Blog Sebagai Hobi

 main-image-blog-sebagai-hobi-3.jpg

“Blog ? Hobi ? Apa Bisa ?”

Semua hal di dunia adalah hobi apabila anda menyukainya dan berani mengorbankan diri anda untuk kelangsungan perihal tersebut. Misalnya main Game Online sampai blingsatan karena ada niat menaikkan level karakter tertentu sampai sekian, bisa dikatakan bahwa hobi orang tersebut adalah bermain game online. Lalu bagaimana dengan Blog ?

Hobi Blogging hamper serupa dengan hobi mengarang ataupun yang berkaitan dengan media jurnalistik lainnya. Blogging dapat dikaitkan dengan tulis – menulis, kecuali apabila hobinya adalah copy-paste dari suatu artikel, atau memberi lowongan pekerjaan CPNS, atau Berdakwah secara Islami, itu semua, bagi saya, bukan termasuk kedalam dunia jurnalisme (Bagi anda tentunya berbeda).Tentunya saya tidak menyuruh kalian – kalian semua ke laut.

Secara pribadi, personality saya sebagai seorang Blogger jauh lebih bermakna, namun saya tidak memperbandingkannya ketika saya dulu masih menjadi seorang Gamer Online, seorang Maniak Friendster, ataupun saya yang bertransformasi menjadi seorang Gamer PC kelas high-end (Yang ini masih laku dipakai oleh saya). Namun, kiranya posisi tersebut tidak dapat mengubah keadaan Negara karena hobi tersebut hanyalah menuntut improvisasi diri anda seorang, sedangkan kemampuan politik anda dalam blogging dapat menciptakan suasana lebih segar dalam perkembangan Indonesia, secara keseluruhan.

Karena Blogosphere adalah tempat mencari ilmu, tempat kalian semua bertukar pikiran. Meski begitu, blogosphere juga sarat akan serigala – serigala haus darah yang senang berbuat kejahatan. Ibarat Konflik anarkis di berbagai tempat di Indonesia, Blogosphere juga begitu. Tetapi, tidak ada hambatan dalam membuat suasana tersebut sebagai salah satu tantangan Blogging bagi anda.

Tetapi, itu tergantung. Mau jadi apa dalam Blogosphere ini…? Ini menentukan kemana langkah anda selanjutnya.

Anda bisa saja menjadi orang yang taat peraturan Blogosphere, dalam hal ini peraturan yang diberikan WordPress, walaupun peraturannya tidak sempurna. Mungkin anda dapat menjadi seorang Blogger yang bertugas sebagai penegak hukum. Itu hobi yang tidka muluk – muluk, tetapi anda bisa saja dimusuhi oleh berbagai macam kalangan ketika anda secara diam – diam memberi report kepada Matt Mulenweg bahwa ada seorang pelanggar peraturan.

Anda bisa saja menjadi orang yang tidak taat kepada peraturan WordPress, dengan membuat artikel penuh link yang mengarah kepada suatu file yang dapat di-download. Tentunya anda melakukan itu atas dasar membantu sesama dan diri sendiri. Tetapi niat tersebut, saya kira, tidak bisa bertahan lama apabila suatu hari nanti blog anda di-suspend karena Blog anda penuh dengan link yang ilegal.

Anda bisa saja menjadi seorang bangsat yang sebenarnya enggan hidup lagi di dunia. Dengan begitu anda dapat mencerminkan blog anda sebagaimana adanya. Misalnya gara – gara anda hendak bunuh diri lalu anda mencurahkan isi hati anda didalam blog ini. Misalnya karena hidup anda sebegitu berantakannya, sambil mabuk – mabuk anda menceritakan semuanya secara gamblang di Internet, semua orang yang membacanya akan teriris hatinya dan memberikan beberapa komentar. Bagi anda itu manusiawi, bagi saya mungkin itu cengeng. Tak ubahnya dengan seorang autis yang sudah tidak ingin lagi hidup di dunia. Dalam artian lain, orang tersebut tidak mau menghadapi tantangan hidup.

Anda bisa saja menjadi seorang Juru Selamat yang bertugas menyerahkan falsafah dan fatwa dari Tuhan Anda tentang Agama buatan-Nya. Bisa saja anda menggabungkan agama yang sudah eksis sehingga menjadi agama baru. Tetapi sikap anda sebagaimana yang disebutkan di atas, adalah bentuk penyesatan umat. Terlebih lagi ketika anda berani mempromosikan artikel tersebut kepada seuah pemeluk agama yang yakin dengan agamanya. Resiko terkecil adalah pengucilan dan pemakian dari beberapa oknum. Saya tahu bahwa Blog tersebut tidak melanggar ToS, tetapi dia melanggar kaidah demokrasi dan HAM. Bahwasannya ada orang yang mengatakan bahwa tindakan penangkapannya adalah melanggar HAM tetapi sebenarnya dialah yang melanggar HAM dengan mendakwahi orang yang sudah beragama.

Anda bisa saja menjadi seorang Juru Agama yang bertugas menyebarkan agama anda ke seluruh penjuru dunia, tak ubahnya dengan Blogosphere. Dengan mengabaikan sejumlah larangan yang termasuk kedalam bid’ah, anda bisa menyebarkan bermacam – macam ayat yang menyerupai artikel maha panjang di dalam blog. Tetapi ini bukanlah sebuah misi yang mudah, karena akan ada banyak halangan yang mendera terutama dari blog kaum tua, blog berpengalaman, ataupun dari blog seorang bocah bau kencur seperti saya.😆

Anda bisa saja menjadi seorang yang mendalami ilmu SEO, sekaligus menjadi seorang pencari Trafik. Yaitu seorang yang dapat beriklan dengan menggunakan fasilitas Google AdSense. Yang kerjaannya adalah mengumpulkan pahala trafic sebanyak mungkin dengan berbagai cara, misalnya dengan memasang titel besar berjudul CPNS, CPNS, CPNS…Siapa tahu banyak mangsa masuk kedalam sarang dan anda akan menjadi terkenal. SEO Bisa menjadi hobi yang mendatangkan fulus berjuta – juta. Tetapi, bahwasannya ada beberapa fasilitator yang daerahnya enggan dirasuki oleh SEO ataupun AdSense, misalnya di dalam WordPress. Ada banyak korban yang tewas karena blognya dibekukan untuk selamanya oleh para petinggi WP. Menyoal SEO, lebih baik jauh – jauh dari sini. Tanpa AdSense, maka hobi anda mengumpulkan trafik adalah sia – sia. Blog anda dilihat dengan alasan yang tidak jelas.

Anda bisa saja mencari jodoh di sini. Seperti halnya kedua pasangan berbahagia yang setelah pertemuannya, mereka saling memadu kasih. Tidak ada larangan mengenai hal ini, tetapi ini agak menyimpang dari akal sehat karena blog itu tempat menulis, bukan tempat berpacaran.:mrgreen:

Perihal diatas adalah sekumpulan hobi bloging, yang dipecah menjadi beberapa sub-bagian, yang sudah saya agendakan semenjak saya berkunjung ke daerah bernama Blog-o-sphere, ditambah dengan agenda yang sama, disusun oleh Hoek.

Secara pribadi, sekali lagi, saya menganggap bahwa Blogging ini adalah sebuah hobi, tak ubahnya dengan seseorang yang gemar dengan Model Kit, ataupun seseorang yang hobi bermain arung jeram. Ditambah dengan Hobi saya menggambar dan Design membuat saya dapat memberikan blog ini dengan layout sebagaimana yang dilihat kasat mata, oleh anda.

Dan itu adalah sebuah wanti-wanti apabila dalam berhobi seperti ini, anda juga mesti melongok sebentar kepada peraturan yang tertulis, ataupun adat istiadat di sini, ingat bahwa blog adalah dunia yang dinamis, semua bisa berubah.

Tetapi semua tidak lepas dari kegemaran anda menulis.

 

62 Tanggapan

  1. blogging emang udah jadi salah satu bagian dari hobi saya menulis
    mudah-mudahan saya ga ngelanggar netiket yg berlaku
    dan saya sangat terbuka dng kritik dan masukan

    kok banyak yak artikel sejenis?
    tadinya mo nulis juga tapi nanti aja deh…

  2. eh ketinggalan…

    masalah adsense itu
    mudah-mudahan saya tak akan tergiur untuk menjadi komersil

  3. hooo….jadi emang complicated ya bro, ada beberafa norma yang ternyata bertabrakan dengan “peraturan” didunia blogosphere…
    ah ya, slalu aja dikau isa ngasi tulisan yang lebih tertata dibandingken saia. makasi yak! mhuehuehueheu

  4. Saya buat blog juga berdasarkan hobi. Soalnya blog yang ditulis lewat hobi akan lebih “cantik”. Yah, seperti disini misalnya.😉
    Sayangnya blog saya tidak.😦

  5. *nyomot main image*

    Haha. Cari jodoh.😛

    Iya juga ya, udh jadi hobi. miyu jg kalo ada kesempatan suka isi entry.

  6. blogging itu cuma salah satu wahana untuk menulis…. tapi yang membuatnya berbeda adalah adanya interaksi dengan orang lain.
    tapi saya juga jadi bertanya-tanya dengan orang yang mengejar trafik dengan tulisan-tulisan yang bombastis walaupun tanpa adsense. Gunanya untuk apa ya…… apakah masuk botd tiap hari itu sesuatu hal yang layak dibanggakan?

  7. @ caplang™

    Ide tersebut hanyalah ide yang terlintas ketika saya terkena wabah inspirasi.😀

    @ hoek

    Ada pula kelakuan yang melanggar norma justru tidak disentuh oleh peraturan WP.😀

    @ p4ndu_454kura
    Kalau diusahakan ‘kan bisa.😀

    @ Uchiha Miyu

    Kalau saya, blog itu hobi dan sedikit candu.😀

    @ itikkecil

    Tetapi, itulah warna blogosphere. Meski saya juga masih bertanya – tanya…😕

  8. *mumpung belon ada polisi blogsphere kali ya…. 😕

  9. Benar banget bos, blog itu sarana hoby saat anda sendiri dulu game online dan saya pun mengalami ketercengangan dengan gambar2 huuh di internet … tapi kini Alhamdulillah, ada yang membimbing rupanya, agar monitor yang kita pandang itu bukan panel2nya tapi what you write is who you are… tapi ini pun tentatif… karena menulis bagaikan aliran air.. so, semuanya bisa berubah jadi beku, dingin, keras, kering, basah sah sah sahhhh …🙂

  10. ini agak menyimpang dari akal sehat karena blog itu tempat menulis, bukan tempat berpacaran.

    ngakak guling-guling…. 😆

  11. blogging tuh asik:mrgreen:

  12. Mengupakan uneg-uneg. Kita ceplas ceplos aja, tak usah sungkan dan takut, heee

  13. Dan itu adalah sebuah wanti-wanti apabila dalam berhobi seperti ini, anda juga mesti melongok sebentar kepada peraturan yang tertulis, ataupun adat istiadat di sini, ingat bahwa blog adalah dunia yang dinamis, semua bisa berubah.

    Trims paman D.B. akan saya ingat pesannya😀
    syip

  14. Maaf, ada yang lupa…
    minta ijin memasang di blog gulung saya tuanku ndoro juragan baginda paman D.B.

    -terima kasih-

  15. @ abeeayang

    Tefat.😀

    @ kurtubi

    Maka dari itu, tulisalah dari sudut pandang objektifitas, bukan subjektifitas. Dlam artian bukan hanya opini pribadi.😀

    @ mbelgedez, Zazi
    😆

    @ Imam Mawardi

    Seperti itulah.😀

    @ goop

    Semoga bertahan lama, dan terima kasih atas pemasangan blogrollnya.🙂

  16. Tapi ntah knapa, kadang gara2 ngBlog ini waktu untuk yg lain jadi tersita … 😀

    #Fenomena manajemen waktu 😆

  17. halah! kamu khan nge-blog karena ngefans sama saya…😆

    *nunggu digampar debe*

  18. Hobi? Hmm, betul juga.😕

    Saya ngeblog karena saya senang melakukannya aja sih. Paling bagus, yang didapat adalah kepuasan batin tersendiri. ngejar duit? afa itu?😆.

    Tapi perlu diingat juga, bahwa hobi yang dikelola dengan baik bisa jadi hal berkualitas. Misalnya kayak fansub; yang ngerjain kan hobbyist semua.😉

  19. Me-nyoal tentang hobi, aku ngerasa kalau blogging gak bisa aku kategori-kan sebagai hobi-ku sih😉

    Aku melihat kalau blogging itu lebih ke penyatuan pikiran dari ber-bagai macam otak yang di-racik menjadi satu, untuk kemudian kita cicipi ber-sama sesuai dengan selera kita sendiri-sendiri, tapi ntah lah🙂

  20. Saya blogging hanya untuk media menulis… lebih enak daripada bicara panjang lebar secara lisan.😛 Sekaligus melepaskan stres.
    Dan gara-gara untuk satu tujuan itu, mungkin akibatnya saya jarang blogwalking kemana-mana. Terlalu egois, wahaha.😛

  21. Moga moga menjadi hobi yang berguna.

  22. @ Herianto

    Maka dari itu saya memakai waktu bebas saya untuk blogging.😆

    @ cK
    *Bertapa 7 jam, lalu menampar Chika*

    @ sora9n

    Kalau hobi provokasi orang itu termasuk tidak berkualitas, ya ?😕

    @ extremusmilitis

    Itu sih terserah opini orang.😆

    @ Xaliber von Reginhild

    Berkomentar panjang lebar secara lisan juga termasuk media pelepas stress.😀

    @ danalingga
    😀

  23. …kecuali apabila hobinya adalah copy-paste dari suatu artikel, …

    *ngakak …*
    Hehehehe “sapaan” yang halus😀

  24. tetapi ini agak menyimpang dari akal sehat karena blog itu tempat menulis, bukan tempat berpacaran.:mrgreen:

    Yang dibicarakan belum muncul ya?:mrgreen:

  25. saya ngeblog buat apa ya?

    *mengingat-ingat*

  26. hobi hobi hobi….

    bisa nggak, ya, dikombinasikan dengan:

    ibadah ibadah ibadah….

  27. apakah bisa dikatakan blog itu seperti candu?

  28. Jak, lo dah bukan sedikit candu, tapi sangat candu.

    sampai-sampai lupa ke kamar mandi

  29. *vote: hobby*

    *leaving*

  30. saya hobi banget nulis

  31. btw debe kok ga pernah komen lagi diblog teteh😦

  32. @ Mihael “D.B.” Ellinsworth

    Kalau hobi provokasi orang itu termasuk tidak berkualitas, ya ?😕

    Lha, itu ada manfaatnya nggak?:mrgreen:

  33. kalo saya ngeblog…
    ya mau jadi blogger…😀

  34. Saya mencium nama saya disini. kenapa ya?

    Ehm, blog memang tempat menulis, tapi juga tempat nyari pacar

    *lirik si Chika*

  35. Bocah bau kencur? Tosh dulu ah, kita sama dong, he he he. Bedanya umurnya saya sudah tua. Tapi, ketika ngeblog saya menempatkan diri saya sebagai anak kecil yang baru belajar. Dari blog saya belajar banyak hal. Termasuk dari blogmu ini lho.

  36. blog menjadi kata baru pada saat menyusun daptar riwayat idup😆

  37. hobi saya menulis bukan ngeblog, blog cuma sarana menulis saja….dan siapa tau ada yg baca dan memaki-maki tulisan saya..:mrgreen:

    tapi ada juga yg bisa membuat blog jadi mata pencaharian…🙂 atau tempat berkenalan dengan manusia-manusia lain….

    nice post….🙂

  38. senang berbincang-bincang dengan pikiran sendiri adalah alasan saya tetap ngeblog sampai hari ini. walaupun pada awalnya blog cuma sebagai sarana buat curhat huhuhuuh
    tapi lama kelamaan saya malah bisa nulis lebih panjang dari pada satu kali kirim sms huhuhu mengherankan memang tapi untuk orang seperti saya hal tersebut sebagai suatu prestasi yang sangat besar wakakakak

  39. […] wakdul Somad harus segera merelakan waktu nge-blognya buat Mesjid dan buat merawat kerbau kerbau ini. Agar di bulan haji nanti kerbau kerbau ini […]

  40. Blog adalah sarana menulis, untuk sharing pengalaman, yang semoga berguna bagi pembaca.

  41. @ deKing

    Itu, bagi saya seperti sapaan yang “jahat”.😆

    @ p4ndu_454kura

    Tuh, dibawah.:mrgreen:

    @ Guh

    Jangan sampai kepala anda botak karenannya.:mrgreen:

    @ Orang Aneh

    Kalau sudah masuk kriteria fanatik agama kebawah, gampang.😀

    @ GRaK, yarza

    Bisa. Bisa.😀

    @ rozenesia
    😕

    @ eMina

    Saya juga.😀

    Entahlah.😦

  42. @ sora9n

    Kalau tujuannya untuk kebaikan…?😀

    @ myresource

    Masa ngeblog tujuannya jadi tukang tenun…:mrgreen:

    @ Fortynine

    Tapi namanya bukan kontak jodoh.😀

    @ Hanna

    Saya sendiri masih anak kecil, masih harus banyak belajar. Kebetulan saja saya sudah setahun disini…😀

    @ almascatie

    Rasanya itu Biografi….😀

    @ Pyrrho

    Yang mata pencaharian itu apa ? AdSense ? Yang perkenalan ? Kenapa tidak ke FS atau FaceBook ? Disana juga banyak.😀

    Tapi blog juga bagus.😀

    @ bedh

    Kalau bisa berbincang – bincanglah dengan pikiran orang lain.😀

  43. saya ngeblog untuk ngumpulin recehan dollar🙂

  44. Blog itu hobi yang nggak bisa ditinggalin gitu aja menurutku!

  45. @ Mihael “D.B.” Ellinsworth

    Kalau tujuannya untuk kebaikan…?😀

    Itu mah bukan provokasi… Itu namanya “menegur”.:mrgreen:

    *main istilah*

  46. @ roffi

    Yang punya hosting sendiri bisa AdSense…😕

    @ evelyn pratiwi yusuf

    Sama seperti Modelling, tidak bisa langsung.😀

    @ sora9n

    Iya, iya…😆

  47. […] sang blogger edan yang tidak mengejar popularitas, melainkan kegiatan blogging ini hanyalah sebagai hobi sang blogger […]

  48. ajegile…
    gw awalnya iseng2 eh skrg beneran jadi hobi ngeblog
    tapi nggak nemu kriteria seperti yang disebutin di atas
    gw ga pernah baca peraturannya WP tuh, wakakakaka

  49. Kangen ngeblog …

    -Ade-

  50. Anda bisa saja mencari jodoh di sini. Seperti halnya kedua pasangan berbahagia yang setelah pertemuannya, mereka saling memadu kasih.

    *ngakak ampe reinkarnasi *

    Awalnya ngeblog gara2 mo nyari Adsense, eh skrg adsensenya malah brenti terbengkalai… terbalik ya.. hehehe… 😀

  51. @ Ade

    Seungguhnya saya pun tidak masuk kriteria di atas.😆

    @ Sayap KU

    Blogmu tidak bisa diakses, sih.

    @ CY

    Saya malah ingin fokus ke AdSense.😀

  52. Jangan sampai deh blog gw jadi ajang komersil

  53. Ade udah coba masukin username mas: chaosregion tapi user not found katanya…. karena blog Ade, Ade privasi (belajar dari pengalaman blog diacak acak orang)

    Hubungi Ade ya mas, untuk dapetin username mas PLEASE… kangen.

    -Ade-

  54. “Anda bisa saja menjadi orang yang tidak taat kepada peraturan WordPress, dst.”
    Wah..wah.. ini sih gue banget. Asli, dah kebukti. Blog ku kena suspend juga akhirnya. Buat yg lain, klo mau nakal, nakallah yg cerdas. Jangan membabi buta. Bila blog sudah jadi hobbi, pastikan merawatnya dg baik. Karena kehilangan itu menyakitkan. Bila sudah kena suspend, jangan sungkan untuk memintanya kembali. Itu sebuah teguran bahwa kita telah melanggar.
    Bila blog tujuan akhirnya materi, sah-sah saja. Malah bagus, kan ada poin plusnya. Ya nggak?
    Moga sukses boss dg adsensenya. Makan..makan…!:mrgreen:

  55. @ Strife Leonhart

    Pakai usaha, dong.😀

    @ Sayap KU

    Dimana aku bisa menghubungimu ? E-mail ?😀

    @ benbego

    Tentunya karena itu saya paling tidak ingin ada link nyasar ke file ilegal.😕

    Saya lebih suka untuk memberi hawa positif lewat sesuatu yang halal.😀

  56. […] Hobi saia adalah ngeBlog […]

  57. saya juga sedang berusaha meningggalkan dunia friendster n memasuki dunia blog, mohon saran n kritiknya bro, btw kita kan seumuran

  58. @ maxbreaker

    Hohoho…sebetulnya tidak perlu membuangnya, gunakanlah yang baik – baiknya saja.😀

    @ shinobigatakutmati

    Terima kasih.😀

  59. […] sudah sering pula dibahas pula pengembangan dari pertanyaan itu oleh berbagai blogger, entah itu [disini], [disitu], maupun di tempat-tempat lainnya (karena ingatan saya yang tidak cukup baik untuk […]

  60. Kalau tahu caranya, hobi ngeblog bisa menghasilkan uang… Lumayan untuk biaya bayar internetan. Mau tahu caranya? coba kunjungi blog saya..

Tinggalkan Balasan

