Gila… nantangin fatwa halal darah, nih?:mrgreen:

    BTW, orang2 yang cuma baca judul doang bakal bingung tuh.😛

  11. kafir kamu™
    membuat singkatan yang sia-sia.:mrgreen:

  12. sengkalian hetrik deh😛

  13. sayah jarang banget PSK…
    dugem pun sekali2…😦

  14. Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan kah? Tapi judulnya provokatif sekaleee😀

  15. untung ada footnote-nya …😆

  16. PsK yang begini ni gua demennnnn…..

  17. Salam kenal…Ah judulnya bikin kaget aja:D
    Mudah-mudahan menjelang Ramadhan ini bisa dilaksanain….Thx

  18. @ Yang merasa ketipu dan yang datang ke artikel ini dengan perasaan cemas/kaget

    Belum tahu saya, ya ?:mrgreen:

    @ cK, yarza, itikkecil

    Hee….makasih.🙂

    @ sora9n

    Bukan nantangin. tapi ngajak perang.:mrgreen:

    Justru itulah yang saya inginkan.🙂

  19. postingnya pas lagi sama PSK nggak?
    kalo iya, check dulu apa dah dilaporin sama malaikat tuh,
    kalo sudah, bakal buat modal perang?

  20. Ane kemarin cuma sempet PS doang. Kamis bentrok ama Olah Raga. Hitungan sunnah, kan ?😉

  21. piye tho karepe iki???

  22. Sesungguhnya™ engkau™ ini ada di dalam kesesatan yang nyata™😆

  23. Dahsyatkan ilmu Modelling itu!🙂

    Ane demen dengan cara cerdas seperti ini. Very creative. Tarik Mang….

  24. @ akoedw

    Apa ?

    @ Kopral Geddoe

    Hush ! Kafir™ !:mrgreen:

  25. @ Krisnawan Putra

    Ah, makasih.🙂

  26. Tapi pemberian nama/singkatan juga berpengaruh terhadap niat kita melakukannya loh, kayak orang tua memberikan nama kepada anaknya, sebagai harapan🙂

  27. Saya menyingkat namanya agar semua orang mau datang dan mengerti.🙂

  28. Waktu baca judul and paragraf pertama.. langsung nyari mana siy footnotenya. Ternyata bener, heheehe.
    Good Post
    And tengkyu udah ngingetin buat PSK dan Dugem lagi

  29. *lagi nunggu yg suka baca judul langsung komen datang*😀

  30. @ may airinn

    Anda adalah orang yang berpikir logis.:mrgreen:

    @ CY

    Saya juga, tuh…

  31. heeeeee…….ketipui deh
    but it’s ok

  32. kirain ttg dugem yg… -___-

  33. Kirain Fatwamu, Jack…

  34. Jangan sembarangan dong kalo buat singkatan.

  35. tak pikir? tak pikir????

  36. weleh-weleh……..

  37. hahahah! keren!

  38. Makasih Bro…
    dah lama gak intim sama PSK…
    dugem juga cuma sekali-sekali, di kantor lagi, bukan di masjid😦

  39. Eh.., jadi inget PSK kan bisa juga berarti “Perempuan Sadar Kamera”….
    *Jadi inget seorang seleb yg pamer foto jari, ih hihihi*:mrgreen:

    *kaburrr sebelom orgnya dtg*

  40. wakakakakaka…. hampir aja ketipu judul…..
    kalau yang anda tuliskan itu, memang islami kok…

  41. @ Yang ketipu

    Hanya bisa tertwa.:mrgreen:

    @ Yang bilang makasih

    Sama – sama.😀

    @ CY

    Iya, ya. Siapa ya ? Siapa ya ?😕

  42. Hits hits hits…

  43. *awal baca*

    Astagfirullah

    *tengah-tengah*

    Masya Allah…

    *deket-deket akhir*

    Kafir… Kafir…

    *pas selesai*

    … … …

  44. @ Amed, manusiasuper

    Siul – siul….

  45. Saya sangat salut atas kreasi anda dalam menulis, mancing orang bikin komentar….itu tidak mudah…
    Kalau anda betul baru berumur 16 tahun, berarti anda seorang calon penulis yang hebat….pada usia anda, saya belum ngerti nulis apa apa, begitu juga anak bontot saya yang seumur anda….
    Juga salut atas penguasaannya tentang “PSK dan Dugem” dalam konotasi positif…lanjutkan..
    Selamat berkreasi dan berkarya….!

  46. @ Tirtaamijaya
    Setuju Pak… Tulisan anak sekarang emang bagus-bagus bener, hwehehe…

  47. Kampanyekan terus!!!!

  48. @ tirtaamijaya

    Hoo….itu hanya refleksi saya akan kegemaran Berbahasa Indonesia saja.:mrgreen:

    Terima kasih.😀

    @ Imam Mawardi

    Iya.🙂

  49. Ckakakakak,,
    gw kira PSK n DUGEM bneran,
    trnyata cm bualan ga’ penting belaka,
    hahahahaha..,

    bkin judul nyentrik biar tenar,
    *mantap brouW*

    tp PSK n DUGEM mank dah HALAL di jakarta, jd ga’ perlu mhunafiQhue lg,,

    hehehehe,..,.

  50. Kalu liat komen om2 yg diatas atas ntu
    mmmm,,,
    jgn ******* deh…
    Hehehehehek,,

    coba dulu, bru bicara,

    haghaghaghag

  51. @ DiskotiQue

    Ngomong apa sih ?😕

  52. mengunakan istilah itu yang bener dong, jangan yang memberikan kesan miring, ini dapat menyesatkan umat tahu !

  53. kalo tujuan dari isi artikel tersebut bagus, gunakan juga istilah yang bagus yang sudah dikenal umum, karena jika tidak akan menimbulkan penafsiran yang berbeda, hati-hati dengan penggunaan kata-kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: