Seni Mencari Sensasi

main-image-seni-mencari-sensasi.jpg

Sumpah, kok. Bukan saya !”

Mencari sensasi adalah suatu usaha untuk membuat eksistensi di kelas masyarakat. Usaha seperti ini sangat mudah dikenal di kalangan masyarakat, khususnya kelas Blogger, ketika melihat sesuatu yang berbau “wah !”, bombastis, ataupun menggiurkan. Nyata – nyatanya, sensasi yang dimaksud tidaklah selalu positif.

Membuat sesuatu yang sensasional juga tidak akan selalu mengenal jalur. Bisa jadi, orang menjadi sesuatu yang sensasional karena apa yang dia bawa adalah sampah. Sensasi tidak harus selalu halal, tho ? Keyword yang Adult-Based pun bisa jadi jalan penyelesaian untuk selalu bisa nampang di setiap 10 Besar BOTD. Tetapi kita tidak sedang membahas perihal sensasional yang gampangan macam itu.

Benar ataupun tidak, banyak dari kita yang berusaha menjadi sensasional. Naluri alam kita akan selalu mengusahakan sesuatu untuk menjadi yang terbaik. Salah satu naluri alam kita adalah harapan. Tentunya akan ada suatu keinginan bagi kita untuk menjadi yang terbaik. Sehingga menjadi seorang yang bombastis tidak bisa dicap buruk.

Commentator : Bung, gw mau nanya.”
Ellinsworth : “Hm ?”
Commentator : “Apa hubungannya antara yang diatas sama seni yang bakal dibicarain ?”
Ellinsworth : “Ealah, belum juga selesai ngomong..”

Gampangnya, saya akan menjelaskan bagaimana menjadi seorang sensaional yang mudah, tidak peduli bersih-tidaknya kadar yang akan dibeberkan. Karena bagaimanapun, anda belum tentu tahu mana yang merupakan sesuatu yang besar dan yang bukan. Hebatnya, kacamata pengalaman yang membuat saya menyusun artikel ini, sehingga tidak selamanya bisa dicap benar.😀


I. Misalnya anda membaca berita…

Lalu anda melihat headline sebuah berita yang amat menarik. Siapa kira anda tertarik untuk membuat headline yang serupa di Blog anda ini. Blog ? Kenapa harus blog ? Jelas, karena kalau anda buat headline di situs majalah, maka tidak akan sejalan dengan artikel kali ini. Bisa jadi anda akan mengambil sebagian atau seluruh berita yang ada, agar kemungkinan orang datang juga semakin besar.

Media tidak hanya datang dari koran. Tentunya bukan yang tabu (kali ini) untuk menggali ide dari dunia infotainment. Gosip banyak dicari oleh berbagai kalangan. Dengan alibi sebagai blog sumber informasi, anda bebas menaruh informasi yang belum dites kebenarnya di dalam media yang bersangkutan.

Sebut saja itu adalah kegiatan rutin anda, maka jadilah blog anda sebagai sinetron striping. Harus memiliki jadwal ketat untuk penayangan artikel secara teratur. Kebiasaan comot sana – sini pun akan menjadikan anda seseorang yang tidak kreatif. Tapi, semua itu harusnya terbayar dengan tinggi traffic rate blog anda. Lebih lagi, tulisan yang anda ambil itu sensasional, begitu pula aura yang didapat akan langsung menyambar kepada diri anda (Blog anda juga, tentunya).😉


II. Atau anda melawan sesuatu…

Bagaikan melawan arus mainstream yang besar, anda diciptakan (dalam kasus ini) sebagai seseorang yang anti dengan kebiasaan seseorang. Anda juga harus membiasakan diri untuk melawan sesuatu yang amat besar pengaruhnya terhadap dunia. Sebenarnya apa yang saya maksudkan kali ini ?

Kita ambil contoh. Misalnya anda mengetahui bahwa novel Harry Potter amat mengguncang dunia. Kita tahu bahwa seorang J.K. Rowling telah mampu menyihir dunia jurnalisme dengan imajinasinya yang luas. Hampir semua orang menyukai novel yang dia tulis ini, apa pedulinya dengan anda ? Atau malah seharusnya anda memanfaatkan kesempatan ini untuk melawan arus. Anda sebut saja Harry Potter adalah kafir dengan Sihirnya yang kufur.

Atau apabila contohnya belum cukup, baiklah. Kita menengok kebelakang. Seharusnya banyak orang (yang menghuni Blogosphere benua WordPress) tahu mengenai kasus Doraemon yang dicap kafir oleh sebagian kalangan. Contoh mencari sensasi ada di sana. Siapa yang tahu tentang siapa ? Kalian punya pendapat sendiri, siapa sebenarnya yang mencari sensasi. Bisa saja saya, tho ?😉

Tentunya itu semua tidak cukup untuk anda. Apalagi cara mentah seperti itu biasanya akan kembali dianggap sampah oleh kebanyakan orang. Apabila kebetulan anda adalah seorang penganut dalih, ehm…dalil, tambahkan bumbu – bumbu tersebut kedalam artikel anda. Fatwa Tuhan dan Nabi ‘kan paling sulit untuk ditentang.

Tentunya cara ini akan sulit apabila anda mendapat komentar bernada sinis. Maka dari itu, seharusnya anda memiliki cara tersendiri untuk berlindung. Misalnya mematikan fungsi komentar. Atau Moderasi Komentar. Atau yang lainnya.

Voila. Jadilah. Mengapa harus susah – susah untuk mencari sebuah sensasi. Bukankah banyak jalan menuju Roma ?😉


III. Bisa juga anda menjelek – jelekkan…

Mengumbar hal negatif tentang seseorang juga bisa membuat anda jadi terkenal lho.

Tahu kasus antara Malaysia dan Indonesia ? Yang seperti ini adalah contoh sederhana mengenai sesuatu yang dapat dijadikan bombastis. Sifat saling ejek – mengejek dapat anda tambahkan sebagai bentuk popularitas alternatif anda. Caranya cukup simpel, hanya saja agak berlawanan dengan poin kedua yang saya sebutkan di atas.

Intinya adalah mengikuti kemana massa berteriak.

Dalam hal ini, anda bisa saja mengenyampingkan eksistensi blog anda, lalu bertarung di tempat yang lain. Misalnya di ForumForum. Bisa juga anda melirik sekali lagi Blog anda dan membuat artikel yang sejalan dengan naiknya popularitas anda nantinya. Jadilah seorang pembajaktraffic yang baik. Mengingat banyak yang tidak akan mau tahu mengenai kebrobrokan yang dijalin nantinya, meningat juga kalau mau adu mulut dengan aparat negara harus pakai izin dan administrasi dulu, siapa yang harus peduli ?


IV. Jadi ?

Harusnya anda mendapat inspirasi mengenai apa yang harus anda lakukan untuk menjadi kandidat terkotor dalam mencari sensasi. Sensasi sejuta pengunjung itu tidak perlu susah – susah.

Tetapi anda harus tahu beberapa hal sebelum anda memulai usaha macam ini.

Saya sendiri tidak suka hal ini. Menjalani poin – poin di atas berarti anda siap mendapat resiko untuk dikucilkan oleh sebagian kalangan blogger. Harusnya tidak masalah kalau anda mempunyai ideologi dan kadar egoisme tinggi. Lalu kemungkinan untuk menjadi jahat dimata kemanusiaan pun terbuka lebar.

Gampangnya, anda bodoh sekali apabila mau menjalani ini. Saya sendiri tidak mengerti mengapa masih ada saja yang mengikuti keseluruhan poin – poin diatas. Untuk yang pertama, saya sendiri masih maklum, mengingat itu sebuah hal yang wajar untuk menajdi seorang bloger yang kaffah (Selain menunaikan kopdar, tentunya). Dan lagi, anda juga tidak mau lama – lama menduduki tahapan pertama, kan ? Ah, itu masalah lain.

Jadi, bagi anda yang benar – benar menganut perihal di atas, seharusnya adna sadar diri juga, dong ? Apakah anda hanya menegakkan ideologi anda semata, tanpa mau mendengarkan orang lain ? Ataukah anda hanya berusaha mencari blog traffic yang tinggi tanpa pernah tahu sebenarnya apa timbal balik dari semua itu ? Ataukah anda bukan manusia ?😕

Dan satu lagi, tidak selamanya yang anda lihat di sini adalah refleksi dari pemilik blog. Adapun sebenarnya makna tersembunyi ada di sini. Tidak semuanya terbuka, kadang – kadang anda harus jeli dengan apa yang sedang anda lihat sekarang ini. Toh, ini adalah latihan membaca agar anda pintar menerka – nerka maksud saya.

58 Tanggapan

  1. Saya ndak suka sensasi, kadang menyulitkan diri..😀
    Dan saya lebih suka kripik daripada trepik😆

  2. Kayak semisal Britney Spears di gundul ?😕

  3. Kadang sensasi muncul tiba-tiba, tanpa disengaja. Ada juga tulisan gw yang udah sesuai dengan teori di atas, terus malah loyo, ga ada yang baca. Yah.. ujung-ujungnya malah mikir. Ngapain juga stress mikirin post kita bikin sensasi. Nanti malah gila.

    Lagian ada harga untuk sebuah sensasi. Udah banyak yang ngalamin.

  4. Saya lebih suka kalau trafik tinggi karena emang tulisannya bawa manfaat. nggak cuma nyampah macam post2 bokep.

    *saya nyampah, nggak, ya?*😕

  5. saya sampah nggak yaks 😕

  6. Hehe…
    saran-sarannya boleh juga ituh😀
    nyari sensasi, perlu ngga ya??
    mirip artis aja:mrgreen:

  7. Hoahalah, debe mah aya’ aya’ wae,
    Sensasi ngga sensasi, he he nu pasti kadarieu geura rame,
    Bisa’an euy si debe,
    ke ke,

    “untuk menjadi seorang blogger yang kaffah (Selain menunaikan kopdar, tentunya)”.berarti besok pada kopdar kite?,
    Sok atuh bisi ada yg mo bareng ane,
    Ketemuan dimane?
    Deb, dah dapet ijin ti si Babe?

  8. @ Praditya

    Nah, lho. Yang cari sensai saja masih banyak, tuh.😀

    @ Zazi, Abeeayang™, Cynanthia

    Nggak tahu juga, ya…

    @ hariadhi

    Sensasi gagal, dong ?:mrgreen:

    @ goop

    ‘Kan yang saya sebutkan di atas adalah sensasi yang cepat. Kalau sensasi yang ‘halal’, sih….😀

    @ rumahkayubekas
    :mrgreen:

    Kopdar mah bulan Februari.😆

    Deb, dah dapet ijin ti si Babe?

    Fajar ?

  9. nyo.
    klo gt blog sayah nyampah..??

  10. Kalo niat saya ngeblog ya hanya karena pengen nulis..
    Buat apa nyari trefik, gak dapat duit ini..:mrgreen:

  11. @ dhezsya

    Itu semua tergantung persepsi anda, tho ?😀

    @ qzink666

    Sekarang, saat saya cek, niat saya juga sama, seperti itu…😀

  12. berarti ngeblog gak ikhlas donk…
    yang penting kan postingan kita ndak sesat…
    hehhee…

  13. kalo saya awalnya cuma iseng trus ketagihan apalagi ada kyai kurt yg bikin sejuk badan hehehe..

  14. Cari sensasi?

    Sekarang yang kurang penting banyak😆

  15. sensasi itu apa sih? 😉

  16. Apa sih arti penting dari sebuah sensasi…??

    Memang kalau trefik blog itu bagus atau jelek?? Gak ada bedanya ah… yang tampang pas-pasan gak akan jadi ganteng, yg hidup susah gak akan tiba-tiba jadi konglomerat.

    Ini adalah dunia blog, tidak semuanya yang terjadi di alam maya akan berpengaruh pada kehidupan nyata kita

  17. ntar seleksi alamblogsphere koq. yang cuman cari sensasi akan ditinggalkan sedangkan yang berbobot akan dikagumi.

  18. lama-lama juga bakal hilang mas,, kaya blog berita setan, ratu blogger…

    nasibnya gak akan jauh

  19. ah, fostingan ini juga sefertina mencari sensasi, buktina mbahas soal blog yang nyari sensasi…
    *dihajar sang baginda*
    .
    .
    masalah felik ini kawand, soale bloger itu banyak godaan, yang ngga tergoda ya yang funya niat dan fikiran yang jernih bahwa blog adalah media menulis, ya seferti baginda Mihael ini *menjura*. tidak lebih tidak kurang. Bukan sebagai tempat mencari jodoh, mencari fofularitas, mencari trefik, atau godaan-godaan yang lain. Huff…terlebih lagi, kita-kita ini juga masi ngekost di WordPress. Untuk afa juga nyari hal-hal yang begiduan. hmmm….
    .
    .
    ko ya komeng saia jadi fanjang sangadh begini…

  20. kalau narsis itu cari sensasi ga?😀

  21. Jadi intinya menegur para botd-er ‘sensasional’ itu kan?

    Untungnya mereka segera minta maaf ya, kalo nggak, mungkin bisa jadi ‘most wanted (dead or alive) wp criminalist blogger’..

  22. Bah, keduluan mr. Hoek. Tapi tak apalah…

    II. Atau anda melawan sesuatu…

    Sebenarnya ini masalah sudut pandang. Boleh jadi ada pihak yang menilai pengkafiran Doraemon sebegai cari sensasi belaka, tapi ada pula yang menilai bahwa tanggapan atas pengkafiran itu (misalnya menolak) adalah cari sensasi juga. Intinya ya masalah sudut pandang, dari sudut mana kita menilai sesuatu. Masalah adalah ketimpangan antara harapan dan kenyataan. Boleh jadi ini masalah bagi kita namun bagi orang lain belum tentu. Subjektifitas dan relativitas bermain di sini.😀

  23. Kek artis aja, pake sensasi segala untuk meningkatkan keterkenalaan.

  24. Mungkin ditambahkan : (tapi jangan diikutin)
    Pilih tema yang agak ‘nyeleneh’, unik dan kontroversial
    Misalnya blog paranormal, blog gay, blog lesbi, dsb.

    Blog paranormal cukup sensasional juga loh….!!!
    Gw lupa apa nama site-nya. Yang pasti ada ‘Mbah-Mbah’-nya itu loh.

    jadi kepikiran bisa gak ya ngirim pelet lewat e-mail…. :mrgreen:

  25. *menikmati diskusi sambil minum teh*

  26. Kok link-nya banyak menjurus ke seseorang yang Salaf itu ya,,?

  27. Rasanya hampir mirip Jabizri’s guide to be a seleb blog dengan bahasa serius….

  28. tambahan, sorry dobel….:
    Tuh kan! emang hampir sama!

    Ketahuan!!!!!!

    Jangan ngeles!!!!!!!

    Kalo ngeles berarti post ini juga cari sensasi!!!!!!!!

    *kabur*

    kekekekkekekekek!!!
    :mrgreen:

    JOKE!

  29. @StreetPunk:

    Untungnya mereka segera minta maaf ya, kalo nggak, mungkin bisa jadi ‘most wanted (dead or alive) wp criminalist blogger’..

    😆
    Kecuali kalo udah dilaporin?😕

  30. Mau ngeblog apa mau jadi seleb sih? koq pake sensasi segala🙂😀

  31. bolehlah sensasi diusung dalam blog seseorang, sah-sah saja bukan?

    kecuali bila ngeblog harus menggunakan SIN, Surat Izin Ngeblog…

  32. @ Cynanthia: kalo udah dilaporin ya berarti huru-hara tentang hal tersebut bisa agak diredam

  33. huhu… di tempat saya ada yang baru
    INI BENAR=BENAR SENSASI BUNG>>!!
    Sumpah gak boong!

  34. @qizinklaziva
    Kan skarang emang fenomena seleb blog, dengan cari sensasi

    (lirik DB)

    (kabur)

  35. SENSASI boleh2 saja…..

    Tapi jadi RISIH, soalnya semuanya berbau PORNOGRAFI !!!!

    ADA APA INI ???? KAPAN SEMUA INI AKAN BERAKHIR.

  36. selama sensasinya ada dalam jalan lurus boleh ajah kata nenek hehe

    kang sensasi teh yang suka dipake buat nyambeul ya?

  37. wohoohoo

    ulasan cukup menarik bro

  38. Salam..

    gak cari sensasi …takut dosa dan difatwakan K***R…
    oh ya..mas thanks udah jalan2 ke blogku

    salam,

    kurniawan

  39. Jadi ingat senior blogger yang dulu menuduh Ade mencari sensasi melalui BOTD … ehm, semoga tidak terjadi lagi, karena Ade hanya Ade bukan mencari sensasi … tulisannya bagus.

    -Ade-

  40. Kadang, dalam menghadapi persaingan yang makin keras seseorang selalu dituntut untuk berbeda agar bisa survive. Orang yang menyikapinya dengan positif, hal ini menjadikannya lebih kreatif, menjadi beda sehingga dia makin sukes, tanpa mengubah citra dirinya. Tapi orang yang menyikapinya dengan negative, itulah, malah membuat suatu hal yang sensasional. Tak peduli dengan stigma baik atau buruk, yang penting bikin sensasi biar cepat terkenal.

    Menurut saya sih, mencari sensasi itu lebih terkesan dipaksakan. Lebih baik, jika ingin tetap eksis dipasaran (bidang apapun itu), ya be creative dan inovatif, dalam konteks positif.

  41. Sensasi sih boleh, tapi lebih baik mendapat-kan-nya men-jadi diri sendiri.
    Kalau kita ingin di-hargai, maka kita harus meng-hargai terlebih dahulu. Jadi kalau kita ingin di-dengar, maka dengar-kan-lah orang ter-lebih dahulu.😉

  42. Halah…ini dia !

    Judulnya yang Heboh. plus tag nya yang bikin heboh … jadi tinggi deh traficnya !😕

  43. @ Moerz, yarza, danalingga gi fakir bandwith
    😆

    @ brainstorm

    Sensasi ‘kan tidak harus selalu berbau negatif. Sensai yang saya tulis diatas sih negatif semua, mungkin.😉

    @ Um Ibrahim

    Begitulah definisinya.

    @ purmana

    Gampangnya sih, trafik akan jadi penting ketika anda bisa menguangkannya.

    Apa lagi kalau bukan… ?😉

    ——-

    Hohohoh, saya pertimbangkan idenya.😀
    @ aRuL, atmo4th

    Bisa juga sebaliknya, tho ?😉

    @ Hoek Soegirang

    Saya, sih, didasari dengan niat. Saya tidak melarang sensai yang benar, kok.😀 Yang saya beberkan di atas itu sensasi yang, sepengetahuan saya, “jelek”.

    Sebetulnya traffic sendiri tidak bisa dipersalahkan, itu tanda kalau blog anda laku. (Tapi kalau anda hosting dan dibatasi bandwidth, ceritanya berbeda)

    @ cK

    Yang itu jangan tanya saya.😀

    @ StreetPunk

    Ya.

    @ rozenesia

    Ya, sudah saya tekankan di bagian yang sama, bahwasannya itu semua kembali kepada perspektif kalian semua.

    Kalian punya pendapat sendiri, siapa sebenarnya yang mencari sensasi. Bisa saja saya, tho ?

    Poin kedua itu saya rasa yang paling ambigu, makanya dijelaskannya harus panjang…

    @ p4ndu_454kura

    Kursi harus disewa di sini.😆

  44. @ manusiasuper

    Contoh, referensi. Kebetulan ketemu.😀

    @ Lockon Stratos a.k.a. Tendo Soji

    Nah ? Bisa saja saya bukan manusia, tho ?😉

    @ qizinklaziva

    Saya sih Blogger biasa yang entah kenapa diseret – seret oleh Seleb.😀

    @ purmana

    Lho, Mas. Keyword itu bagusnya buat Adsense.😀

    @ Laomiari

    Sensasi halal.😉

    Yang itu plesetannya saya nggak tahu.😆

    @ detnot

    Makasih.😀

    @ dimensi2x2

    Sensasi, asal halal, nggak apa – apa, kan ?😀

    @ Sayap KU

    Kalau kamu yakin tidak sedang mencari sensasi, seharusnya penuduhnya yang salah.😉

    @ eMina

    Sebenarnya, itu adalah metoda mencari sensasi yang dikemas dalam kotak “satir”. Jadinya, menyindir.😀

    @ extremusmilitis

    Ah, ya. Saya tidak melarang sensasi yang alami, lho. Juga sensasi yang diraih dengan jujur.😀

  45. @ RETORIKA

    Saya ‘kan tidak berniat mencari sensasi sejak awal. Kalau saya dituduh mencari sensasi, bisa saj itu benar.😉

  46. @ DeBe

    wakakak bukan maksudnya judul postingan ini lho🙂

    maksudku bloger yang bikin postingan berbau bokep atau heboh supaya traffic nya naik!

  47. saya mah ngeblog cuma karena pengen nyampah mas.ga peduli ma sensasi..

  48. mendingan nulis yang kita suka aja. ga ada yang baca, khan ada para jin dan setan sertta kucing rumahan yang siapa menerima postingan ita hehe..

    syalam mesra
    cafedech.blogspot.com

  49. kenapa judul tulisan ini harus menggunakan kata seni, Mas? Dalam paradigma lama, seni itu adalah keindahan. Coba saya tebak maksud Anda. Bolehkan?

    poin yang mas sebutkan adalah justru merusak keindahan itu sendiri. Namun tidak semua orang bermaksud demikian, seperti opini yg mas sampaikan.

    Semua orang berhak menyampaikan pendapatnya. Justru karena ada sensasi, pikiran orang dapat terbuka. Lantas ia pun berhak ikut menyampaikan pendapatnya itu. Bagi saya sih, selama masih relevan dengan tema yang dibicarakan, itu sah-sah saja.

    Jika kemudian berimbas kepada trafik, toh tak satu pun yang kita kerjakan d dunia dapat lepas dari hukum sebab-akibat.

    Saya rasakan, selain ada gejala ribut soal trafik, gejala lain adalah saat ini mulai tumbuh kecurigaan-kecurigaan di kepala orang mengenai trafik dan trafik. Setiap ada yg menulis, menulis itu, ujung2nya curiga trafik. Bukankah itu juga sensasi yang diselubungkan?

    Nah, lebih baik kita bersikap positif saja. Kita tidak dapat menuntut seseorang hanya menulis kesukaan mereka, toh mereka bisa saja memilih sebagai penulis general. Kalau mereka mampu, kenapa kita sinis?

    Trafik hanya efek. Tapi saya tidak sependapat kalau ada yang sengaja mengejar trafik dengan bumbu-bumbu situs bokep.

    salut buat Anda. Salam kenal!

  50. BUkan manusia? baru kena T virus?

  51. welgedewelbeh
    Lama tak komen bos, ….. ada isu tentang blog dan identitas blogger yang sedang mulut alami. Sudah diangkat di posting terbaru mulut dan terus terang ini butuh urun rembug dari sampeyan semua.

  52. @ RETORIKA

    Soalnya ada ambiguitas sih.😀

    @ stey

    Kalau nyampah komentar juga bisa dikira sedang mencari sensasi, lho.😀

    @ indra papin

    Sampai saat ini gaya tulisan diatas yang saya suka.😉

    @ harie insani putra

    Well…Subjektifitas juga bermain di sini, mas.😀

    Kita ambil contoh, Seni merakit bom adalah Chaos bagi kebanyakan orang. Tetapi menurut perakit bom sendiri rasanya itu adalah keindahan, sehingga bisa dibilang seni (oleh dirinya sendiri).

    Hanya saja apa yang saya tulis diatas adalah bahasa sayap. Seni diatas adalah pemaknaan dari seuatu yang bermakna macam – macam. Sehingga harus anda tebak sendiri (maksudnya).😀

    @ Lockon Stratos a.k.a. Tendo Soji

    Saya nggak bahas RE sekarang.😆

    @ mulut

    Adapun saya sudah berkomentar ditempat yang anda maksudkan.😀

  53. hohohoho, tulisan saya yg baru, saya malah sedang melakukan pemberontakan thd seorang jagowan kampung gajah, lho – kata anak2😆

  54. Pemberontakan yang berdasar, kan ? Soalnya kalau nggak, bisa jadi cari sensasi juga.

    *Dilempar bata merah*:mrgreen:

  55. nice topics.

    But still ambigue😀

  56. Mencari sensasi………………………..

    Lebih baikkan kalo kita cari duit…..

    he he
    😉

  57. […] Sensasi Spears 18 01 2008 Lagi lagi lagi Britney Spears bikin sensasi. Kali ini janda dua anak itu bugil di toko Betsey Johnson, Sherman Oaks, California. Aksi yang bisa […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: