i-GOES ID ‘007 at STT Telkom

main-image-i-goes-id-2007-on-stt-telkom

GYAA ! Konata, jangan halangi gambarnya !”

Bukan gambaran Konata yang akan saya highlight kali ini. Bukan acara kampanye dan resolusi yang akan saya bawa hari ini. Hanya sebuah dokumentasi, dari sebuah acara yang dikhususkan untuk kalangan anak – anak Menengah Atas. Sebetulnya agak basi, soalnya terjadi minggu kemarin. Tetapi, adalah sebuah ‘kewajiban’ bagi saya untuk memberi sebuah representasi jalannya acara tersebut.

i-GOES ID 2007”. Itulah sebutannya.

Acara dengan semboyan “Informatics Goes to School” ini bertempat di STT Telkom Bandung. Dikemas dalam 2 waktu yang berbeda, dimana gelombang pertama sudah dilangsungkan seminggu sebelum postingan ini terbit. Adapun gelombang kedua dilangsungkan tepat pada hari ini.

Kebetulan undangan diberikan untuk 3 sekolah, dimana yang saya maksud adalah SMAN 5 BANDUNG, SMAN 8 BANDUNG, dan SMAN 22 BANDUNG. Acara tahun sebelumnya mengajak siswa – siswi dari SMAN 3 BANDUNG dan SMAN 5 BANDUNG saja. Lho, jangan tanya saya mengapa.

Dikarenakan oleh alasan kemanusiaan (Baca: lupa), maka sebagian daripada nama – nama yang seharusnya ada di sini terpaksa tidak bisa saya tampilkan.😀

photo-1.jpg

Acara dimulai pukul 09.30 WIB. Sedikit terlambat 30 menit dari jadwal yang seharusnya. Acara dipandu oleh 2 orang seperti yang ada di atas. Lalu diiringi oleh beberapa kata sambutan yang ditengarai oleh beberapa pengelola STT Telkom dan Penggagas i-GOES 2007. Selang beberapa belas menit, ada Jingle Representation yang saya sendiri tidak mengerti tujuannya untuk apa. Diikuti oleh Seminar Blogging yang dibawakan oleh Bapak Aditya S.

Tentu saja, ini yang paling menyenangkan. Tak kurang dari 6 orang bertanya kepada sosok yang satu ini mengenai masalah blog. Tentunya tak menyenangkan apabila kita melompat – lompat dari kejadian yang seharusnya, sehingga saya akan membahasnya satu – satu.

photo-2Konon, Blog adalah singkatan daripada Web Log. Adalah suatu bentuk aplikasi yang membentuk tulisan – tulisan dalam wujud posting. Ditempatkan pada sebuah halaman web umum. Fakta (yang berbasis opini) sendiri menyebutkan bahwa blog sudah dikenal semenjak tingkatan Sekolah Dasar (SD). Sebetulnya, hal ini hanya ‘berlaku’ untuk daerah Jakarta, Bandung, Surabaya dan daerah – daerah lain di Pulau Jawa.

Media yang tepat untuk blogging dapat kalian temukan di banyak tempat : Diantaranya WordPress (tentu), Blogspot, FS Blogger, Multiply, Live Journal, bahkan sampai Sistem Blognya STT Telkom. Sedangkan Komunitas untuk para Blogger dari berbagai belahan dunia bisa dikunjungi di Bloggerians. Sedangkan yang berskala nasional bisa ditemukan di Kampung Blog dan Indo.Blogs.

Apa yang kalian dapat dengan melakukan kegiatan Blogging ? Pertanyaan bagus. Menurut pendapat Rabecca Blood (yang notabene juga adalah seorang blogger), manfaat blogging adalah menemukan minat (Mungkin maksudnya hobi, soalnya minat ada hubungannya dengan kegiatan yang disenangi), serta menghargai cara pandang diri sendiri. Beberapa tambahan dari saya, blogging juga membuat anda lebih menghargai pendapat orang lain, tetapi ini hanya berlaku apabila anda sering mengunjungi blog orang lain dan melihat aspirasinya.

Ah, ada sebuah fakta yang cukup bagus : Menurut penelitian, sekitar 40.5% blogger itu amat mementingkan eksistensi sebuah Web Counter. 33.7% mengangapnya kurang penting, 25.8% sisanya tidak mementingkan keberadaan Web Counter tersebut. Tolong koreksi saya apabila salah.😀

Panduan membuat blog selengkapnya dapat dikunjungi di sini.

Ah, sebetulnya ada beberapa Chart yang ditampilkan, termasuk bagan mengenai web counter di atas. Sa-yang-nya, karena aku duduk di bagian tengah, kameraku tidak mampu menggapai sudut yang tepat untuk menangkap gambarnya.

Salah satu kekurangan presentasi disini mungkin ada di dalam bahan presentasinya sendiri. Masih agak kurang, menurut saya. Dan lagi, tidak disebutkan bagaimana sudut pandang etika dan kelakuan yang harus diingat – ingat oleh para blogger muda (khususnya saya yang memang masih muda). Meski begitu data – datanya sudah cukup valid dan menyenangkan untuk diikuti.

photo-3.jpg

Seminar Blogging berakhir pada pukul 10.42 WIB. Di sela – sela sesi istirahat, dihadirkan grup Keroncong dari STT Telkom. Pada saat itu, saya sempat – sempatkan untuk mengabadikan beberapa momen yang tidak berharga, maupun yang cukup bagus untuk dilihat.

Lalu ada perkenalan untuk produk Telkom yang paling terkenal pada pukul 10.57 WIB. Telkom Speedy. Speedy. Speedy. Siapa yang tak kenal produk itu ? Produk ASDL yang konon bisa mencapai batas kecepatan 384 kBps itu diperkenalkan kembali oleh pihak Telkom. Saya tidak akan membahas banyak tentang ini karena kelebihan dan kekurangannya bisa dinilai sendiri oleh anda.😀

Setelah prosesi makan siang dan keroncong (lagi), saya dimobilisasikan ke Labkom. Kabarnya saya akan diajar untuk membuat Web Design, menggunakan software Macromedia Dreamweaver 8 (Bukan Adobe Dreamweaver lho). Setelah beristirahat selama beberapa menit, saya memulai kegiatan tersebut pada pukul 1 siang. Dan inilah sesi yang paling menguras banyak waktu.

photo-4-realsize.jpg

Ada banyak hal yang saya pelajari kala itu. Misalnya saja membuat web yang bersahaja lagi hebat tanpa membutuhkan ukuran yang besar.”

Acara i-GOES ID 2007 ini selesai pada pukul 06.30 WIB.

Yak. Itulah dokumentasi acara yang berlangsung minggu lalu. Beruntunglah aku masih bisa banyak belajar dari acara seperti ini. Semoga saja pendidikan IT di Indonesia bisa lebih maju dimulai dari sekarang.😀

trademark-cr

38 Tanggapan

  1. skrinsut kamu mana? kok ga ada? hoax ah…😆

  2. Lho, saya tidak senarsis situ. Kameranya saya fokuskan kedepan, bukan ke wajah saya.😆

  3. Wah, enaknya sekolah dapat dan mengurus kegiatan IT kayak gitu.:mrgreen: Sekolah saya dapat undangan seminar robot Microsoft malah ngga diurusin sama guru ybs.😐

    *btw, ketigax kayaknya*

  4. Kalau di SMAN 3, malah menang jadi juara satu.:mrgreen:

    Padahal itu terjadi secara accidentaly. Saat saya istirahat, ada tempat pendaftaran untuk acara tersebut.😕

  5. Beruntung sekali.:mrgreen:
    Btw, ini SMAN 8 yang serupa sama yang di Jakarta? Atau berbeda?😕

    *ternyata tadi ngga ketigax*

  6. Wah, STTTelkom ternyata masih hidup.:mrgreen:

  7. @ Xaliber von Reginhild

    Entahlah kalau masalahnya dikaitkan dengan yang di Jakarta. Yang pasti SMAN 8 ini kelas satu. (Baca : Cluster satu)

    @ danalingga

    Begitulah adanya.😆

  8. ah, foto skrinsyutnya kepotong, bos..

    baguslah, anak muda harus banyak menimba ilmu….

  9. Seperti biasa, aku salah mengukur lebar halaman page ini.😛

  10. oooo, ternyata webcounter itu penting ya, jadi pengen masang. Tapi yang bagus apa ya? ada saran? Pengen ikut yang banyak😀

    Btw, apakah macromedia flash boleh saya dapatkan dan saya pakai dengan cuma-cuma? Kalau tidak, alternatifnya apa ya? Rekomendasi dari pihak panitia apa?

    terimakasih.

  11. Kalau saya sih, sudah memasang yang asli dari WordPress sendiri. Itu, yang bentuknya Poundsterling.:mrgreen:

    Kabarnya Adoba Flash (Yang sekarang) maupun Macromedia Flash itu berbayar. Ada beberapa jalan, dinatarnya bayar langsung ‘tagihannya’ di muka. Pakai crack, atau pakai software lain. Kalau tidak salah ada sebuah software bernama SwishMAX yang mirip dengan Flash. Hanya saja saya…lupa, soal berbayar / tidaknya.😀

  12. @ Db :
    SwishMAX berbayar juga. Tapi murah $149 saja. Kalo Mac.Flash $399.

  13. WebCounter itu semacam Blog Stats bukan?😕

    Kabarnya saya akan diajar untuk membuat Web Design, menggunakan software Macromedia Dreamweaver 8

    Ah, Dreamweaver. Software pertama yang saya gunakan untuk belajar HTML.🙂
    *teringat masa lalu*

  14. wah, ternyata…
    barusan daku jadi astor di igoes…
    wedew… anak 22 juga yah? sip2…

    kapan2 ketemu dunks…

  15. sip laporannya mantap bener dah🙂

  16. eh… sahabat saya itu anak STT Telkom *huee… ndak nanya ya?!*

  17. @ antobilang : hihihi… pak de pak de juga harus banyak belajar lohh…. biar ga ketinggalan sama yang muda-muda😀

  18. dulu zaman-ku sekolah nyang ada mesin tik doang, enak yaks sekarang😦

  19. *panggang sate iphan*

  20. Wah… bukannya dari dulu tuh IT udah goes to school? Aturan mungkin biar lebih mengena, fokusnya pada sekolah2 di pinggir kota kali ya?😀

  21. ADSL boss,..
    Bukan ASDL….

    Sori. Sepele segh,…. 🙂

  22. keren !

    hoh? ke STT Telkom juga?😯
    kemarin juga saya habis dari sana. Cuma jalan -jalan doang menemani seorang teman. dan malah foto2 doang:mrgreen:

  23. Hah, jadi ingat software pembuat html pertamaku…
    (baca: notepad :mrgreen:)

  24. @ antobilang

    Ah, baiklah. Ternyata berbayar. Aku belum menemukan alternatifnya sampai sekarang.

    @ p4ndu_454kura

    Iya. Sebenarnya itu, makanya saya tidak menyarankan menggunakan yang lain.😀

    @ bakazero

    Baiklah. Harus ada janji dulu.😀

    @ almascatie
    😀

    @ iphan

    Tepat. Saya tidak tanya.:mrgreen:

  25. @ extremusmilitis

    Yaa…semua kekurangan dan kelebihan itu ada pada zamannya masing – masing.😀

    @ Yari NK

    Mungkin maksudnya ingin mengenalkan dunia IT secara lebih spesifik. Selama ini ‘kan IT dikaitkan dengan Web dan Coding – coding lainnya. CSS-nya tidak diketahui, kadang – kadang HTML masih banyak yang belum tahu.😀

    @ mbelgedez

    Uh, typo.😕

    @ eMina

    Lho, saya ikutnya yang minggu lalu.😆

    @ yarza

    Rasa – rasanya NotePad itu kawan lama saya saat kelas IX.😀

  26. Setiap baca postingan disini, saya kok sering malu sendiri ya?
    *tepatnya sih minder dan malu sama umur*

  27. Enak ga kesitu?😀

    Kalo miyu, jumat kemarin ke Round Table conference ‘Pemeberantasan HIV/AIDS’ di Wisma KBRI Doha.

  28. Damn… Konakonaaaaaa…👿

  29. Fasilitas sekolahnya cukup memadai yach. Moga pendidikan IT di Indonesia terus berkembang sesuai yang diharapkan.

  30. coba dimarikaya gitu…

  31. DB ndak mempresentasikan blognya?😀

  32. debe, teteh memberi masukan sebaiknya debe masuk ITB saja, yang teknik informatika.
    atau UI di teknik komputer
    atau di polban di teknik komputer:mrgreen:
    *malah promosi*

    kapan ada acara begitu lagi ya, pengen ikutan..buat yang umum tentunya

  33. deb, pas acara itu ngasih saran gak ke panitia nya soal kekurangan-kekurangan yang debe sebutkan di atas

    Dan pematerinya nanya gak… ada gak peserta yang sudah punya blog…..

  34. Deb ..minat kuliah di stt telkom juga gak? hi3 duh jadi kangen kampus ku nan jauh di mato ituhhh…

    btw Adobe Dreamweaver? ini malah gue baru tau hi3..emang biasnaya pake macromedia punya produk tuh sayah..

  35. Saya malah ngga ikut, sakit sih >.<

    Bikin web? Cari model site2 doujin circle di Jepang. Warnanya rata2 polos, tapi enak dilihat

  36. @ qzink666
    😀

    @ Uchiha Miyu

    Lumayan untuk brainstorming.

    @ rozenesia

    Damn good, right ?😆

    @ Hanna

    Oh, itu sih fasilitas STT Telkomnya.😀

    @ SirArthurMoerz
    😕

    @ caplang™

    Takes enough aactions to be noticed.😀

    @ caplang™

    Mana bisa IPS masuk Informatika ?😆

    Saya maunya masuk DKV ITB.😀

    @ itikkecil

    Egh, sebetulnya sudah diwakilkan sih. Soalnya saat saya mengacungkan tangan, tak ada yang tanggap.

    Tapi saya bertanya soal ToS yang seakan – akan buram saat seminar Blogging waktu itu.😀

    @ chielicious

    Tidak. Aku tidak. Mau di ITB saja.😀

    Cynanthia

    Wah, itu sih kebanyakan desain 2D. Coba lihat site-nya http://www.pixel2life.net atau GameSpot. Rapih dan 3D.😀

  37. –debe—
    lha, kok saya dipanggil caplang tm?😕
    atau memang itu komentar untuk caplang juga?😕

    tapi nyambungnya sama pertanyaan sy ya..

Tinggalkan Balasan

