Komunitas Blogger Bandung

Ya, Komunitas Blogger.

“Nah, bagaimana cara membuatnya ?”

Komunitas Blogger ?

Saya tahu – tahu membahas hal ini setelah mendatangi blog milik Sandynata. Di sana, mereka membahas bagaimana kelancaran proses komunitas Blogger “Ngalam” (Malang). Ada lagi Blogger Kalimantan, yang dengan alasan kemanusiaan, saya lupa pembuat artikelnya siapa….. Ketertarikan semacam itu makin bertambah seiring dengan munculnya komunitas semacam CahAndong, Bali Blogger Community, dan Komunitas Blogger Surabaya, yang memang sudah muncul semenjak saya belum memiliki perhatian terhadap perihal semacam ini.

Seharusnya, para jurnalis dunia maya di Bandung itu banyak. Hal ini terlihat dari fakta yang menujukkan bahwa pengguna Internet terbesar kedua berasal dari Bandung (Saya dapat dari seminat STT Telkom beberapa minggu lalu). Dan blog sendiri sudah menjadi wabah, sudah banyak orang yang mulai menyukai fasilitas yang diberikan oleh macam – macam fasilitator.

Komunitas Blogger memang bukanlah barang langka, tetapi dalam sisi formalitas, benda seperti itu masih ibarat oasis di padang pasir, sedikit sekali. Yang mengakuisisi diri dengan komunitas kecil – kecil memang cukup banyak. Tujuan saya adalah menggabungkan seluruh komunitas informal di Bandung ini, kedalam suatu wadah besar.

Apalagi, ternyata niat – niat komunitas seperti ini sangatlah bagus; selain untuk sama – sama berbagi ilmu kepada sesama Blogger, ternyata hal seperti ini bisa menjalin silaturahmi. Lumayan, kan, hitung – hitung menambah setoran pahala anda.😉 Komunitas seperti ini bisa berbuah positif ketimbang bersolo karir, tahu – tahu anda salah mengikuti aliran komunitas dan menjadi anak geng.

Tetapi, ternyata banyak kendalanya. Kalau dihitung – hitung, bisa menghabiskan daya otak.

Apa saja masalah yang timbul ?

 

1. Saya tidak tahu siapa saja Blogger dari Parisj van Java

Daya jelajah yang sempit membuat saya tidak dapat menemukan banyak blogger dengan KTP Bandung. Yang saya tahu, barulah sebatas Sora9n, Fajarf, Ri Fu, Joerig (yang sampai sekarang masih menghilang di dunia antah berantah), beberapa teman saya, Kelinci Putih, Simply Iyo, WC Umum, Traphole Productions, T4rum4, Jay (Benar tidak ?), Empunya Bandung Raya, dan lainnya. Hanya beberapa, dan lagi tidak semuanya saya kenal. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa saya baru mengenal bloggerians dari (mayoritas) WordPress, belum dengan BlogSpot, Blogdrive, Blogsome, dan segalanya.

Ketika anda membaca tulisan ini, mungkin saya akan banyak berharap pada anda – anda yang mempunyai banyak koneksi dengan Blogger – blogger Bandung. 

 

2. Ternyata saya ini masih muda

Kemampuan saya belumlah mencukupi mengingat usia saya ini barulah enam belas setengah tahun, bahkan belum menginjak kepada dua. Tentunya apabila diukur, saya masih akan banyak mendapat banyak sekali kritikan pedas dari para senior yang baru mengetahui hal ini. Umur yang belum mendapat kualifikasi standar inilah, yang menyebabkan saya belum memiliki pengalaman sehebat blogger lain. (…Ini bisa bermakna sayap lho.😉 )

Ide seperti ini juga muncul mungkin karena imajinasi saya yang berlebihan mengenai Komunitas Blogger, saya membutuhkan bantuan. Mungkin dari para Blogger Senior atau malah para Pakar IT yang mungkin tahu cara membuat komunitas.

Tetapi, saya kira sebelum bertindak lebih jauh, saya lebih membutuhkan sebuah figur ketua yang dapat mengorganisir keseluruhan komunitas Blogger seperti ini. Biarkanlah saya menjadikan diri dengan posisi lebih rendah. Advisor beridentitas sebagai founder, misalnya.

 

3. Saya Baru menyalurkan ide semata

Ya, ingat: Saya baru menyalurkan apa yang ada dalam benak saya sekarang ini. Saya belum tahu apa masalah yang mungkin akan menghadang kedepan, selain yang sudah saya sebutkan di sini. Mungkin saja kurangnya doa restu bisa menyebabkan kegagalan para perjalanan pertama. Bukannya saya takut gagal, lho. Tetapi tanpa persiapan dan dukungan yang matang, tentunya berujung pada kesulitan saya, salah…,kita semua dalam merealisasikan hal ini.

Tentunya pengalaman dapat memperbaiki itu semua. Meski saya sudah memiliki pengalaman berorganisasi sebelumnya. Kembali, para blogger senior maupun yang masih muda tetapi punya kadar leadership yang tinggi, saya membutuhkan bantuan anda.

 

4. Saya belum punya wadah yang cocok untuk kelangsungan Komunitas seperti itu

Maksudnya bukan wadah komunitas. Tetapi yang saya maksudkan adalah tempat berkumpul yang dibentuk dalam sebuah situs. Domain .org itu (mungkin) mahal, sehingga untuk langkah ini sudah ada pemecahan dininya; Bisa dibuat blog dengan identitas Komunitas Blogger kita. Setelah dana terkumpul, barulah kita menyewa domain berprestise tinggi itu.

Saya bisa apa ?

Dalam soal berkontribusi, meski saya hanya akan bekerja di belakang layar, namun pada hakekatnya, saya tetap akan memberi kontribusi besar terhadap kelangsungan Komunitas Blogger ini. Langkah awal tentunya adalah membuat Banner dan Logo, hal tersebut bisa saya atasi (Atau mungkin ada orang yang lebih tertarik membuat logo ketimbang saya ? Saya persilahkan.😀 ). More consequences ahead, mate. Komunitas ini awalnya terbentuk karena suatu hobi yang sama. Komunitas dalam bidang lain juga begitu. Selain kegunaan yang ada pada cuap – cuap pertama artikel ini, saya yakin akan ada nilai lebih terhadap lahirnya komunitas seperti ini.

Mengingat kendala yang disodorkan cukup banyak, saya membutuhkan bantuan anda, sekali lagi. Baik anda yang berkutat di Bandung, maupun yang sudah mempunyai komunitas di Yogyakarta, Kalimantan, Surabaya, Aceh, dan lainnya. Bukankah Semua Blogger Basodara™ ? Saya membutuhkan uluran tangan anda, atas nama pribadi, mengingat akan perihal kedua tentang masalah ini menjadikan saya hanya sebagai ikan besar di kolam yang kecil.😀

Tetapi, tetapi, tetapi, anda bisa saja membuat hipotesa dari beberapa masalah di atas. Bisa saja anda beranggapan bahwa konstruksi Komunitas Blogger ini kelewat bobrok, sudah tidak bisa ditolong lagi. Bisa saja anggapan anda itu benar. Toh, ini masih sebatas ide. Bantuan atau gangguan yang anda berikan berpengaruh besar terhadap pembangunan komunitas seperti ini. Takutnya, ini hanya menjadi impian belaka, yang tahu – tahu tidak bisa diwujudkan dikarenakan oleh kendala di atas.

Maka dari itu, apabila kebetulan anda mengetahui saya ini, artikel saya ini, dan mungkin sedikit otak untuk bersedia berpikir, saya berharap anda menggunakan 2 pilihan yang saya sediakan; Antara membantu saya dalam pembuatan Komunitas Blogger yang ternyata memang banyak permasalahannya, atau meninggalkan tempat ini (sementara saya membuang ide semacam ini kedalam tempat sampah sejarah).

Update : Saya harap para Bloggerians dari Bandung meninggalkan ID YM!-nya di sini. :D

Trademark

125 Tanggapan

  1. *nengok kanan kiri nyari2 banner blogger malang udah dipasang blom ya? *

  2. sya blogger bandung lho deb😥

  3. Hmm, gimana ngeresponnya, ya? Bingung…
    Saya sih dukung langkahnya mas debe. Cuma… gimana, ya? Bingung…😦

  4. Ide yang sangat bagus.
    Hm, kayaknya, untuk langkah awal, bagaimana kalo tulisan ini (atau dengan kata lain, blog chaosregion) dianggap sebagai “undangan resmi’ untuk para blogger bandung? Nah, kalau misalnya sudah pada ketemu disini, kita upayakan sebuah pembicaraan dengan para blogger tersebut. Pembicaraan melalui apa? Nah , mungkinkah bisa via YM biar bisa lebih focus?

    Bisa dibicarakan tentang pembuatan sebuah blog (u langkah awal) u blogger bandung khususnya. Dan dibentuk juga (dlm pembicaraan itu) semacam para kru (yang nantinya akan mengurusi blog) sekaligus ketua nya.

    Yah, jangan terlalu merendah gitu dong deb, umur ga jadi masalah kok.

    Eh, jadi bisa dimulai kapan nih
    *semangat banget*
    ajak ajak yaaaa !!! ><
    *siap siap pantau CR dan entri ini*

  5. hohoho, kalo ada ketemuan ikut saya😀 *maniak kopi darat*:mrgreen:

    hm, bikin agregator aja dulu. biar lebih kenal. coba tanya yud1.csui04.net atau anak2 STT telkom yang katanya juga mau bikin agregator. hm yang saya kenal tuh efeme.wordpress.com (temen smp😆 ) trus ayuhasyyati.wordpress.com

    buat jadi ketua.. cari yang paling terkenal aja,, hm, sora yang masuk top 100 indonesian blog itu juga boleh:mrgreen: *ga, bercanda, haha, bisa dibunuh gw sama tuh orang*😆

    seriously.. hm, cari blogger yang berpengaruh lah😀

  6. aaah, kamu juga masuk ya Deb? duh, ga gaul nih saya… ud, kamu aja jadi ketua😛

  7. mudah-mudahan tulisan saya ngebantu
    http://caplang.wordpress.com/2007/12/18/membangun-komunitas/

    1. lambat laun bakal nambah sendiri kok
    dimulai dng yg ada aja dulu

    2. umur bukan patokan
    kata orang, not about how old you are, but how you are old

    3. & 4.
    kadang yg susah justru ide atau gagasan awal
    bener kata rifu, bikin aje agregator di blog gratisan
    seperti saya coba mulai ngumpulin biker yg ngeblog

  8. @ sandynata

    Belum.😀

    @ abdulsomad
    😕

    @ Cynanthia

    Tak apa, dukungan pun aku perlukan.😀

    @ eMina

    Ide yang bagus. Mungkin bisa dimulai. Aku sudah memperbaharui artikelku.

    @ rifu

    Baiklah, melesat ke TKP..

    Gyaaaa…jangan aku.😕

    @ caplang™

    Terima kasih sarannya.😀

    Terima kasih juga atas wejangannya.:mrgreen:

  9. gambarnya bagus…

    *digampar karena OOT*

    gimana kalau kumpulin orang-orang yang berniat bikin blogger community bandung? tapi orang tersebut tentunya harus siap dan komitmen untuk mengurus website komunitas tersebut.

    tapi saya yang di jakarta aja nggak ada komunitasnya tuh..:mrgreen:

    eh ada deng, komunitas bunderan HI, kalo ga salah…

  10. Nah, saya masih kesulitan dalam mencarinya.😕

  11. Sepertinya tinggal menunggu waktu aja sebelum komunitas blogger Bandung terbentuk…😀

    Duh, Jakarta kok gak kedengeran neh.. Apa sayanya yg gak tau?

  12. hm…saya jadi kepikiran..
    boleh juga klo debe jadi ketua
    kenapa?
    karena kan chaos region udah jadi selebblog, jadi lebih mudah ngumpulin orang:mrgreen:

    hm, id ym ya
    id ym mina: mina_sweetwater

  13. setuju!
    sebenarnya di komunitaslah suara kita lebih bisa menggema dari pada kita teriak sendirian. bukankah kita sudah banyak tahu akan semangat ini?

  14. @ Praditya

    Hahaha, benarkah ?😀

    @ eMina

    Gahhh !😈

    @ peyek

    Ya, berarti saya termasuk orang yang beruntung dapat memikirkan sampai sejauh ini..😀

  15. @eMina:
    Saya setuju kalau kang debe jadi ketuanya. Kan kang debe juga yang punya ide:mrgreen:

    Tinggal segudang masalah tersisa… *dilempar ke kawah karena nyaris OOT*

  16. @ Cynanthia

    Aduhh…😕

  17. Lapor….

    Sayah ketua Komunitas Blogger Ndak Ada Kerjaan….. 🙂

  18. udah lima jam sejak pertama kali saya kasi komen ….

    * lirik kanan kiri atas bawah depan belakang, intip sana intip sini *

    mana bannernyah?…
    😀

    smangat bro!!! ntar abis kita di malang launching, di bandung dan di tempat laen langsung menyusul yaaa!!!..

  19. @ sandynata

    Aduh. Saya beri penghormatan verbal saja. Karena pemasangan banner akan memakan waktu. OK ?😆

    Baiklah. Doakan kami, ya.😀

  20. Lupa, saya tinggalkan Y! M ID saya di sini.

    Y! M ID: cynan_aquashoujo

  21. surabaya juga ada loh, di tugupahlawan.com

  22. Kirain komunitas Blogger Bandung dah ada,
    Pernah kalo gga salah sih baca,
    Nemu entah dimana,
    Apa juga gitu namanya,

    Lho belum ada ternyata,
    Sok atuh atur- atur rencana,
    Sayah mah ngiringan tangtosna,
    Masa Bandung ngga punya,

    Salam kenal ti rumahkayubekas wae heula nya,

    Manawi teu kabotan mah,punten ah ‘sedikit otak untuk bersedia berpikir’ gentos ku nu langkung sae A,

  23. Heheheeee… Idem sama bung mbelgedez dah.:mrgreen:

    Saya nggak meleburkan diri ke komunitas manapun.😆

  24. Kumpulin dan main wii?

    Main layangan??

    Main beyblade????

  25. Hadir. Di Bandung banyak blogger kok.

    Di tempat saya saja sudah ada hampir selusin (lihat http://planet.indocisc.com di sana ada blog dari orang-orang yang satu group kerja dengan saya). Selain itu saya juga sering (tidak sengaja) kopi darat dengan Kuncoro (telkom), Rendy (qwords), Amal (sddn),… terus siapa lagi ya? Pokoknya banyak lah.

    Jadi kapan kumpul2 dalam skala yang lebih besar?

  26. bagaimana jika lebih luas lagi biar cirebon masuk juga … jadi blogger Jawa Barat heheheh…🙂

  27. Bandung seinget gw punya komunitas blog. Namanya Bandung Blog Village or something. Coba liat blognya Om Enda atau Bundhoot (endhoot.blogspot.com)
    Mungkin sekarang enggak aktif aja.

    Kalau g ada beneran namanya anakronisme, soalnya pioner2 blog di Indonesia tinggal atau pernah tinggal di Bandung. lol

    Btw, maaf; gw g jadi ke Bandung😛

  28. Blogger Bandung banyak, justru pertama saya belajar ngeblog, pengunjung pertamanya adalah teman-teman atau senior anakku di kampung gajah. Tapi saya lihat mereka sibuk semua, blognya jarang diupdate (termasuk blog anakku), sibuk kerja, atau sibuk mengerjakan tugas…justru mereka meledekku…ibu aktif banget ngeblognya, berarti lagi pengangguran…hehehe

  29. Wah saya juga dari Bandung tapi abdi sanès urang Bandung aseli🙂

  30. hooo…
    saia jadi fengen ikodhan juga
    *nglirik furwokerto*
    .
    .
    *ngiiiingggg…..*
    .
    yahh..munkin beberafa tahun lage…😥

  31. Dimana aku?

    Aku dimana?

    Kenapa aku di sini?

    Kalau ketua sih sudah pasti harus yang ngusulinkan?
    Itu artinya dia yang paling semangat bikinnya…

    Jadi, mendingan si Jaka yang jadi ketua…

    *disalib terbalik*

  32. Ide yang menarik..

  33. @ aRuL

    Edit.😀

    @ rumahkayubekas

    Baiklah. Saya usahakan.😀

    @ rozenesia

    Karena situ tinggalnya saja sudah nomaden.😀

    @ Lockon Stratos a.k.a. Tendo Soji

    Uncheck.

    @ Budi Rahardjo

    Aha, baiklah. Saya coba masuk dan mengontak mereka. Terima kasih atas kedatanganya, Pak.😀

    @ kurtubi

    Yang Bandung saja masih belum terealisasikan.😆

    @ Nenda Fadhilah

    Ah, sudah adakah ?

    Yah, coba kulihat dulu.

    @ edratna

    Berarti ibu sekelas dengan saya. Saya juga pelajar yang masih pengangguran.😀

    @ Yari NK

    Tak apa.😀

    @ Hoek Soegirang

    Coba dibuat dulu. Siapa tahu ada blogger purwokerto yang terpendam.😕

    @ yarza

    Gah !👿

    @ StreetPunk
    😀

  34. ternyata blogger bandung banyak ya..
    *baca2 komen*

    jadi gimana nih..
    kapan kumpul?:mrgreen:

  35. kan udah pada ngumpul nih di dunia maya.

  36. Yak, karena sudah banyak Blogger Bandung yang berkumpul. Untuk langkah pertama, saya akan coba buat bannernya.😀

  37. absen

    dimana-mana kalo mau bikin komunitas lebih afdhol dimulai dengan kopdar !!
    yuk ah kapan kopdar lagi ??:mrgreen:

  38. ikutan! saya masih nubie tapi….
    mohon bimbingannya…

    Y!M : mistervandy

  39. saya juga blogger bandung lho..anak STT🙂 superduperholic@yahoo.com
    oia cobain yaa agregatornya anak2 STT di kembaran.co.nr

  40. Abis itu nyoba ngumpulin blogger Bandung secara massal?

  41. ini bantuan dikit,..
    karena saya kenal beberapa..
    di blogfam.com .. itu adalah komunitas yang tempatnya di bandung..

    terus dari itb sendiri : tukangkomentar.net

    kalo STT juga ada agregator ya,..

    belom lagi blogger2 senior yang dari kampung gajah (ID-Gmail), ada juga yg petualang – profesi jalan2, keliling semua pelosok tapi banyakan di bdg istirahat nya,.. dan lain2,..

    Masalah yang selalu sama muncul adalh :

    GENGSI NYA BERSILATURAHMI SESAMA dan ANTAR KOMUNITAS ..

    just share..

    geblek,.. gue baru tahu yg punya Blog 16,5 thn. padahal tulisan mu berat2 Ndukk.. Dooh,.. pinter2 anak jaman sekarang….😦

  42. wah boleh tuh.. oe bergabung… yang penting mah bisa nambah ilmu euy perngebloggan….
    piece..
    lam kenal ah edan euy umur 16,5 tahun mah sayah masih lucu-lucuna…😀

  43. Jeh… kirain komunitas blogger Bandung udah ada. Yg ada malah stagnan toh. Sok atuh ku sayah didukung, sakalian gabung.

    Mun teu meunang “kuaing takol sia”. :mrgeen:
    Moga nggak semangat di awal aja seperti yang udah2.

    YM : danze11

  44. mantap ^_^

    teteh tunggu bannernya.
    mungkin benar juga kata fajar. Apakah akan lbih apdol klo kopdar dulu lalu sambil membentuk komunitas ini?

    tapi klo dimulai dengan kopdar, ingat, jangan malah ngelantur ga jelas dan jadinya target awal pembentukan komunitas jadi engga tercapai.

    nah, kayaknya yang cocok jadi ketuplak itu ya debe:mrgreen:
    *ditakol*

    ato sementara aja gpp, nanti dibentuk kepanitiaannya secara formal dalam kopdar (klo ada).

  45. […] Project Ketika (Petinggi) Agama Mulai Menyalahkan DoraemonKomunitas Blogger BandungKetika Ilmu Alam tak Sejajar Lagi dengan Ilmu SosialRepot Amat ?Kita ini Harusnya MaluDari Rasa […]

  46. euleuh2 asik euy, sayah ge dulu teh pernah kepikiran tapi lom berani….tah sekarang ada geuning. sayah turut berbahagia & mendukunglah.
    soklah akang sayah ikutan, sayah oge asli dari Bandung.

    YM sayah: Mayaliez
    gtalk: yang dipake buat comment😀

    Hidup Bandung!

  47. Saya juga dari Bandung, ikutan lah….kudu kamana yeuh?😕

  48. Ini saya blogger tua, umurnya aja sdh 64 tahun. Tinggal di Bandung. Saya mengelola 2 blog: http://www.sobirin-xyz.blogspot.com dan http://www.clearwaste.blogspot.com
    Tidak ada tua, tidak ada muda, kalo blogger ya blogger.

  49. Wah, enaknya. Kalau blogger orang indo di Qatar yang Miyu tau cuma Miyu dan teman Miyu, Muhammad Zulfikar.

  50. @ Semua

    Silakan datang pada Kopi Darat pada tanggal 1 Januari 2008, bertempat tinggal di Ciwalk, Bandung. Pukul 10.30 WIB. Ditunggu Partisipasinya.😀

    @ Me-U

    Makanya pulang ke Indonesia.😆

  51. Saya sekolah di Qatar, pak.😀

  52. APA!?!?!?! KOPI DARAT!!! O_____O Katanya tak ada rencana?

  53. saya baru blj buat blog…..

    kasih komen ya di…

    http://www.asammanisindonesiaku.blogspot.com

    makasih….

  54. […] berikutnya yang direncanakan ada pada awal bulan Februari. Hal ini ada mengingat beliau sendiri berpandangan positif mengenai Komunitas ini. Semoga Bapak mau menerima ajakan ini, adapun jadwal Kopdar berikutnya akan […]

  55. Ada gak sih komunitas blogger di jakarta raya

  56. Salam Chaos, saya mengalami masalah di widget. Kalau antum masuk ke blog saya, maka antum akan melihat ada kalender widget di bagian bawah blog, padahal di widget setting, semuanya sudah saya kosongkan. Mohon bantuan antum? Maaf sebelumnya dan terima kasih.

  57. yah mas, wajar lah orang jarang ada yang minat ngeblog, lha orang indonesia kan pada males-males diajak sesuatu yang sifatnya g terlalu menarik/tenar dikalangan masyarakat. mereka lebih memilih FS sebagai tempat tujuan utama kalo ngenet.

  58. Kemungilan Tobucil menyimpan banyak cerita dan kehangatan. Main, deh, ke http://www.tobucil.blogspot.com. Upload setiap hari Senin. Ditunggu, ya … =D

  59. saya sangat menanti kehadiran blogger bandung asli euy!!!
    kamarana urang bandung????

    akang teteh hayu urang budayakeun melek internet….khususnya urang bandung….sarerea nya…

    akang ieu id YM saya teh….
    luthfi_fuadi

  60. ikutan dunk.. boleh ga ?🙂

  61. Saya ingin kenalan dengan sesama blogger
    Di Bandung untuk saling tukar pengalaman.

  62. Ngiringan………..
    Nadukung ah, tapi daftarna kamananya ?

  63. aLo PaRa BLogger_MasTeRz !!! aQ MnTa BimBingannya Dunk dR KaLiaN !!!

    http://avenged-lover.blogspot.com

  64. caranya ikutan gimana?

  65. salam kenal..
    kalau mau belanja liat dan pesan produk-produk daerah banten yang tersedia di toko kami
    mau tau lebih lanjut? liat aja
    http://www.arrahji.multiply.com

  66. Saya memiliki ketertarikan serius pada kegiatan menulis. Bagi saya menulis memberikan “penentraman jiwa” ketika telah selesai.
    Saya baru mengerti bagaimana menulis melalui blog, menjadi blogger tanggal 28 Desember 2008.Sebatas mengerti, ada ratusan materi tulisan yang hendak saya buat. puluhan diantaranya sudah saya tulis di atas buku kerja , tapi baru 5 yang ditulis di blog yang baru saya bisa buat, itupun setelah membuat berkali-kali kesalahan , karena “kegaptekan” saya membuat blog.
    Saya merasa ide dik “DB” tidak boleh dibatasi oleh usia atau alasan apapun. Cara anda bertutur menggambarkan anda punya semangat untuk itu. Jika itu dimulai, meski bukan menjadi orang pertama, saya pastikan…. saya akan menjadi pendukung anda dengan segenap kemampuan yang ada pada saya.
    Mulai saja……. dan jangan tunda lagi….
    Kerjakan apapun yang anda bisa kerjakan..
    Karena jika anda telah tetapkan tujuan
    Sejuta pilihan jawaban terbentang mengantarkan anda mencapai tujuan.
    MULAI SAJA DARI SEKARANG DAN JANGAN TUNDA LAGI.

    Salam Perjuangan
    http://banakarim.blogspot.com

  67. eleh – eleh abdi termasuk ente….walaupun belepotan ngomong Bandung…he…he…he…tapi tiap bulan da kesempetan pulang ka cimahi kangen ka indung. Pokoknya kabarin dan siap dukung kalau ada yang bikin komunitas urang bandung…..maju terus Blogger Bandung, walaupun dah jelek masalah kaomunitas motornya tapi komunitas bloggernya harus jadi nomer wahid.

  68. gimana niih cara ikutan jadi member BLOGGER Bandung??
    sudah berselancar lama di internet ga nemu2in juga??

    Plisz.. diantos jwabna!!

  69. wahh mumpung ada komunitas di bandung.. mau titip informasi kalo ada yang mau sewa alat-alat kesehatan dapat melihat blog

    http://www.griyakami.wordpress.com

    terimakasihhhhhhh

  70. ramai ya blognya…salam kenal ….

  71. Hai blogger bandung, ni buat kalian semua!!!!

    Ikutan deh blog direktori Indotopblog.com! moga disana kalian bisa ketemu dengan blogger2 bandung dan bincang2

    http://www.indotopblog.com

    saya adalah owner dari situs ini dan asli bandung! salam kenal buat kalian semua ya!

  72. wah…. Blogger bandung kompak yah….
    Salam kenal dari Serang ^_^

  73. hai… saya dini, Ass. PR Manager HYATT REGENCY BANDUNG. Saya butuh mengetahui komunitas blogger di Bandung ini lebih dalam, untuk kebutuhan community database saya. Boleh minta nomor telpon salah satu dari anggota komunitas ini??? Supaya bisa saya kontak by phone. Tolong di respon yah…
    Thanks.

  74. assalamualaikum…………..hai aku anak bandung gitu loch………………

  75. A sadayana, ab ge blogger ngan sanes urang bndng, abd mah t pangandaran,,,kmh ayn perkmbngana, kmh crna hyg msk komunitas? blog abd, http://www.peri-priatna.co.cc, second-trick.blogspot.com, kamus-penemu.blogspot.com, sindng nya sdyn! upm aya kopdar deui, nyuhunkn dwrtsn ka peri.priatna@gmail.com, diants kbrna!

  76. assalamualaikum

  77. salam kenal smuanya, mampir ke blogku juga ya thank

  78. kunjungan perdana

  79. semua sukses blogger Bandung, maju terus

  80. salam kenal. saya blogger dari bandung yang lagi belajar ngeblog..

  81. salam kenal. saya blogger

  82. ngiring nangkring nepangkeun abdi, nembe di ajar …bloger

  83. hayu urang patepang sareng blogger nu sanes … abdi hoyong diajar janten blogger … maca artikel mah sesah ngartos na … bilih aya nu kersa ngajarkeun abdi langsung, diantos kabar na …

    YM : kocim5self

  84. 2012-about something that the estimate will occur, the extinction of human civilization, the end of human life on this earth, all depend on the way you look and think, how to respond, believe it or not believe, but this might be a lot of great events going on this earth continuously, as if the world was unbearable for many, many people ……, to imformasikan as one prediction that was so terrible, now depends on you

  85. 2012-about something that the estimate will occur, the extinction of human civilization, the end of human life on this earth, all depend on the way you look and think, how to respond, believe it or not believe, but this might be a lot of great events going on this earth continuously, as if the world was unbearable for many, many people ……, to imformasikan as one prediction that was so terrible, now depends on you

  86. Ada yang tertarik tukeran blogroll sama saya? Blog saya masih relatif baru, tapi alhamdulillah selama ini saya cukup konsisten juga mengisinya secara relatif teratur.

    Buat yang tertarik, silahkan kunjungi

    http://www.kagumibandung.com/

    Thank you ya🙂

  87. hmhm.. saya blogger dari bandung. untuk sementara aja, selama masih kuliah. kalau lulus.. berubah lokasi jadi blogger depok :p

  88. Haha alus euy aya komunitasna.. punten sayamah masih pemula.. masih perlu banyak belajar

    Maju terus blogger bandung… Numpang tenar juga, mampir ka blog saya nya..

    Mangga ah ahtur nuhun sateuacana

  89. Ngiringan gabung

  90. absen abdi ti bandung🙂

  91. Mas saya orang ciamis, tpi saya ingin gabung komunitas.gimana kalo komunitas blogger jawa brat aza!hehe,lam kenal

  92. Mas brkunjung ke blog saya ya!hehe

    • Kang alif kalo pengen dikunjungin sekalian pada saat post comment dimasukan juga URL blong nya jadi kita bisa klik langsung nama kang alif terus nge link langsung ke blog kang alif

      Salam kenal kang.. Abdi ge ti Banjar cm ayeuna domisili di Bandung

  93. ngiring nimbrung ti sumedang kota tahu

  94. dari bandung juga nih hehehe

    *halah, apa sih :p*

  95. hahahah….lucu banget

  96. salam kenal semuanya

  97. join me…!!!
    http://mirzamaulana2010.blogspot.com/
    ayo join barudak bandung…

  98. wah saya boleh ikut gk neh,,
    saya blogger yang tingga di bandung an ngeblog di bandung,
    tapi asli saya dari banten,, KTP nya pun KTP banten,,
    kalau saya boleh ikut,, bagaimana caranya,,
    mohon bimbingannya,,
    oia saya pernah baca di koran PR, bahwa komunitas blogger bandung udah ada… kalau gk salah namanya BATAGOR,, dan katanya anggotanya pun sudah sampe ratusan. dan itu saya baca sejak tahun 2008 kalau gk salah..

  99. blog walking.. hehe..🙂

  100. salam buat semua bloger bandung y.

    -rully-
    jgn lupa mampir ya di : rullyeist.wordpress.com

  101. gue anak bandung………..

    pengen gabung??
    sms gue aja d 02291277669

  102. baca n mampir …🙂

  103. saya juga masih muda 15 thn & dr Bandung😦

  104. ikutan….

  105. salam kenal…ikutan jadi bloger bandung..

  106. saya blogger bandung ey

  107. saya juga lagi nyari komunitas blogger nih

  108. ane juga blogger bandung sob..

  109. mantap..
    hai all lam kenal aja ya

  110. saya blogger di Bogor karena saya sedang kuliah di Bogor..
    tapi saya tinggal di Bandung dan klo libur saya pulang ke Bandung..
    salam kenal aja buat para blogger Bandung..
    kunjungi blog saya juga ya.. thanx..

  111. maaf pa, saya mau minta tolong.. saya skrg lg nyusun skripsi tentang monitoring web / blog..saat bimbingan, saya disuruh wawancara dgn blogger terkait tentang judul skripsi saya… pertanyaannya adalah sebagai berikut :

    1. Menurut bapa, apakah yg dimaksud dgn monitoring secara umum ??
    2. Seberapa pentingkah monitoring untuk diterapkan di sebuah sistem ??
    3. Apakah manfaat monitoring dalam kaitannya dgn sistem berbasis web ataupun blog ??
    4. Apakah ada standarisasi untuk monitoring sistem berbasis web ataupun blog ??

    mungkin itu aja pa yg saya tanyakan .. saya tunggu balasan secepatnya ke email : ayotport@gmail.com. .sebelumnya saya ucapkan terimakasih..

    salam kenal, saya Wilman Rahadian dari Universitas Kebangsaan Bandung.

  112. Kapan ada acara ngumpul blogger bandung? Mo ikutan juga nih,,

  113. Saya ikutan ya…

  114. Saya bloger lama yang ga eksis
    Salam Kenal

  115. Salam kenal semua…

    dari blogwalker..

    mampir2 ya ntar hehe😀

  116. Blog walking

  117. salam, saya blogger bandung. setelah mengunjungi situs BBV ko tidak ada page untuk ikut bergabung nya ya? mohon share infonya.

  118. orang bandung merapat yuk!!!

  119. Saya lagi nyari kumpulan blogger Bandung, ketemu blog ini. Semoga bisa banyak teman

  120. Klo bener terwujud kumpulan blogger bdg, kita pengen bgt ikutan gabung. Coz walaupun kita dah TUA, sbnernya kita masih Newbie….hehe.
    Ditunggu kontaknya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: