Bandung Blogger Coffeeland and Community Announcement

main-image-bandung-blogger-coffeeland-and-community-announcement.jpg
“Event : Bandung Blogger Coffeeland”
Menjadi seorang Blogger yang Kaffah bukanlah hal mudah, dikarenakan salah satu rukun untuk menjadi yang dimaksud adalah dengan menunaikan Kopdar. Ingatlah bahwa Kopdar itu adalah jahat, karena dengan tiada ampun, dompetmu akan terkuras habis dalam waktu kurang dari sekejap.
Tentunya itu tidak perlu ada di benak kami, Blogger Bandung yang kebetulan mendapat undangan Kopdar dari dua orang blogger kawakan bernama E Mina dan Cynanthia. Ups, sebenarnya saya juga diikutsertakan dalam juru kontak, meskipun itu tidak saya ketahuio sebelumnya.
Tentunya tanpa bermaksud untuk memanfaatkan situasi, saya juga memasukkan satu agenda ekstra (Selain makan makan dan Free Talk teu puguh), yaitu membicarakan soal eksistensi Komunitas Blogger Bandung. Dan ternyata itu mendapat animo yang sangat positif, bantuan datang dari segala penjuru ! Apa saja yang saya dapatkan dari kopdar kali ini ? Baca terus…
Bagian I : Kopi Darat
photo-1.jpg
Siapa saja yang datang ke acara kali ini ? Ternyata memang cukup banyak. Selain E Mina, Cynanthia, dan saya ini, masih ada 12 orang lainnya. Diantaranya adalah Senny, Irvan, Arif a.k.a Scooterboyz, Wildan, Fajar, Petra, Azman Azka a.k.a Fieldmarshall, Lockon Stratos, Aki Herry, Lafrania, serta Anggauzz dan Roy.
Keseluruhan daripada peserta kali ini tidaklah terkumpul dengan cepat. Saya dan Lockon yang sampai di mulut gerbang Cihampelas Walk (CiWalk) tepat waktu hanya mendapati figur seorang Fieldmarshall yang tengah menunggu tanpa kepastian.
Teori Ellinsworth I:
Individu pertama yang memberi kuasa pada Individu kedua untuk datang pada waktu yang ditentukan, sesungguhnya akan diartikan oleh Indivu kedua sebagai waktu pergi pada jam yang dimaksud.
Artinya ? Tentu saja akan ada (banyak) peserta Kopi Darat yang terlambat. Bahkan E Mina baru datang pada pukul sebelas lebih tujuh belas menit.
Adapun peserta Kopdar sempat tersasar ke beberapa bagian dalam gedung CiWalk. Senny yang waktu itu berada beberapa meter dari salah seorang koordinator tidak tergubris, karena tidak menunjukkan gelagat hendak melaksanakan kopdar. Lalu Fieldmashall dan Lockon sempat mondar mandir ke dalam Gedung untuk mencari beberapa orang yang mungkin ada di dalam. Cynanthia harus berdebat dengan orangtuanya untuk mendapat perizinan Kopdar. Sementara Aki Herry harus bertanya kepada beberapa orang yang bergerombol sebelum akhirnya sampai ke Rumah Makan Jepang Shin Men, tempat kami semua berkumpul.
photo-3.jpg
“Main Laptop, isi absensi.”
Seperti Kopdarnya Myresource beberapa waktu lampau, kamipun sempat sempatnya “mencuri” beberapa bangku dan meja (seenak perut) untuk dipakai para peserta kopdar. Banyak dari kami yang kaget dengan perilaku hewani Peserta Blogger yang ternyata jauh dari perilaku umumnya sewaktu di dunia maya. Kami berdikusi banyak. Tentunya mendiskusikan hal hal lumrah yang dibahas oleh para Blogger. Setelah prosesi Makan siang selesai, saya masuk ke dalam agenda selanjutnya, yang paling utama.
Bagian II : Agenda Komunitas Blogger Bandung
Yak, inilah tujuan utama saya mengikuti acara ini. Mungkin banyak Blogger yang sudah tahu eksistensi Komunitas yang satu ini, sedang dalam pengembangan intensif. Sempat diberi verifikasi bahwa ada pula Komunitas Blogger lain bernama “Bandung Blog Village”, yang ternyata sudah ambil tempat lebih dulu sebagai Komunitas Blog bandung. Maka dari itu, saya putar otak.
photo-2.jpg
Anak anak ITB + Aki Herry
Fajar sudah memberi jaminan kepada saya bahwa nasib Hosting dan Domain ada di tangan yang benar. Tentunya dengan timbal balik berupa Logo perusahaannya yang akan ditempel di situs yang dimaksud nantinya. Ah, tentunya perihal nama sudah kita telusuri.
Banyak dari komentator yang mangkal di Artikel terakhir mengenai komunitas Blogger, protes. Pasalanya nama sementara “Parisj van Java” yang saya usulkan salah dilihat dari sisi grammar dan terlalu berkesan Nederland. Banyak yang mengusulkan nama lain yang jauh lebih bagus. Saat itu, ada seseorang yang memberi ide dengan Nama “Batagor”. Suatu makanan khas Bandung, yang apabila diteliti lebih awal, itu adalah singkatan daripada “Bandung Kota Blogger”. Sedikit menarik, meskipun agak maksa. Ternyata pendapat peserta lain menunjukkan hasil yang sama positifnya dengan saya. Maka dari itu, diputuskan nama “Batagor” sebagai nama komunitas Blogger Bandung yang baru.
Sementara itu urusan hosting dan domain yang sebelumnya sudah diserahkan kepada Fajar. Kami beralih kepada masalah visi dan misi. Hal ini mengingat beberapa komentator yang mempermasalahkan hal serupa. Adapun Visi dan Misinya berbunyi seperti ini :
VISI
Wadah untuk mempersatukan Blogger blogger ataupun Komunitas Blogger yang berada di Bandung dan Sekitarnya
MISI
Membangun Komunikasi yang intens melalui berbagai media dan kegiatan
Membudayakan kebebasan menulis melalui media blog
Menciptakan suasanan kekeluargaan antar sesama blogger
Adapun sosok Fajar kembali berbaik hati untuk menafkahkan waktunya membuat Milis. Ehm, kurang apa antara Fajar dengan kontribusinya kepada kami ?😉
Waktu menunjukkan pukul 2 ketika Kopdar dinayatakan selesai. Tak lupa kami membayar Bill atas makanan yang kami embat saat jam makan siang (Harusnya sekalian minta maaf kepada empunya restoran, dong ? Sudah bikin ribut memberantakkan meja pula.). Tak lupa kami sedikit membuang waktu dengan berfoto ria sebelum hujan deras tiba. Adapun foto yang dimaksud sudah saya pampang di atas.
photo-4.jpg
“Kenapa, Mbak ?”
Beberapa orang sempat mengusulkan saya agar membawa serta sosok Budi Rahardjo, pada Kopi Darat bulan berikutnya yang direncanakan ada pada awal bulan Februari. Hal ini ada mengingat beliau sendiri berpandangan positif mengenai Komunitas ini. Semoga Bapak mau menerima ajakan ini, adapun jadwal Kopdar berikutnya akan segera diberitahukan.😀
Bagi Blogger Bandung yang kebetulan baru mengetahui mengenai undangan Kopdar ini, saya menghaturkan maaf karena pemberitahuan dalam Blog saya memang tergolong mendadak. Adapun seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, bahwa pada bulan Februari depan akan diadkan Kopdar yang sama. Sehingga saya sarankan untuk rajin rajin mengunjungi Blog ini. Lumayan dengan traffic yang bertambah.:mrgreen:
*Pergi lagi ke BIP untuk Kopdar dengan Moerz*
Artikel Terkait :

71 Tanggapan

  1. See you guys in next kopdar, everyone! 😆

  2. Saya baru tau klo DB nama aslinya Jaka…😆

    Banyak dari kami yang kaget dengan perilaku hewani Peserta Blogger yang ternyata jauh dari perilaku umumnya sewaktu di dunia maya.

    Hihihi…
    Wo ow kamu ketauan!!😀

    Walah si Moerz kesana cuma modal nekat ajah…😆

  3. @ Cynanthia

    Ya.😀

    @ Praditya

    Haha, sekarang si Moerz sedang berada di sebelah saya.😆

  4. P E R T A M A X
    ahahaha..maaf yah bro..saya bangun kesiangan euy..oke bulan februari kopdar lg yaaw.. jgn lupa bikin pengumuman di jauh2 hari.. oia milis ato agregrator buat komunitas ini lom ada yah?? ntar feed para blogger bdg akan saya masukan ke google reader saya deh biar keliatan update blognya..oke2..

  5. Selamat buat urang2 Bandung yang bermajlis taklim kopdar🙂
    lagi musim kopdar rupanya ya..
    ternyata kopdarian itu pemurah, buktinya berapa saja uang dibelanjakan tak masalah…🙂

  6. waduh…ga jadi pertamaxxx…hiks…

  7. moerz emang dahsyat!!
    selamat buat bloger bandung😀

  8. aing dimari……

  9. sukses buat blogger bandung🙂

  10. coffeeland itu tradermark saya! mesti pake TM! *ga penting*

    eh deb, ikut kopdar yang tanggal 6 yukk😀 😀

  11. Menjadi seorang Blogger yang Kaffah bukanlah hal mudah, dikarenakan salah satu rukun untuk menjadi yang dimaksud adalah dengan menunaikan Kopdar. Ingatlah bahwa Kopdar itu adalah jahat, karena dengan tiada ampun, dompetmu akan terkuras habis dalam waktu kurang dari sekejap.

    Makanya, kopdar itu jangan di tempat wong sugih.😛

    Tiru Jogja dong, di angkringan…😆

    *tanya mode:ON*

    Afakah efek komunitas ini untuk masyarakat?

  12. ehem ehem… akhirnya kau kecanduan kopdar jga Nak…

  13. ada Fajar, tapi kok gada Rifu ya?😕

    apa karena Rifu sudah ada pasangannya?:mrgreen:

    patah hati donk Jar?
    :mrgreen:

  14. all hail rozenesia: Rukun Blogger

    1. Punya blog
    2. Posting entry
    3. Blogwalking
    4. Kopdar
    5. Mengunjungi *****ku bila mampu

  15. @ Mrs.Neo Fortynine: Pasangan Rifu kan ga datang tuh…:mrgreen:

    *melirik*

  16. Sekalian hettrix…

    Wah, cuma makan-makan… Mana kegiatan gilanya?😆

  17. hiduppppppppppplah

  18. visi misinya dah bagus namun kurang banyak misinya,,, harus diperjelas, biar gak ada lagi yg nanya ato ngasih komen aneh2.

    kalo ada acara2 lagi kasih kabar gw ya…

    Nanti aing ajak barudak blogger Bandung yg aing kenal juga…

  19. Lha komen saya aneh?😕

    *mundur teratur*

  20. Numpang ikut boleh?

  21. @ n1ghtfly3r

    Sebetulnya pemberitahuannya juga agak mendadak.😀

    Sudah ada, hanya saja belum optimal. Jadi sih sudah. Nanti saya beritahu.😀

    @ Kurt, aRuL

    Terima kasih.😀

    @ cK

    Gun juga harus pakai dong.😆

    Ya, tadi juga Aki Herry dan Moerz sudah menanyakan hal yang sama kepada saya. Saya tinggal mengurus masalah perizinan. Yang tentunya sulit.😦

    @ rozenesia

    Itu yang jadi penunjuk jalan ke restorannya wong kaya.😆

    Tentunya (kami ingin) seperti yang tertulis di Visi.😀

    @ Mrs.Neo Fortynine

    Baru juga sekali tahun ini.😀

    Ri Fu pergi ke luar kota, katanya.😕

    @ rozenesia

    Salah, itu. Harusnya rukun lima diisi oleh Blog**.😆

    Kegiatan gila susah, Bung. Banyak saksi mata. Lagian para kaum Hawa akan ilfeel nantinya..😆

    @ LieZMaya
    😀

  22. @ purmana

    Tentunya soal misi akan kami perbaharui Februari mendatang.😀

    OK.😀

    @ rozenesia

    Saya sangat mengerti.😆

    @ manusiasuper

    Mau ikut apa ? Komen ?😆

  23. GOOD WORK DP!!!!!

    gak sia-sia, kami yang senior milih kamu sebagai ketua partai, heheheheehhe
    kerjanya bagus, heheheheh……

    sudah saatnya kamu yang muda-muda tampil, heheheh…..

  24. Inilah..Yang muda yang berkarya..

    Yang kuliah,mikir gimana lulus cepet..

    Yang kerja,mikir gimana mau dapet duit banyak..

    Yang SMA,mikirin apa yang ga sempet dipikir sama 2 tipe diatas..😀

    Gudlak deh,be!

  25. bagi foto2nya dongs…

    *gosip mode on*
    eh eh…kok ada foto yang close up satu cewe gitu?
    ada apakah gerangan? ;))

  26. Walah….

    Mbak-mbaknya berjilbab semua….

    Kok sayah ndak liat Chika Bandung….???

    ***ditimpuk dompet sama Chika Jakarta, Ditimpuk Peuyeum sama DB….***
    😆 😆 😆

  27. bagus2…saya jadi nemu EO kalo besok mau ngadain jumpa penggemar di bandung:mrgreen:

  28. Yang muda yang berkarya,
    Berharap tentunya nyambung kuliah juga,
    Yang kuliah yang berupaya,
    cepet selesai biar cepet juga dapet kerja,
    Yang kerja yang berusaha,
    Cepet naik karir, naik pangkat , banyak duit cepet kaya,
    Kalo ngga gimana?
    Ah paling2 kaya Aki Herry nyasar wae kemana- mana,
    Ngga deng ngga,
    Maksudnya sih dua jempol buat kaum muda!!!!!!!!

  29. Uhhh…gak bisa dateng tanggal segitu teh…ditunggu lagi info2 kopdar nya ya?😉

  30. aduh, bangunnya kesiangan -_-

    jd gak bisa ikut, coba pas jangan abis malem taun baruan.. pasti yg dateng rame…

  31. Asal waktunya pas sih saya mau saja datang. Apalagi topiknya adalah makan-makan … he he he. Bikin semangat!

  32. apakabar dengan blogfam teh?

  33. @mbelgedez : chika bandung sudah diungsikan …
    diungsikan keseluruh HD cowo bejat ..😀

    kalo chika jkt, ndak tau saya Om diungsikan kemana😐

  34. sekalian hattrick :

    knapa harus pasang jargon senior junior?
    berdasar umur manusia?
    berdasar umur blog?
    berdasar apa?

    kek kandang gajah aja kuliat ada senior junior…

  35. Wah, gw gak ngikut. Ntar deh kalo februari. Lagi ngirit, jadi kemaren gak balik ke bandung:mrgreen:

  36. wew…. foto gw kek mo makan orang…. -_-“

  37. Selamat deh buat acara makan2 nya😀 . *** Kesasar tadi blogwalking ***

  38. cewek jilbabernya cantik-cantik yaaa…
    😆

    hohohoh… DB kamu ketauan… ternyata namanya Jaka (Ireng)…

    wkkkk…🙂

  39. wah…. selamat dech yg yg dah kopdaran pertama kali,…😀

  40. siap2 semua.
    bakal ada kopdar lagi.😀

    -IT-

  41. selamat yah, saya sering maen ke bandung, mudah2an bisa jadi referensi saya kalo maen kesono buat mampir, saya di lampung juga sedang dalam proses pembentukan komunitas blogger dan sudah memiliki nama dan blog yang refresentatif silahkan mampir di blog kami dan rasakan pedasnya seruit lampung http://seruit.com

  42. hiks, gak diajak.:mrgreen:

  43. setiap dateng ksini, selalu ngedapetin komen nya udah bejibun, kapan ya bisa pertamax😀

  44. […] Bandung Blogger Coffeeland and Community Announcement […]

  45. @kamal87
    Salam,
    He he bisa pesan pertamax online liwat sms ke db,

  46. Sukses buat sobat di bandung yeuh….

  47. RAMEEEE!!! O___O

    Haha! Ada yang salut “Hail Hitler!”

  48. Wah, next event kayaknya gw bakal sibuk sama kerjaan sekolah

  49. Wah…wah…ber-arti naga-naga-nya, komunitas blogger Bandung bakal makin heboh dan ter-organisir yaks?😛

    *lagi mikir ngelaporin ke … bahwa ini embrio organisasi ter-larang yang bakal besar*😆

  50. *ngakak baca komen oom leksa yang no. 3*

  51. Ah, saya menyesal tidak ikut >_<
    Ntar kalo ada lagi kabar-kabari yak…

  52. Ehemn… Dengan titah para Joki Kuda Andong, saya mengelaurkan fatwa: “Tidaklah sah peresmian sebuah komunitas blogger tanpa menghadirkan seorang full-time blogger teladan yang legendaris itu…”

    Referensi:
    http://ndorokakung.com/2007/12/29/balada-pecas-ndahe/
    http://escoret.net/blog/?p=775

    Wohohohoo…

  53. Anoo… Komenku dimoderasi karena ada 2 link. Loloskan!!

  54. “Membangun Komunikasi yang intens melalui berbagai media dan kegiatan”

    intim juga ndak?:mrgreen:

  55. ok, kabari terus ya,,

    supaya yang dateng tambah banyak..

  56. @ tante_angga

    DB, bukan DP.😆

    @ scooterboyz, rumahkayubekas

    Terima kasih.😀

    @ rani!

    Mungkin nanti saya .ZIP dulu.

    Lho, itu seni. Seni.😆

    @ mbelgedez

    Masalahnya Chika yang ini bukan Blogger…😆

    @ Dekisugi

    Sewa saya agak mahal, ya.😆

    @ Donny Reza

    Siap – siap dapat kabar di sini.😀

    @ angga

    Seruan berupa “Kopdar” agar tidak tidur malam.😆

    @ Budi Rahardjo

    Hahaha…Mungkin Februari nanti bisa lebih diatur.😀

    @ leksa

    Saya nggak urus Blogfam.:mrgreen:

    @ tukangkopi

    Ditunggu kedatangannya.😀

    @ Petra Barus

    Saya memang suka mengabadikan yang aneh – aneh.:mrgreen:

  57. @ imsuryawan, dobelden

    Terima kasih.😀

    @ GiE

    Setidaknya nama saya nggak aneh.😀

    @ abahoryza

    Dukung <a href=”http://batagor.netkomunitas kami juga yang sedang dibentuk.😀

    @ Rully, Uchiha Miyu
    😆

    @ kamal87

    Suatu hari nanti.:mrgreen:

    @ rumahkayubekas

    Wah, jangan. Saya nggak jualan bensin.:mrgreen:

    @ Lockon Stratos a.k.a. Tendo Soji

    Semoga sukses dengan Shinobi-nya.😀

    @ extremusmilitis

    Hush, organisasi ini sudah dicap halal oleh MUI.:mrgreen:

  58. @ mistervandy

    Ya.😀

    @ rozenesia

    Summon Blogger terkenal butuh lebih dari sekedar biaya, bung.😆

    @ Lockon Stratos a.k.a. Tendo Soji

    Nggak.

    @ tikabanget

    Tidak tahu ituh…..

    @ atmo4th

    Iya.😀

  59. woah…
    makasih yah dah mau kopdar..
    hehehe…
    makasih banyak saudara deathberry…

  60. Saya baru sadar disana ada Marsh! O__O

  61. eh, batagor net nya udah jadi belum ya?

    walah, ada rice-rice klos up gitu:mrgreen:

    o ya, mungkin nanti kedepannya, harus ada kontak hape untuk memudahkan kumpul?
    kasian juga moerz..sampe mau bakar ciwalk juga dia ^^

    eh, jadi debe kopdar lagi ama moerz?😯
    wow..

  62. *ngakak liad foto*
    lha, ketawanya telat -_-

  63. Err… itu foto pertama Bagian I emang cuman bagian atas atau koneksiku yang lagi lemot?😕

  64. wah2 pengin ikut…

  65. pengin ikut…

  66. oh ya, mesti daftar ke mana kalo ingin gabung ke aggragatornya batagor.net?

  67. hmm bener juga yah kalau salah satu kewajiban blogger itu adalah sosialisasi, a.k.a kopdar. tapi sampai hari ini masih belum sempat juga. walau kadang nongkrong ngeliatin posting posting di batagor.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: