UPDATE: Panduan Tidak Resmi Menjadi Nabi atau Pemimpin Aliran (Sesat)

artikel-jadi-nabi-itu-gampang-tuan-2.jpg

“A few Step into a (DAMN) new generation…”

Saya yakin setengah dari anda menganggap pernyataan saya diatas adalah main – main, namun kali ini kita tidak sedang melawak, tuanku. (Ini hanya satir kok..)

Mungkin bagi sebagian orang yang haus akan wahyu dan kekuatan magis (yang lagi, dengan alibi bahwa kekuatan tersebut berasal dari Tuhannya), sebuah posisi dalam kerajaannya adalah penting. Bagaimana tidak, mana mungkin pengikut anda akan mempercayai anda sebagai the one apabila anda sendiri tidak memproklamirkannya di depan mereka ?

Dan juga, tentunya anda tahu bahwa menjadi nabi ataupun pembawa aliran – aliran teretentu sedang menjadi sebuah tren di masyarakat Indonesia baru – baru ini. Lihat saja Gerombolan Ahmadiyah, Darul Arqom, ataupun empunya Komunitas Eden dan Aliran Al-Qur’an Suci. Serta perkumpulan Al-Qiyadah Al-Islamiyah yang sedang terkenal karena pemimpin mereka kebetulan telah mencoba salah satu metoda di bawah untuk bisa menjadi Nabi ! Mereka tidak seharusnya menjadi terkenal seperti ini, kecuali apabila mereka menggembar – gemborkan kebiasaan mereka yang super dan radikal itu. Misalnya saja, beritahukan saja anda mendapatkan wahyu dari Jibril, maka MUI pun akan mencari – cari anda.

Itu adalah satu dari sekian hal yang akan saya jabarkan di sini: Bagaimana cara menjadi Nabi yang “terkenal”, “gila”, ataupun “agamis” sehingga eksistensi anda diketahui seluruh masyarakat Indonesia.

 

1. Tentukan Tuhan Anda

Siapapun tahu bahwasannya sosok Tuhan itu dipakai dalam setiap agama, kecuali apabila anda menjadikan diri sebagai Tuhan dalam suatu aliran. Menentukan nama sebuah Tuhan itu mudah. Apalagi kabarnya, beberapa bulan kebelakang itu, sudah ada orang yang membuat nama – nama Tuhan yang disembah oleh umat beragama. Tambahkan saja beberapa kata di belakang nama-Nya dengan huruf – huruf yang diadaptasi dari Arab, Cina, Hebrew, terserahlah.

Kita pun tidak harus mempersulit diri sendiri lagi, karena bahwasannya kita tidak usah memberi verifikasi tentang itu kepada pengikut kita. Lha, kita ini sedang menjadi Nabi, saudara – saudara.

Kalau bisa, sebaiknya anda memberi nama yang seram. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah pengikut anda lari dari kejaran para polisi agama macam FPI ataupun ketika dicaci maki oleh warga setempat.

2.  Buat Kitab versi anda sendiri

Yak. Ini adalah langkah yang cukup penting apabila aliran anda ingin terlihat selalu up-to-date. Anda harus membuat kitab anda seakan – akan itu adalah landasan riil bagi aliran agama anda. Teori modifikasi pun tidak hanya selesai sampai poin satu, anda pun bisa menggubah isi dari kitab – kitab yang terkenal macam Al-Qur’an ataupun Injil sehingga terdengar klop di telinga para pengikut anda.

Atau bakar semua itu ! Buat saja kitab anda yang baru, dan membuat semua maklumat anda dapat dibukukan secara keseluruhan dalam satu kitab. Silakan berkreasi dan mbacot™ sampai beratus – ratus halaman.

3.  Bernaunglah di bawah nama sesuatu yang terkenal

Terkadang banyak orang yang tidak mengerti tentang sebuah jerih payah. Dulu orang harus capek kesana – kemari untuk berdakwah dan mengumpulkan jemaat mereka satu persatu. Ditambah dalam masa – masa seperti sekarang, kekokohan agama sudah terlihat semakin kuat karena sudah ada Undang – ndang tentang agama, khususnya di Indonesia. Apa yang harus anda lakukan untuk itu….?

Agar tidak mendapat kesulitan, maka anda harus mengajarkan isi – isi dalam dasar aliran anda agak mirip dengan agama lain. Bisa saja anda menggabungkan falsafah agama yang satu dengan yang lain untuk membentuk suatu kesatuan yang baru dalam aliran kepercayaan anda, seperti apa yang dilakukan oleh Ria Eden yang tengah berada di balik jeruji….Ups, saya tidak mau memberi dakwaan sedemikian cepat agar saya nantinya tidak diburu oleh seluruh jemaatnya.

4.  Kumpulkan Pengikut secara Sembunyi – sembunyi

Hal ini juga sama pentingnya seperti dengan apa yang saya bahas di atas. Sebagaimana Nabi yang memimpin agama Islam melakukan dakwah terlebih dahulu secara sembunyi – sembunyi, anda pun harus seperti dirinya. Ini dimaksudkan agar anda tidak diincar oleh sejumlah oknum – oknum beragama yang tengah menegakkan panji – panji agama besar. Mulailah dari sahabat terdekat anda, bisa dengan Short Message Services untuk meyakinkan pengikut anda bahwa ajaran agama anda dapat berbaur dengan teknologi. Ataupun dengan sekedar obrolan ringan antar sahabat, “Eh, gw punya agama baru, elo – elo pada mau ikutan nggak ?” Hal ini juga dimaksudkan agar meyakinkan para pengikut bahwa ajaran anda pun up-to-date dan membolehkan para pengikutnya untuk menjadi gaul dalam masyarakat luas.

Usahakan pula agar komunitas aliran anda tidak membuat usaha yang mengganggu warga sekitar. Bukankah gawat apabila salah satu jemaat anda tewas gara – gara dihajar warga sekampung ?

5. Berikan sebuah pernyataan bahwa anda Nabi

Ketika secara keseluruhan, anda telah melaksanakan perihal diatas dengan baik, maka anda tinggal memberi sebuah keputusan yang teramat-sangat besar di depan masyarakat dan para pemuka agama (Yang dapat anda cap sebagai kafir sekarang). Apabila mungkin, anda dapat merekam sebuah film pendek yang dipublikasikan dengan bantuan koneksi media massa. Ataupun menyewa wartawan – wartawan dan menghias seluruh fatwa anda agar terlihat cantik ketika diabadikan oleh kotak rekaman itu nantinya. Percaya atau tidak, bahwasannya hal ini sudah dilakukan oleh orang yang katanya Pakar Telema… Eh, salah…silakan anda menebak siapa orang yang gila publikasi itu.

Hal ini pun hanya boleh anda lakukan ketika jemaat anda sudah teramat banyak dan sudah disiapkan untuk berani mati. Tentunya ini dimaksudkan agar para polisi konvensional ataupun polisi agama takut untuk menghadapi boneka – boneka anda.

6. Berani Malu ! Kebal Peluru !

Hal ini tentu saja diwajibkan bagi anda – anda yang sudah berpredikat utusan Tuhan ataupun Rasul. Meski anda sudah memodifikasi beberapa ucapan – capan Syahadat untuk menjamin ekspetasi anda, namun anda perlu sesuatu yang tak kalah penting: Sifat yang tak tahu MALU.

Tentunya hal ini dapat mencegah gunjingan dan penganjingan dari beberapa pihak yang mencoba untuk mengubur anda dan eksistensi anda hidup – hidup. Menurut anda siapa ? Tentunya seperti massa – massa yang mengatasnamakan diri mereka sebagai “Warga yang terganggu dengan aksi anda”.

Kemungkinan besar pun anda membutuhkan satu lagi kemampuan untuk dapat bertahan hidup: Tahan banting. Ingatlah bahwa massa pun memiliki kekuatan untuk menghancurkan padepokan anda dengan sekali teriakan “Allahu Akbar!”. Lagi, semangat jihad mereka amat tinggi (Meski saya ragu apakah diantara mereka ada yang hanya berani omong saja) dapat membuat anda kepalang pusing, bila anda tidak memilikinya.

Saran – saran untuk menjadi Nabi yang baik :

1. Sebisa mungkin anda memiliki sifat yang murah senyum. Pandai bergaul dengan sesama khususnya kepada calon korban anda. Bawalah pengikut – pengikut yang cantik dan keren setiap kali anda mengembara ke tempat calon korban yang anda kehendaki. (Dikontribusikan oleh tse men the kid’s)

2. Buatlah sertifikat jaminan surga bagi para pengikt anda. Berikan cap Halal dan Tanda tangan Tuhan yang mumpuni. (Dikontribusikan oleh agorsiloku)

3. Sebisa mungkin anda mempunyai bidadari dan pengikut yang cantik. Bagaimana caranya ? Mudah. Buatlah sebuah pengajian dengan calon korban mahasiswi yang mempunyai keinginan belajar agama yang tinggi. Yang terkadang memiliki tingkatan emosional beragam. Lebih baik mencari target perempuan karena kemungkinan besar anda akan kalah debat dengan para Kaum Adam. (Dikontribusikan oleh kurtubi)

4. Apabila memungkinkan, jadikanlah salah seorang pengikut anda yang mengetahui benar tentang ajaran anda, untuk mengajarkannya kembali di dalam media yang lebih familiar dan bersahabat. Sekolah, misalnya.

 

Tentunya kita dapat bertanya – tanya, setelah melihat keseluruhan poin diatas.

Apa keuntungan semua ini ?

Hmm..

Sayapun sebetulnya kurang paham apa maksud dari semua yang telah dilakukan oleh para pengajar aliran itu. Menghambur – hamburkan sekian puluh juta rupiah untuk sebuah kepercayaan semu yang dirancang untuk eksistensi ? Sepertinya bukan.

Kepentingan semu ‘agama’ hanya karena mimpi – mimpi bodoh yang kabarnya diwahyukan oleh Tuhan ? Mungkin juga.

Agar terkenal…? Yang ini yang paling lucu. Tapi wajar kalau masalahnya sudah menyangkut media massa dan berita – berita yang disiarkan secara prime-time di setiap televisi swasta.

Atau hanya sekedar cari ribut dengan agama yang kelewat besar ? Masa ada hobi seperti ini ? Kalau memang hobinya sudah jadi provokator, itu sudah masuk kedalam akal sehat. Tapi buat apa juga menghabiskan berjuta – juta hanya untuk itu…?

Yang pasti, ketika anda semua mengikuti cara – cara di atas, maka anda sudah mengerti semua konsekwensi dan kegilaan yang akan anda hadapi nantinya. Tapi kalau saya sudah sadar diri sedari awal artikel: Buat apa cari ribuat antar agama ? Memangnya saya termasuk polisi agama yang suka menghancurkan warung orang hanya gara – gara buka ditengah bulan puasa ?

Artikel dan Situs Terkait/Tembusan :

  1. Situs alqiyadahalislamiyah.com yang kabarnya sedang Under Construction

  2. Situs Komunitas Eden

  3. Nabi Baru

  4. RASUL BARU ITU AL-MASIH AL-MAW’UD (Menyingkap Kesesatan Al-Qiyadah Al-Islamiyyah)

  5. Abu Salafy

  6. Antosalafy

  7. Hati-Hati, Buku Ajaran Al Qiyadah Al Islamiyah Beredar di DIY

  8. MUI Fatwakan Aliran Al-Qiyadah Al-Islamiyah Sesat

  9. Pandanganku Terhadap Kesesatan Ibnu Taimiyah???

  10. Aliran Al-Qiyadah Al-Islamiyah Sesat

  11. Aliran Ses(a)at Fenomena Alam Gaib?

  12. “Rasul” Al Qiyadah Al Islamiyah Menyerahkan Diri

  13. NABI BARU ALA ALIRAN Al Qiyadah Al Islamiyah

  14. Bergaul dengan Aliran Sesat

  15. Al Qiyadah Al Islamiyah Dinyatakan Aliran Sesat

 

trademark-cr.png

51 Tanggapan

  1. ???

    *just thinking*

    Kenapa ada tembusan ke halaman rumah saya yah ?

    Dan tembusan-tembusan yang lain, rasa-rasanya different taste dengan saya deh😀

  2. ….Tembusan ? Mana ?

    …Oh, itu.

    Yang saya bahas sendiri sebenarnya bukan hanya agama Islam saja.😀

  3. Heh….heh…heh….

    Podium 2….

    Trimakasih atas panduannya….

    (bisa buat nyari nafkah tambahan….)

  4. @Mihael D.B Ellisworth,

    Agama ?
    Oh lagi bicara agama ya ?
    Wah, salah tembusan tuh mas…😀

  5. Wew… bnr2 mengerikan memikirkanx…

    Kalau saja ada nabi baru selain nabi Muhammad SAW, jls2 ada juz lg di Qur’an dong. cape de. lgpl, dy kan bukan org arab (terutama Saudi), gmn tau. -__- Lgpl, Islam sudah sempurna. Semua udh di ajarakn oleh sang Rasul SAW.

    “Agar terkenal…? Yang ini yang paling lucu. Tapi wajar kalau masalahnya sudah menyangkut media massa dan berita – berita yang disiarkan secara prime-time di setiap televisi swasta.”

    Ha ha ha…

    “Memangnya saya termasuk polisi agama yang suka menghancurkan warung orang hanya gara – gara buka ditengah bulan puasa ?”

    HYAHAHAHAHAHA!!! Gud one!

    “Eh, gw punya agama baru, elo – elo pada mau ikutan nggak ?”

    Inget death note… -__-

    Well… God knows…

  6. Nasih kurang kayaknya
    Kampanye n duit gitu
    Biar lancar😀

  7. Nambahin dikit:

    +++Pasang Muka Ramah DAn Emapti Yang tinggi, Khususnya Pada
    “Generasi Mi Instan”

    Murah Senyum, Murah Harta, Murah murahan pokoknya deh….😛

    Pakaian Rapi dan sedikit wangi, Membawa pengikut yang guanteng2 setiap mau Ceramah Biar Anak Ce-nya pada GR

    wkwkwkwkw

    Postingan Yg Ndalem

    Slam Kenal

  8. Saya ini seorang nabi.😀

    *kaboor sebelum di halakan darahnya*

  9. Rasanya kurang lengkap…
    No. 7 Kumpulkan dana baiat kepada Nabi baru ini sekaligus mengeluarkan sertifikat masuk surga. Harganya tergantung dari pilihan surga yang dipilih.

    Ini baru keuntungan dunia yang nyata…. 😀

    N0. 8 Karena banyak sudah yang menjadi Nabi, kenapa tidak keluarkan panduan “The Leader of Nabi’s” saja sekalian….

  10. Kalau memeluk dua atau tiga agama sekaligus bisa ngga ya? Seperti kewarganegaraan ganda begitu! Haaaalaaah…. pertanyaan kacau!:mrgreen:

  11. kok mirip dng waktu saya bikin komunitas motor
    kecuali poin empat😆

  12. jgn lupa, bagi2 mis instannya jgn sampai ketauan oleh pemeluk agama lain yang lebih mapan dan cenderung ekstrim:mrgreen:

  13. yang resmi aja malas diikutin apalagi yg sesat terus dipalakin pulak. hehehe.. orang-orang kok tambah aneh.

  14. kemaren saya dapet wahyu supaya saya menjadi nabi untuk para blogger blogger yang tersesat..

    xixixixixix….

  15. pake aja kitab primbon…hehehe.

  16. Nice blog………….

    Mohon maaf bila informasi ini mengganggu dan tidak berhubungan dengan tema sobat…..

    Saya hanya ingin berbagi sedidikit tentang …..Cara tepat menyulap BLOG WORDPRESS menjadi sumber dollar.

    Sobat bisa jadikan wordpress menjadi blog bisnis. Setiap klik di blok sobat akan mendapatkan sekitar Rp.1,- sampai Rp.2,-. selama ini wordpress melarang penggunaan javascript sehingga untu memasukkan iklan insentif tidak bisa. Untuk itu sobat bisa memilih alternatif lain untuk dapat tetap memberikan dollar gratis.

    informasi dan petunjuk silahkan klik di :
    gallery-c5lxeuuycpfssic.usercash.com

  17. hahahah nyindir2 roy suryo segala😛 canggih ya bapak satu ini, orang2 forum telematika aja gak kenal , tau2 ada pakar gak dikenal tiba2 cari sensasi *digetok roy suryoh*

  18. Ratu Adil Satria Pandhita (dll dsb) nggak ditembusin juga, Deb? Kayaknya itu encounter langsung kita yang paling dekat (dan aktual) dengan generasi nabi-nabi baru ini.😆

  19. ada yang kurang :

    kafirkan penganut agama/kelompok lain….:mrgreen:

  20. Siapapun tahu bahwasannya sosok Tuhan itu dipakai dalam setiap agama,

    Nggak semua agama mempercayai Tuhan, lho.:mrgreen:

  21. ada-ada aja ya🙄

  22. *nyatet*
    *nyiafin kitab suci*
    *dakwah*
    mo jadi fengikud saia?

  23. ::hah..nyiapkan laporan ke departemen kenabian, ada ajaran baru mencetak nabi baru…😆

  24. tambahan lagi…
    pengikutnya sebisa mungkin mahasiswa (intelektual?)
    Faktanya, 60% pengikut alqiyadah itu mahasiswa/i

    apa lagi yaa…..

  25. Rumus yang sudah terkenal di dunia; kalau ingin terkenal, jadilah aneh dan lakukanlah hal –hal yang spektakuler (berbeda, intinya). Maka orang akan lebih mengenalmu. Tentunya terlepas dari apakah yang kamu lakukan itu baik atau buruk, yang penting spektakuler.

    Dan itu berlaku tidak hanya dalam bidang agama saja, tapi di semua lini (halah). Misalnya dengan cara bunuh diri yang aneh dan fenomenal, maka orang akan lebih terkenal dari semasa hidup.

    Tapi bisa juga berlaku sebaliknya. Kita tetap tak terkenal meskipun telah menjadi aneh😀

  26. @ mbelgedez

    Haa….? Podium dua ?:mrgreen:

    @ indiegal

    Sudah diganti.😀

    @ Uchiha Miyu

    Ingatlah bahwa siapapun bisa menjadi “nabi”.😆

    @ almirza

    Ha, kampanye ? Sudah bukan jamannya. Sekarang itu main dukun.:mrgreen:

    @ tse men the kid’s, agorsiloku

    Sudah ditambahkan, terima kasih.😀

    @ danalingga

    Bukan saya yang bakal “garap” situ, kok. Tapi FPI dan semacamnya.:mrgreen:

    @ Yari NK

    Hoo….bisa. Paling berat juga hanya hukuman kurungan gara – gara menyalahgunakan agama.:mrgreen:

    @ caplang™

    Berarti komunitas anda sesat.

    *Dibakar*:mrgreen:

  27. Makasih atas panduannya… pokoknya dunia kedepan bakalan ada banyak nabi-nabi saingan Rasul yang ada di quran.. hehehe🙂

  28. @ Shelling Ford

    Saya malah takut pasokan mie instan saya di rumah habis….

    (Apa hubungannya ?)

    @ Ronsen

    Hohoho….The World is going crazy.😆

    @ sandynata

    Wahyunya enggak valid, tuh. Harus pakai sertifikasi halal dulu.😆

    @ wedulgembez, gama, Dhima$ LN
    😕

    @ chielicious

    Lho, bukan saya saja yang menyindir “Pakar” Tele…. itu.:mrgreen:

    @ Catshade

    Dia Nabi agama kawin silang Islam-Buddha. Nggak boleh.

    Hohoho….bercanda. Segera saya masukkan.😀

    @ fertobhades

    Itu sih sudah kewajiban.😆

    @ Bambang Soebiawak

    Yang saya tahu, yang enggak percaya Tuhan itu nggak punya agama…😕

    @ hoek

    Nanti saya malah jadi gaul sampai mulut berbusa – busa.😆

    @ zal

    Ada ya Departemen Kenabian….?😆

    @ kurtubi

    Sudah ditambahkan, terima kasih.😀

    @ eMina Ga Bisa Login

    Teori terkenal itu sudah lama dipakai oleh selebriti.😆

  29. @ Kurt

    Sama – sama.😆

  30. Then you’re wrong.😕 Beberapa denominasi Buddhisme dan Jainisme (bahkan Kristianitas) nggak mempercayai Tuhan. Sebaliknya, nggak semua yang percaya Tuhan itu beragama. Contohnya juga banyak.😕

  31. Hooo…baiklah. Lebih bagus lagi kalau ada contoh orangnya.😀

    ..

    ..

    ..

    Kok malah bahas Tuhan ?

  32. Bro…minta blogrollnya dong

  33. Silahkan.

    Nanti dari Guest Room saja mintanya.😀

  34. “@ Uchiha Miyu

    Ingatlah bahwa siapapun bisa menjadi “nabi”. ”

    Yah…begitulah…

    keuntungan menjadi ‘nabi’? api jahanam?😆

  35. @ Uchiha Miyu

    Bukan. Kutukan MUI.😆

  36. salam kenal…

    salut… kalau mengingat you’re just 16… tapi bisa membuat tulisan seperti ini… two thumbs up…🙂

  37. salam kenal
    kretif nich ….Artikelnya

  38. Penyakit jiwa, ataupun mereka memiliki fantasi berlebihan sehingga kepikiran berbuat hal hal aneh …

  39. […] 1 November 2007 oleh M Shodiq Mustika Aku merasa tertarik mengikuti berita seputar perkembangan aliran-aliran keagamaan baru, semisal: Al-Qiyadah Al-Islamiyah, yang divonis sesat/murtad dan kemudian dinyatakan terlarang. […]

  40. 1. Tentukan Tuhan Anda

    The Great Spirit a.k.a Roh Agung

    2. Buat Kitab versi anda sendiri

    Chou Senji Ryakketsu

    3. Bernaunglah di bawah nama sesuatu yang terkenal

    Saya bernaung atas nama keluarga Asakura

    4. Kumpulkan Pengikut secara Sembunyi – sembunyi

    *Sebarkan pamflet*

    5. Berikan sebuah pernyataan bahwa anda Nabi

    Saya sudah pernah mati dan lahir kembali. Saya adalah nabi kalian.

    6. Berani Malu ! Kebal Peluru !

    *cast Oversoul Kurobina*
    Saya sudah kebal bahkan oleh rudal sekalipun.😆



    *Terbangun dari mimpi*
    Hah? Ada apa?
    *Keheranan*
    Wakakakak…😆
    Tapi apa sih yang mereka harapkan dengan jadi ‘nabi’? Bukankah sudah dijelaskan bahwa Nabi Muhhammad SAW merupakan nabi terakhir?😕

  41. *ketawa baca komen indielegal*
    Masih Tammy yang sama, HATE RELIGION LOVE JESUS, right?😉

    Yahh… agama itu kan komoditas bisnis sekarang ini. Makanya jadi pada bikin aliran seperti bikin TK😆

    *lirik kiri-kanan, mantau siapa yang bakal komen ala eminem*🙄

  42. hi hi hi😛
    Hiburan banget artikelnya …

    Saran tambahan. Upayakan memiliki keahlian meramal dan bermain sulap.

  43. Comming Soon….
    Aliran baru,Islam ajah…

    Peraturan…
    -Sahadat dirubah
    -Sholat kaga usah
    -Ngaji kaga usah
    -Zakat kaga usah
    -Puasa kaga usah
    -Pegi haji kaga usah
    -Kaga boleh orang susah

    Ketuanya: SAYAH

  44. Nggak semua agama mempercayai Tuhan, lho.:mrgreen:

    *melirik Theravada Buddhism, humanistic Judaism, dan Christian atheists*🙄

    Ya sudahlah, asal ndak misuh… ya aku nggak peduli. Tapi yang brekuasa peduli banget tuh main stempel.😛

  45. @ gncahyo, ki puspo

    ‘Makasih.😀

    @ RETORIKA

    Bukan, ditulis sambil kena meriang dan kejang – kejang…😆

    @ p4ndu_454kura

    Selamat ! Anda lulus. Sekarang andai menjadi nabi tanpa perlu mendapat sertifikat haramhalal.:mrgreen:

    @ alex

    Kalau “eminem” datang, dibacok saja.😀

    @ myresource

    Ditunggu..😆

  46. […] yth. Mihael “D.B.” Ellinsworth Situs alqiyadahalislamiyah.com yang kabarnya sedang Under Construction Situs Komunitas Eden Nabi […]

  47. […] PT HOEK SOEGIRANG, seferti Al Qiyadah Al Islamiyyah, Gomunidas Eden Salahmlulu dan lulusan dari kursus singkad oleh Mihael D.B […]

  48. Bosss sudah ada yang antri ambil formulir belum… ?😀

  49. mm.. bikin aliran Remot aja lah. Tinggal pencet, bisa ganti2 agama.xD Bergantilah agama disaat-saat yang menguntungkan. Ganti ke agama Islam pas mau ada pembagian daging kurban, ke kristen pas mau ada event celebrating x-mas & makan2, dsb. Ingin bergabung?x) *bagi2in formulir*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: